Blog Fotografer

Fotografi Pernikahan di Balik Lensa Nguyen Long

Canon EOS 5D Mark II, EF35mm f/1.4L USM Lens, f/4, 35mm, 1/3200, ISO200

Kata orang cinta itu tak berwujud – hingga Anda meletakkan sebuah kamera di depannya. Kemudian cinta diwujudkan melalui gerakan halus yang bercahaya dalam fotografi - suatu sentuhan halus, tatapan mata dan yang terpenting adalah senyuman yang membuat mata berseri-seri dengan penuh kebahagiaan. Nguyen Long akan menceritakan pengalamannya dalam "mengabadikan cinta" selama bertahun-tahun.

Canon EOS 5D Mark IV, EF85mm f/1.2L II USM Lens, f/11, 85mm, 1/125sec, ISO200

Ceritakan kepada kami tentang diri Anda.

Saya memulai karier saya sebagai seorang fotografer pada tahun 2004 dengan kamera pertama saya, EOS 10D. Sebelumnya, saya bekerja sebagai seorang desainer grafis.

Canon EOS 5D Mark II, EF35mm f/1.4L USM lens, f/2.5, 35mm, 1/800sec, ISO100

Mengapa Anda memilih fotografi pernikahan sebagai sebuah profesi?

Saya menjalani fotografi pernikahan maupun fashion, namun bagi saya, fotografi pernikahan benar-benar berbeda. Hal ini memenuhi hasrat saya untuk mengabadikan momen-momen bahagia pasangan yang menikah, dan juga memberikan saya kesempatan untuk bepergian. Selain itu, pekerjaan ini juga memberikan saya pendapatan yang stabil!

Canon EOS 5D Mark III, EF35mm f/1.4L USM lens, f/13, 35mm, 1/160sec, ISO100

Menurut Anda, apa yang membuat fotografi pernikahan terkesan ajaib?

Hal paling ajaib tentang fotografi pernikahan adalah Anda akan dapat merasakan kebahagiaan pasangan melalui senyuman dan pandangan mata mereka. Pada momen-momen ini, dan kesempatan untuk berbicara dengan pasangan yang penuh dengan kebahagiaan, akan memberikan saya inspirasi untuk berkreasi.

Canon EOS 5D Mark II, EF70-200mm f/2.8L IS USM lens, f/3.5, 145mm, 1/2500sec, ISO200

Apa yang menjadi hal paling memuaskan tentang fotografi? Terutama fotografi pernikahan?

Fotografi memberikan saya cara observasi yang berbeda, serta perspektif yang lain tentang kehidupan. Melalui fotografi pernikahan, saya telah menghadiri banyak pesta pernikahan klien saya, dan melihat betapa bahagianya mereka ketika mereka menerima album foto mereka. Kadang-kadang, saya bahkan mendapatkan kesempatan untuk memotret album ulang tahun pernikahan mereka tahun yang ke-5 atau ke-10. Memberikan kepuasan kepada klien saya adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya.

Canon EOS 5D Mark IV, EF135mm f/2L USM lens, f/11, 1/125sec, 135mm, ISO200

Menurut Anda, apa yang membedakan diri Anda dengan fotografer pernikahan lainnya?

Selain memilih peralatan yang terbaik dan mengetahui cara untuk menggunakannya dengan baik, penting bagi seorang fotografer untuk terus belajar dan menemukan gayanya sendiri. Meskipun saya pernah menjadi seorang desainer grafis, saya hanya menggunakan pengalaman saya dalam fotografi untuk menangani komposisi. Saya menetapkan standar yang tinggi dan ketat bagi diri saya untuk memastikan bahwa saya mendapatkan warna yang benar, fokus dan pencahayaan yang tepat untuk mewujudkan keindahan alami pada foto saya. Saya tidak terlalu mengandalkan proses pasca-pengolahan pada gambar-gambar saya, dan itulah yang membuat saya berbeda.


Canon EOS 5D Mark IV, EF85mm f/1.2L II USM lens, f/11, 85mm, 1/125sec, ISO200

Bisakah Anda ceritakan kepada kami tentang hal-hal istimewa dari budaya pernikahan Vietnam? Menurut Anda, apa yang menjadi tren pada saat ini?

Atas pengaruh budaya Oriental, banyak pasangan Vietnam yang memilih pemotretan pra-pernikahan tentang momen-momen pribadi mereka. Dalam foto-foto ini ao dai tradisional Vietnam memiliki peran yang penting. Namun, akhir-akhir ini banyak pasangan di Vietnam yang bergaya dengan lebih fleksibel. Mereka menyukai pakaian sederhana, adegan romantis dan lebih fokus menceritakan kisah cinta mereka melalui momen-momen bahagia dibandingkan foto-foto yang kaku.

Fotografi memberikan saya cara observasi yang berbeda, serta perspektif yang lain tentang kehidupan.

Canon EOS 5D Mark IV, EF85mm f/1.2L II USM lens, f/10, 1/125sec, 85mm, ISO200

Bagaimana seri EOS 5D membantu dalam pekerjaan Anda?

Saya telah menggunakan semua jenis kamera seri EOS 5D untuk mengambil foto pernikahan. Pertama, karena saya harus banyak bergerak ketika mengambil foto-foto ini, sebuah kamera yang ringkas seperti dari seri EOS 5D yang paling saya sukai. Selain itu, seri EOS 5D dari yang paling lama hingga yang terbaru, semuanya terkenal karena warna-warnanya yang alami. Karena itu, saya hanya mengandalkan sedikit proses pasca-pengolahan, karena saya tahu bahwa gambar-gambar saya memiliki kejelasan, ketajaman dan gradiasi warna terbaik.

Saya juga harus mengakui bahwa harga dari seri EOS 5D membuatnya sangat cocok untuk fotografi pernikahan di Vietnam!

Apa yang paling Anda sukai dari seri EOS 5D?

Kamera seri ini sangat ringkas dan memiliki fungsi yang memadai. Dan seperti yang saya sebutkan sebelumnya, seri ini sangat membantu saya untuk mendalami gaya alami saya dengan pengaturan yang tepat sebelum pemotretan, serta sedikit pengolahan pada tahap pasca-produksi.

Canon EOS 5D Mark IV, EF85mm f/1.2L II USM lens, f/11, 1/125sec, 85mm, ISO200

Bagaimana pendapat Anda tentang EOS 5D Mark IV yang terbaru?

Dibandingkan dengan EOS 5D Mark III yang saya gunakan, EOS 5D Mark IV memiliki banyak fungsi baru yang signifikan. Saya telah berkesempatan untuk menggunakan EOS 5D Mark IV dan melalui mode 7 fps continuous shooting, saya tidak akan pernah kehilangan momen-momen bahagia dari klien saya. EOS 5D Mark IV juga memiliki kemampuan Dual Pixel Raw, yang sangat berguna bagi fotografer pernikahan.

Berbicara tentang EOS 5D Mark IV, terlihat jelas bahwa Canon telah mendengarkan pelanggan mereka dan menciptakan sebuah kamera yang bisa memenuhi semua kebutuhan pelanggannya. Inilah kamera yang paling disukai oleh para fotografer.

Bagaimana pendapat Anda tentang kemampuan pemotretan Dual Pixel Raw dari EOS 5D Mark IV?

Dual Pixel Raw sepenuhnya merupakan hal yang baru bagi saya, namun fungsi ini telah menyelesaikan beberapa masalah yang saya alami pada fotografi pernikahan. Sebagai contoh, kadang pengantin wanita memiliki senyuman yang sangat indah, namun matanya terhalang oleh penutup kepala. Seringkali hal tersebut berarti tidak bisa menggunakan foto itu karena tidak ada yang bisa menghadirkan kembali kebahagiaan pada mata melalui Photoshop. Tetapi kemampuan Dual Pixel Raw ini membantu saya menghadirkan kebahagiaan melalui mata dengan mudah.

 

Daftar dan dapatkan update terbaru tentang berita, kiat dan trik fotografi!

 

Nguyen Long

Nguyen Long, seorang fotografer profesional yang hasil karyanya telah diterbitkan dalam majalah fashion popular dan salah satu fotografer yang paling dicari di Ho Chi Minh City. Hasil karyanya tidak hanya merangkum momen yang ia abadikan – namun ia juga berfokus pada kisah dari setiap karakter. Dengan gelora semangat tanpa batas terhadap fotografi, hasil karya pemotretan pernikahan Nguyen Long berfokus mengabadikan menyatunya dua insan.

http://www.nguyenlongphoto.com

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.