LOGIN/SIGN UP function is disabled for upgrade and maintenance. It will resume on 22/01/2022 10.30 AM SGT. Sorry for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

[Teknik 2-Cahaya] Mewujudkan Gambar Luar Ruangan yang Menegangkan di Siang Hari

Penerangan alami memang memiliki keunggulannya sendiri, tetapi kurang terkendali dibandingkan dengan fotografi lampu kilat, khususnya apabila Anda menggunakan lampu kilat dari kamera. Fotografer aksi komersial, Mark Teo berbagi salah satu pengaturan favoritnya, yang tidak hanya menangkap subjeknya dengan gaya dramatis yang tegang, tetapi juga membuatnya menonjol di latar belakang yang ramai. Cobalah di waktu berikutnya Anda membidik potret lingkungan seseorang yang tidak biasa. (Dilaporkan oleh: Mark Teo)

EOS R5 + RF28-70mm f/2L USM @ f/2, 1/800 det., ISO 100
Dengan dua unit Speedlite EL-1 di luar kamera

 

Satu cara untuk menambahkan drama ke bidikan di luar ruangan

Jika kondisinya tepat dan Anda membaca cahaya dengan cukup baik, Anda dapat mencapai hasil yang layak dan tampak wajar dari cahaya alami (atau hasil yang mengesankan seperti gambar yang benderang dengan bayangan yang menarik ini dan potret lingkungan yang dramatis ini). Namun demikian, karena cahaya alami bukanlah sesuatu yang dapat Anda kendalikan dengan mudah, hal itu mungkin tidak memberikan tampilan yang Anda inginkan.

Anda mungkin sudah akrab dengan konsep penggunaan Speedlite sebagai cahaya pengisi untuk memastikan pencahayaan yang tepat pada subjek Anda dalam cahaya latar. Di sini, saya berbagi tentang bagaimana Anda dapat menggunakan cahaya pengisi di luar kamera untuk membentuk kembali cahaya dan mencapai tampilan maskulin yang gagah, meskipun Anda memotret di luar ruangan.


Bagaimana jika: Penampilan konvensional

Pemotretan ini dilakukan pada sore hari yang cerah, dengan matahari bersinar dari kanan kamera. Saya pertama kali mencoba memotret tanpa lampu kilat, dan kemudian dengan lampu kilat tanpa penutup di kamera. Kedua gambar dibidik pada f.2, 1/800 detik, ISO 100—sama seperti gambar utama. High-speed sync memungkinkan saya menggunakan aperture maksimum f/2.0 untuk memburamkan latar belakang.

Tanpa lampu kilat

Tanpa lampu kilat, topi menerpakan bayangan di wajah subjek. Saya juga merasa bahwa pencahayaannya terlihat agak datar. Latar belakangnya agak cerah, yang bisa sedikit mengganggu.

Isi lampu kilat (blitz kosong, frontal)

Lampu kilat pada kamera mencerahkan wajah subjek. Ini juga menggelapkan latar belakang. Ini adalah bidikan yang layak, tetapi tidak memiliki tampilan tegang yang saya inginkan.

 

Prosedur pemotretan

Perlengkapan yang digunakan
- 2 Speedlites pada penyangga lampu
- Speedlite Transmitter ST-E3-RT pada kamera untuk memicu Speedlites


Langkah 1: Siapkan cahaya pertama

Anda bisa bilang bahwa ini adalah variasi pencahayaan terpisah. Cahaya pertama hanya untuk penerangan sekitar separuh wajah subjek, jadi saya menempatkannya di sisi, sekitar 90 derajat ke subjek. 


Langkah 2: Siapkan cahaya kedua

Cahaya kedua adalah cahaya tepi yang menyorot dan memberikan definisi ke sisi wajah subjek, yang diterpakan ke dalam bayangan. Saya memiringkannya sehingga sebagian cahaya jatuh di belakang subjek, menciptakan pencahayaan tepi. 

Pencahayaan tepi memberikan sedikit efek halo yang terlihat di tepi topi subjek dan telinga kiri.


Pahami hal ini: Jangan gunakan ini jika Anda ingin penampilan kulit yang mulus!

Penampilan ini menggunakan hard lighting dengan lampu kilat tanpa penutup, sehingga kontrasnya cukup kuat. Hal itu membuat wajah terlihat lebih bersudut, bagus untuk mendapatkan tampilan yang tangguh dan maskulin. Namun, itu tidak terlalu bagus untuk kulit yang kurang sempurna, jadi gunakanlah dengan bijaksana.

Butuh pencahayaan kulit mulus? Bacalah artikel ini:
3 Teknik Sanjungan untuk Dipelajari dari Model Profesional


Langkah 3: Atur pengaturan kamera Anda; aktifkan high-speed sync

Dalam fotografi lampu kilat, kecepatan rana Anda mengontrol cahaya sekitar. Untuk bidikan ini, saya menginginkan depth of field yang dangkal untuk menyederhanakan latar belakang, jadi saya menggunakan aperture maksimum. Saya juga ingin latar belakang menjadi sedikit lebih gelap. Karena kami memotret di siang hari dan kecepatan ISO saya sudah berada di ISO 100, saya memerlukan kecepatan rana yang agak cepat. Itu harus lebih cepat daripada kecepatan sinkronisasi lampu kilat, jadi saya mengaktifkan high-speed sync pada lampu kilat.


Pahami hal ini: Menggunakan high-speed sync (sinkronisasi kecepatan tinggi) akan mengurangi jumlah panduan

Itu karena cara kerja sinkronisasi berkecepatan tinggi. Pertimbangkan ini saat Anda mengatur daya lampu kilat Anda. Tergantung pada kondisi pemotretan Anda, Anda mungkin juga ingin memindahkan lampu lebih dekat ke subjek.


Kecepatan sinkronisasi lampu kilat ditentukan oleh seberapa cepat tirai rana bergerak. Ini adalah kecepatan rana tercepat di mana satu lampu kilat dapat ditembakkan saat tirai rana terbuka penuh. Lebih cepat dari ini, dan sensor gambar tidak akan sepenuhnya terkena kilatan.

Dalam mode high-speed sync (sinkronisasi kecepatan tinggi), serangkaian kilatan beruntun yang lebih lemah ditembakkan dengan cepat di seluruh pencahayaan, dari saat tirai pertama terbuka hingga saat tirai kedua ditutup, memastikan bahwa pencahayaan pada gambar lebih merata. Karena ini berarti bahwa cahaya dipancarkan dalam durasi yang lebih lama, lampu kilat yang dihasilkan lebih lemah daripada pancaran lampu kilat tunggal pada daya lampu kilat yang sama.

 

Langkah 4: Ambil foto percobaan dan sesuaikan dengan selera

Bahkan untuk bidikan potret seperti ini, subjeknya tidak harus terlalu diam. Kami berbicara serta bercanda dan mereka mungkin bergerak sedikit, dan kami mendapatkan ekspresi yang lebih alami dalam prosesnya. Setelah saya menetapkan penerangannya, saya memilih untuk tidak menyentuhnya karena akan mengganggu aliran bidikan. Saya juga menetapkan sudut zoom lampu kilat selebar mungkin untuk menyisakan sebagian ruang untuk kesalahan.


Kiat pro

1. Pastikan bahwa bayangan tidak menyembunyikan mata
Jika bayangan terlalu gelap, bayangan akan mengurangi ekspresi wajah. Pastikan bahwa Anda dapat melihat setidaknya bagian putih mata. Untuk mengurangi bayangan, sebarkan cahaya dengan menggunakan modifier atau memantulkan lampu kilat.

2. Berinteraksi dengan subjek Anda secara langsung: gunakan monitor Vari-angle

Lebih mudah untuk berinteraksi dengan subjek saat wajah Anda tidak tersembunyi di balik kamera! Saat ini, saya hampir tidak pernah menggunakan jendela bidik untuk memotret—saya menggunakan monitor belakang Vari-angle dan sebagai gantinya memotret di Live View. Ini membantu, karena sistem EOS R memiliki deteksi dan pelacakan subjek yang andal.

 

Teknik bonus: Perlu headshot? Tinggal pindahkan cahaya tepi ke arah kamera

EOS R5 + RF28-70mm f/2L USM @ f/2,8, 1/400 det., ISO 100
Dengan dua unit Speedlite EL-1 di luar kamera

Untuk headshot ini, saya memindahkan cahaya pada kamera lebih dekat ke posisi kamera sehingga sisi kanan wajah subjek diterangi dengan lebih merata. Pengaturan pencahayaan yang terarah ini menciptakan lebih banyak dimensi daripada yang mungkin dilakukan dengan pencahayaan langsung yang sederhana. Saya membuat latar belakang gelap agar sesuai dengan suasana hati.

Cahaya di kanan kamera juga menciptakan cahaya tangkapan di mata subjek. Jika Anda membutuhkan tangkapan cahaya yang lebih besar, gunakan modifier di atas sumber cahaya sehingga menghasilkan pantulan yang lebih besar di mata.

---
Perlu mengasah pengetahuan mengenai dasar-dasar Speedlite? Bacalah sejumlah artikel ini:
Memulai Fotografi Flash dalam 9 Langkah! 
Melampaui Kecepatan Rana: Menggunakan Flash Duration (Durasi Lampu Kilat) untuk Membekukan Gerakan
[Teknik 2-Cahaya] Cara Sederhana untuk Pantulan Lengkung Cahaya

Pelajari selengkapnya mengenai pengaturan penerangan dan teknik lampu kilat dalam artikel:
[Teknik Flash] Cara Menghasilkan Warna Dramatis dalam Cahaya Latar
[Teknik Lampu Kilat] Menciptakan Potret Malam Terinspirasi Pop Art
Teknik Fotografi Cosplay (3): Contoh Penataan Pencahayaan yang Berbeda
Cara Menangkap Tetesan Hujan untuk Menciptakan Potret yang Terlihat Surealis

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi.

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!