Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

3 Konsep Refraction Photography untuk Dicoba

2021-03-17

“Semua yang kita lihat atau yang terlihat hanyalah mimpi di dalam mimpi.” – Edgar Allan Poe

Anda mungkin sudah melihat contoh-contoh fotografi refraksi sebelumnya – dunia yang tergantung dalam tetesan embun atau pemandangan kota yang terbalut dalam bola-bola kaca. Refraction photography atau fotografi refraksi adalah metode yang luar biasa mudah dalam mendapatkan foto yang cantik dan unik yang anda bisa peroleh bahkan dari kenyamanan rumah anda. Semua yang anda sangat perlukan hanyalah benda apa saja yang tembus cahaya dan memiliki massa yang berbeda dengan udara sehingga menimbulkan efek pembiasan saat cahaya datang (benda-benda kaca biasanya menghasilkan kualitas gambar yang terbaik), dan sedikit imajinasi. Kami berbincang bersama 3 fotografer dengan hasil foto refraksi yang menawan untuk mencari tahu inspirasi di baliknya dan bagaimana mereka mendapatkannya.

 


Kredit Foto: @pxb_shots
EOS 1200D, EF-S55-250mm f/4-5.6 IS II, f/16, ISO 100, 1.6s, 74mm

Fotografi refraksi memiliki tarikan tersendiri dengan konsep monokrom unik ini dengan menggunakan benda sehari-hari yang paling sederhana – cawan minuman. Terinspirasi dari sebuah foto dari pemotretan barang pecah-belah, fotografer yang bertempat di Jodhpur @pxb_shots memanfaatkan momen lockdown dengan baik dan memutuskan untuk mencoba konsep ini dengan menggunakan beberapa cangkir wine yang ada di rumahnya serta sebuah layar TV dengan wallpaper yang sudah ditampilkan sebelumnya sebagai latar belakang. Sebuah panel kaca hitam digunakan dengan pintar untuk memberikan kontras pada cahaya dari layar, meminjamkan estetika yin/yang yang semakin menekankan simetri yang sempurna dari kaca.

 


Kredit Foto: @sherwincredible_
EOS M6, EF-S 18-55mm f/3.5-5.6 IS II SLR, f/5.6, ISO 1600, 1/160s, 55mm

Inspirasi bisa dating dari mana saja, namun dimana tempat yang lebih baik untuk mencari kreativitas dibandingkan dengan dunia komik?Tentu saja, kita berbicara mengenai alam para pahlawan dan penjahat super – tepat dimana fotografer @sherwincredible_ mengacukan foto ini. Kami menyukai corak warna yang secara alami saling melengkapi, dipinjamkan oleh para karakter yang tersampul dalam tetesan air. Dengan sebuah laptop di latar belakang yang menayangkan gambarnya, ia menggunakan sebuah ponsel untuk membuat dasar yang memantulkan, lalu menciptakan tetesan air yang digunakan untuk membiaskan foto dengan jarum suntik 1 cc, memberi kendali yang lebih baik dibandingkan bila menggunakan jemari tangan.Dengan menggunakan sebuah tripod dan “kamera dan lensa Canon yang pada dasarnya memberikan sejumlah kendali yang tepat pada anda untuk segala hal yang diperlukan dalam fotografi yang baik”, ia kemudian memotretnya dengan pengukur waktu untuk mengeliminasi adanya kemungkinan terjadi goncangan.

Foto yang menarik ini, omong-omong, dipotret di meja ruang tamunya – bukti bahwa anda tidak harus selalu bepergian ke tempat yang sangat jauh untuk foto yang bagus.

 

Kredit Foto: @suieric429
EOS M5, EF16-35mm f/2.8L II USM, F/5, ISO 100, 1/800s, 24mm

Bagaimana cara anda memberikan sebuah hal yang menarik dan tidak terduga pada salah satu bunga yang paling banyak dipotret di seluruh dunia?Dengan fotografi refraksi. Kami menyukai efek dari fokus ke dalam bunga sakura yang terlihat seperti perlahan “memudar” dan berbaur dengan sempurna ke dalam latar belakang diluar bola kristal. Ditambah lagi, warna-warnanya – terlihat sangat indah dipandang mata!Foto diambil saat musim bunga sakura di People Park Square, Shanghai, fotografer Eric Sui hanya menggunakan sebuah bola kristal sebagai properti satu-satunya untuk memotret foto ini. Kami menyukai bagaimana foto ini tidak hanya mempertegas subyek utama (bunga sakura) tetapi juga mampu menciptakan sebuah pola yang unik secara keseluruhan yang membuat foto ini sempurna sebagai sebuah potret yang bisa digantung di dinding rumah anda atau sebagai foto latar belakang ponsel anda.

 

Fotografi refraksi memiliki visual yang sangat menawan, abstrak dan yang paling penting, menyenangkan untuk dipotret. Kemungkinannya tak terbatas, dan semua yang anda sangat perlukan hanyalah sebuah bola kaca, sedosis inspirasi dan sedikit kesabaran. Apakah anda menghampiri jenis fotografi ini untuk menambahkan sedikit keragaman dalam portofolio anda, atau sebuah proyek sampingan menarik sebagai outlet kreativitas anda, kami menyukai bagaimana sesuatu yang pada dasarnya sederhana bisa menciptakan sebuah tampilan yang sangat rumit.

 

Untuk artikel yang sejenis:
Eric Choon: Melukiskan Kehidupan dengan Fotografi Lego
7 Ide-Ide Seru Fotografi Dalam Ruangan untuk Dicoba di Rumah
3 Produk Fotografi Esensial yang Anda Bisa Buat Sendiri (DIY)