Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

5 Trik Kreatif untuk Meningkatkan Level Instagram Anda

2018-03-27

Selama ini, Instagram dipenuhi dengan foto-foto OOTD dan gambar-gambar makanan. Mengapa Anda tidak mencoba sesuatu yang berbeda untuk meramaikan kumpulan konten Anda? Gunakan beberapa objek sehari-hari dan sedikit kreativitas, pelajari cara menghasilkan foto-foto yang lebih menarik menggunakan kamera tanpa cermin Anda agar foto-foto Anda terlihat menonjol dari kebanyakan foto. 

Anda tidak memerlukan peralatan atau aksesori mahal untuk membantu menciptakan foto-foto yang indah untuk kumpulan konten Instagram Anda. Dengan beberapa trik kreatif, jauh lebih banyak hal yang bisa dilakukan oleh kamera tanpa cermin Anda di luar yang tercantum dalam buku panduan. 

1. Kaca pembesar untuk foto dari dekat

EOS M5, EF-M50mm f/1.8 STM lens, f/4, 50mm, 1/50sec, ISO200

Belum sanggup membeli lensa makro yang mahal untuk memotret foto dari dekat? Tidak jadi masalah! Mendekatlah pada subjek Anda dan tempatkan kaca pembesar di atasnya untuk memperbesar subjek. Kemudian atur posisi lensa Anda di dekat kaca pembesar sebelum menekan rana (shutter). Ingatlah agar tangan Anda tetap memegang kaca pembesar dengan stabil saat Anda memotret melalui kaca pembesar tersebut.

2. Bokeh Kreatif

EOS M5, EF-M50mm f/1.8 STM lens, f/1.8, 50mm, 1/50sec, ISO640

Pemotretan bokeh sebenarnya lebih mudah dari yang Anda bayangkan. Buatlah filter dari karton hitam, guntinglah sebuah lingkaran dengan ukuran yang pas pada lensa kamera tanpa cermin Anda dan gunting bentuk bokeh yang Anda inginkan. Pastikan bentuknya kecil dan digunting dengan tepat. Sebelum memotret, atur lensa Anda ke nilai diafragma terendah, dan sesuaikan fokus sampai Anda melihat bentuk itu muncul saat cahaya masuk ke foto Anda.

Kiat: Gunakan fokus manual untuk membantu Anda menyesuaikan diafragma dan kecepatan rana. Untuk membantu menciptakan bokeh yang lebih bagus, perbesar jarak antara subjek Anda dan latar belakang. Anda bisa melakukannya dengan cara mengurangi jarak antara kamera dan subjek Anda. Jika kedalaman ruang semakin dangkal, berarti foto Anda semakin kehilangan fokus, sehingga efek bokehnya akan semakin bagus.

3. Tambahkan Tekstur dengan Bungkus Plastik

EOS M5, EF-M50mm f/1.8 STM lens, f/4.5, 50mm, 1/200sec, ISO200

Lupakan filter preset yang digunakan orang-orang. Tambahkan tampilan halus pada gambar Anda hanya dengan menggunakan bungkus plastik transparans sehari-hari. Ini akan menambahkan tekstur yang indah pada foto-foto Anda tanpa perlu pasca pengeditan. Cukup bungkuskan plastik di sekeliling lensa dan lakukan pemotretan. Bahkan Anda juga bisa menggunakan bungkus plastik warna-warni – kemungkinannya tak ada habisnya!  

4. Trik Bayangan

Siapa tahu saringan dapur bisa berguna saat memotret? Lakukan eksperimen dengan memiringkan saringan pada berbagai sudut yang berbeda untuk mendapatkan pola bayangan yang lebih menarik. Kiat: Lakukan pemotretan pada sore hari saat cahayanya cukup tajam sehingga pola yang dihasilkan oleh bayangan lebih kuat.

EOS M5, EF-M50mm f/1.8 STM lens, f/4.5, 50mm, 1/1600sec, ISO200

5. Filter Antik Kreatif

EOS M5, EF-M50mm f/1.8 STM lens, f/4.5, 50mm, 1/1000sec, ISO200

Mungkin stoking belum pernah terlintas dalam pikiran Anda untuk digunakan dalam fotografi. Untuk mewujudkan kesan antik pada foto-foto Anda, bungkus lensa Anda dengan stoking sebagai filter untuk melembutkan atau difusi. Tarik dan letakkan stoking warna krem muda di bagian depan lensa Anda dan kencangkan dengan karet gelang yang cukup kuat. Lakukan eksperimen dengan memotret beberapa kali menggunakan level tarikan yang berbeda dari stoking pada bagian depan lensa.

Kiat: Cobalah stoking dengan tenunan atau kepadatan benang yang berbeda dan lihatlah perbedaannya!


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!