Close
Produk >> All Products

5 Hal Baru yang Bisa Anda Lakukan pada EOS M50 Mark II

Diumumkan pada 14 Oktober 2020, kamera mirrorless termutakhir dari Canon bagi para pemula yang sudah mahir, EOS M50 Mark II sudah memperbarui EOS M50 yang populer, antara lain, kemampuan perekaman video yang cukup baik dengan autofocus, termasuk live streaming ke media sosial dan pengoperasiannya pun lebih mudah. Praktis dan tepercaya, kamera ini menghasilkan gambar yang serba indah dan perekaman video yang sungguh mudah.

Kamera ini terkenal karena menghasilkan kualitas gambar yang istimewa, autofocusing (AF) yang hebat, dan penggunaannya yang mudah serta praktis, dengan harga yang sangat terjangkau, EOS M50 merupakan salah satu kamera paling populer dalam jajaran EOS M Canon dari kamera mirrorless sensor APS-C yang ringkas dan portabel.

Sebagai kamera penerusnya, EOS M50 Mark II menjanjikan performa autofocusing, kemampuan dan fungsi video yang semakin baik:

1. Eye Detection AF yang Lebih Baik
2. Fitur video yang praktis dan nyaman
3. Video yang ramah media sosial
4. Tap AF—cara baru untuk membidik
5. Kompatibilitas cloud dengan image.canon

Kamera ini juga dilengkapi dengan sensor gambar CMOS ukuran APS-C 24,1 megapiksel dan prosesor gambar DIGIC 8, serta built-in electronic viewfinder (EVF) 2,36 juta titik dan pegangan ergonomis yang nyaman, yang berbeda dari kamera pendahulunya.

 

#1: Fokus jitu pada mata manusia dari jarak jauh

Eye Detection AF, lebih baik

Apabila menyangkut soal pemotretan manusia, sangatlah penting untuk mendapatkan fokus yang tajam pada mata. Mata di luar fokus dapat membuat ekspresi wajah terlihat sangat berbeda, atau bahkan fotonya tidak bisa digunakan.

Persis seperti EOS M50, EOS M50 Mark II menggunakan sistem Dual Pixel CMOS AF, yang dapat melakukan pendeteksian dan pemfokusan subjek secara cepat dan tepat, di mana pun dalam cakupan 88% × 100% (secara horizontal × vertikal) bingkai gambar. Kemampuan Eye Detection AF yang dimilikinya, menghasilkan pendeteksian bola mata manusia yang lebih jitu, meskipun dari jarak jauh. Hal ini berarti, kemungkinan keberhasilan lebih tinggi untuk mengambil bidikan OOTD, atau foto saat liburan, hingga kerlipan mata sang subjek.

 

EOS M50

Pada EOS M50, Anda harus cukup dekat dengan subjek manusia—memenuhi bingkai dari bagian dada ke atas—agar mata mereka terdeteksi.

EOS M50 Mark II

Pada EOS M50 Mark II, kedua mata terdeteksi, apabila seluruh tubuh subjek berada dalam bingkai. Kecepatan pendeteksian yang lebih cepat, berarti bahwa fokus tetap terkunci pada mata mereka, meskipun seandainya mereka berjalan ke arah Anda.


Kecepatan pemotretan beruntun tertinggi


Foto ‘action’? Tidak masalah!

Anda akan selalu menghasilkan foto yang bagus jika mengambil bidikan beruntun dalam mode Servo AF. Pada EOS M50 Mark II, Eye Detection AF didukung dalam mode Servo AF. Hal ini berarti, Anda dapat membidik secara beruntun hingga 7,4 frames per second (fps) dengan fokus tajam pada mata anak-anak, atau atlet yang sedang berlaga.


Fitur baru lainnya yang perlu dicatat:

- Bahkan, untuk pemfokusan yang lebih jitu dengan pelacakan subjek, Spot AF, yang menawarkan bingkai AF lebih kecil dari 1-point AF, sekarang tersedia dalam mode Servo AF.
- Tampilan bingkai AF yang lebih cepat, memberikan visualisasi pelacakan subjek yang lebih baik.
- Mode Scene Intelligent Auto menawarkan mode AI Focus, yang secara otomatis beralih antara mode AF One Shot dan Servo .

 

#2: Perekaman video kreatif yang mudah

Terdapat cukup banyak mode dan fitur praktis untuk membantu Anda mengekspresikan hal yang Anda bayangkan

Seperti EOS M50, EOS M50 Mark II juga menawarkan beragam mode perekaman video yang memungkinkan keleluasaan ekspresi yang lebih luas: high definition 4K, time-lapse movie, High Frame Rate HD movie yang bisa digunakan untuk rekaman dalam gerakan lambat, dan lain sebagainya. Selain itu, berbagai fitur praktis seperti Movie Digital IS, yang melakukan stabilisasi gambar lima-sumbu, dan Auto Level, yang mempertahankan posisi tegak lurus pada video saat Anda merekamnya. Menggunakan lensa dengan built-in image stabilizer (optical IS) menyempurnakan efek stabilisasi gambar, memastikan bidikan rekaman sambil memegang kamera, tetap stabil.


Kamera akan tetap mempertahankan fokusnya bagi Anda

EOS M50 Mark II menambahkan dukungan untuk Eye Detection AF hingga perekaman video 4K, memastikan fokus terpaku pada mata subjek, seperti halnya dalam fotografi still (foto diam).

 

Movie Digital Zoom

*Gambar untuk tujuan visualisasi.

Close up yang lebih mudah

Agar semua bidikan close-up menceritakan kisah dengan lebih baik, gunakan fungsi Movie Digital Zoom baru. Tersedia sewaktu perekaman dilakukan dalam mode Full HD, dan fungsi ini memperbesar area di bagian tengah layar secara digital sebanyak tiga hingga sepuluh kali lipat, membawa Anda semakin dekat daripada yang bisa dilakukan melalui lensa.

Perekaman one-touch tap

Agar semakin nyaman, EOS M50 Mark II menyertakan fungsi Touch REC baru. Anda dapat melakukan ketukan satu kali pada ikon di layar untuk memulai atau menghentikan perekaman. Fitur movie self-timer memastikan bahwa kamera tidak menangkap jari Anda setelah Anda mengetuk layar.


Mode perekaman video utama (semua dalam format MP4)

4K UHD (dikrop) (3840×2160): 23,98 / 25,00 fps (Contrast AF)
FHD (tanpa krop) (1920×1080): 59,94 / 29,97 / 23,98 / 50,00 / 25,00 fps (Dual Pixel CMOS AF)
HD (tanpa krop) (1280×720): 59,94 / 50,00 fps (Dual Pixel CMOS AF)
High Frame Rate HD movies:  119,88 / 100,00 fps 
4K UHD time-lapse movies (film jeda waktu): 23,98 / 25,00 fps, FHD 23,98 / 25,00 fps

Ketahui sejumlah cara keren untuk membuat video Anda lebih menarik di sini (Versi Inggris) dan di sini!

Baru mengenal videografi? Berikut ini beberapa artikel agar Anda dapat mulai:
Videografi: Saran & Tutorial (Versi Inggris)

 

#3: Hadirkan video Anda di media sosial

Berbagi berbagai hal baru


Video vertikal yang tidak repot

Dengan sekian banyak fitur keren yang bisa Anda gunakan, video berkualitas tinggi yang Anda rekam dengan EOS M50 Mark II, mungkin menjadi favorit di media sosial. Anda dapat menyempurnakannya lebih jauh dengan merekam pada arah vertikal menggunakan smartphone. Asyik, bukan? Kamera bisa menyematkan tanda rotasi informasi ke file video, memastikan video secara otomatis memutar secara vertikal pada perangkat cerdas, dan media sosial yang kompatibel.


Live-stream ke YouTube

Jika Anda memenuhi syarat untuk live streaming YouTube, EOS M50 Mark II bisa menjadi kamera live streaming Anda yang baru*, dan tidak memerlukan unit streaming tambahan. Anda tinggal memastikan terdapat konektivitas Wi-Fi, preset live stream dan URL tujuan pada komputer atau perangkat cerdas Anda, lalu cantumkan URL tujuan ke kamera Anda. Tekan ‘record’ (rekam) setelah Anda siap untuk tayang langsung.

* Layanan live streaming produk ini mendukung live streaming terjadwal, hanya pada YouTube. Untuk menggunakan layanan live streaming, diperlukan pendaftaran pada image.canon. Sesuai dengan “Pembatasan YouTube pada live streaming”, pengguna harus memiliki minimal 1.000 pelanggan saluran agar dapat melakukan live stream (tayang langsung) dari perangkat seluler Anda. Pembatasan ini juga berlaku untuk layanan live-streaming YouTube yang tersedia melalui EOS M50 Mark II. Untuk informasi terbaru mengenai pembatasan ini, kunjungi https://support.google.com/youtube/answer/2853834?hl=en (Versi Inggris)
Live streaming pada YouTube dapat berubah, dihentikan, atau diakhiri tanpa pemberitahuan. Harap diperhatikan sebelumnya, bahwa Canon tidak bertanggung jawab atas berbagai layanan yang disediakan oleh pihak ketiga, termasuk live streaming pada YouTube.

**Perekaman yang dialirkan, tidak akan direkam dalam kamera.

 

#4: Gunakan Tap AF baru

Cara yang lebih cepat untuk mengubah fokus pada mata atau wajah!

Terdapat pemandangan dengan banyak orang dalam bingkai, serta multiwajah dan mata yang terdeteksi? Di samping Touch & Drag AF, sekarang Anda juga bisa menggunakan Tap AF baru untuk mengubah titik AF tanpa memalingkan mata Anda dari EVF. Cukup ketuk pada layar untuk mengalihkan fokus dari satu orang ke lainnya. Ada delapan area Tap AF yang dapat Anda konfigurasikan.

Cara Kerja Tap AF

 

#5: Secara otomatis membuat cadangan gambar Anda ke cloud.

Mengakses gambar dan video dari perangkat apa pun, dari mana saja.

Persis seperti pada semua kamera EOS yang berkemampuan Wi-Fi, berbagai fitur pada EOS M50 Mark II dalam kamera, mendukung Wi-Fi dan Bluetooth. Dengan demikian, Anda dapat memasangkan kamera dengan perangkat cerdas serta menggunakan fungsi pemotretan / perekaman dan transfer gambar dari jarak jauh pada aplikasi Camera Connect.

Selain itu, karena kamera EOS seri M dengan dukungan penuh untuk platform cloud image.canon baru, kamera ini juga dapat membuat cadangan file gambar dan video secara otomatis, termasuk file RAW, ke cloud*.

Pelajari apa yang dapat Anda lakukan dengan image.canon

Diluncurkan pada bulan April 2020, image.canon dibuat berdasarkan konsep “connected camera”. File yang diunggah ke cloud dapat ditayangkan atau diunduh dari perangkat apa pun, atau berbagi di media sosial tanpa harus mengunduhnya terlebih dulu. Semua file aslinya akan disimpan selama 30 hari. Dapat diatur hingga 10GB untuk penyimpanan jangka panjang.

*EOS M50 dan kamera lain yang memiliki kemampuan Wi-Fi, yang dirilis sebelum bulan Juli 2020, hanya mendukung transfer file secara manual ke image.canon.

 

EOS M50 Mark II: Spesifikasi utama:

Sensor gambar kira-kira 24,1 megapiksel efektif; Sensor CMOS format APS-C
Prosesor gambar DIGIC 8
Kecepatan Native ISO (still shooting) 100 – 25.600 (dapat diperluas hingga 51.200)
Kecepatan Native ISO (perekaman film) 100 – 12.800 (dapat diperluas hingga 25.600)
Kecepatan Native ISO (perekaman film 4K) 100 - 6.400
AF (Live View) Dual Pixel CMOS AF
Monitor LCD Panel sentuh Vari-angle, tipe 3,0 inci, kira-kira 1,04 juta titik
Continuous shooting (Pemotretan beruntun) (maks.) 10 fps (One-Shot AF)
7.4 fps (Servo AF)
Kecepatan rana maks. 1/4.000 det.
Ukuran (kira-kira) 116,3 × 88,1 × 58,7mm
Berat (kira-kira) Hitam: 387g / Putih: 388g
(dengan baterai, kartu memori)

 

EOS M50 Mark II (hitam)

EOS M50 Mark II (putih)

 

Gambar contoh


Lapangan rumput alang-alang

EOS M50 Mark II/ EF-M11-22mm f/4-5.6 IS STM/ FL: 21mm/ Manual Exposure (f/8, 1/500 det.)/ ISO 400/ WB: Cloudy


Anjing berlari

EOS M50 Mark II/ EF-M18-150mm f/3.5-6.3 IS STM/ FL: 100mm/ Manual exposure (f/6.3, 1/1000 det.)/ ISO 320/ WB: Auto


Seorang wanita di kamar tidur

EOS M50 Mark II/ EF-M55-200mm f/4.5-6.3 IS STM/ FL: 70mm/ Manual exposure (f/6.3, 1/80 det.)/ ISO 3200/ WB: Daylight

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi.

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!