LOGIN/SIGN UP function is disabled for upgrade and maintenance. It will resume on 22/01/2022 10.30 AM SGT. Sorry for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

5 Tips Fotografi Peliharaan untuk Hasil Potret Kucing yang Lebih Menarik

2020-04-06

Bila anda adalah seseorang yang baru saja memelihara kucing, bisa dimengerti bila anda ingin memperlihatkan anggota baru keluarga anda pada dunia (seperti teman dengan bayinya yang baru lahir dan Facebooknya saat ini penuh dengan foto-foto bayinya). Ada banyak cara untuk mengambil foto peliharaan anda, tapi janganlah menjadi orang yang kurang terampil mengkurasi foto.Berikut ini ada lima tips untuk membantu anda memulai fotografi hewan peliharan.

EOS RP, lensa USM RF50mm f/1.2L, f/3.2, 50mm, 1/100 detik, ISO1000

Matanyalah yang berarti

EOS RP, lensa USM IS RF 24-105mm f/4L, f/4.5, 105mm, 1/250 detik, ISO5000

Seperti juga foto potret manusia, kita tentunya juga menginginkan menangkap mata subyek foto kita.Untuk kucing, jauh lebih menarik: mata mereka bisa berbentuk oval, almond yang memikat atau bulat penuh, dan semuanya tergantung pada cahaya saat itu.Selain itu, ukuran pupil yang berbeda-beda juga ditentukan dari mood kucing tersebut, contohnya, pupil oval yang sempit kira-kira dikarenakan gairah (amarah, kegembiraan, dll.) sedangkan pupil yang lebar bisa berarti perasaan antusias atau ketakutan.

Memahami hal ini akan membantu anda dalam menangkap berbagai emosi dan perasaan dari kucing anda, membuat anda bisa bercerita lebih baik melewati fotografi.Untuk hal ini, Servo AF berguna dalam memastikan bahwa fokus kamera akan selalu pada peliharaan anda.Walaupun Deteksi Mata AF tidak bekerja pada mata kucing, metode seperti Zona AF bekerja dengan baik untuk menjaga fokus kamera.

Lihat Detilnya

EOS RP, lensa USM RF50mm f/1.2 L, f/2.8, 50mm, 1/125 detik, ISO320

Seperti kata pepatah, perencanaan yang terlihat sederhana ternyata tidaklah demikian saat dieksekusi.Ambillah foto dari jarak dekat kumis kucing anda, cakar kecil mereka, ekornya yang tebal atau dapatkan foto telinga berbulu kucing anda.Sudut-sudut ini menarik untuk diambil fotonya dibandingkan dengan hanya memenuhi bingkai kamera anda dengan seluruh tubuh binatang anda.

Tidak ada mode makro?Tidak masalah. Bila anda mencari hasil foto yang lebih ketat dan seperti baru dari kamera, pikirkan untuk mengubah mode menjadi mode crop dalam kamera 1.6x sebelum pemotretan.Terima kasih kepada jumlah megapiksel yang tinggi, anda masih dapat menjaga detil yang cukup pada foto peliharaan anda bahkan walaupun foto sudah dipotong dalam jarak dekat.

Mencapai tingkat yang sama dengan mereka

EOS RP, lensa USM RF50mm f/1.2 L, f/1.4, 50mm, 1/160 detik, ISO1250

Salah satu prinsip dasar yang penting pada fotografi peliharaan adalah untuk mencapai ke tingkat yang sama dengan peliharaan anda ketika mengambil foto mereka.Hal ini akan membantu anda untuk tidak hanya berada lebih dekat pada peliharaan anda tetapi juga untuk bisa melihat dunia melalui mata mereka.Oleh karena itu, mengambil dari sudut yang lebih rendah bisa membantu anda menangkap lebih banyak kebiasaan yang khas dan emosi yang tersembunyi dari peliharaan anda.

Dengan layar sentuh LCD sudut bervariasi, anda tidak perlu meluruskan diri anda dalam mencoba mengambil foto dari sudut rendah.Layar kamera yang sepenuhnya tersambung membantu anda untuk fokus dan mengambil foto hanya dengan sentuhan satu jari, membuat anda bisa lebih terfokus dalam menyelami beragam sudut unik baik dari kedua bidang horizontal dan vertikal – membuat kenyamanannya tidak tertandingi.

Mainan dan makanan sebagai umpan

EOS RP, lensa USM RF50mm f/1.2 L, f/1.2, 50mm, 1/60 detik, ISO1000

Mengambil foto kucing adalah hal yang cukup sulit.Tidak seperti anjing, kucing tidak bereaksi ketika dipanggil namanya, jauh lebih susah untuk mendapatkan perhatian mereka agar bisa diambil fotonya.Tetapi, memiliki suguhan atau mainan di tangan anda tentunya membantu!Letakkan suguhan tersebut di atas kamera anda agar kucingnya terlihat seperti melihat langsung ke dalam lensa kamera.Dengan ini, anda bisa mendapatkan hasil foto dimana binatang tersebut melihat anda dengan perhatian yang penuh dan tidak terbagi.Jangan lupa untuk memberi suguhan tersebut pada kucing anda ketika anda sudah selesai mengambil foto!Sedangkan dengan mainan, akan lebih menarik untuk mengambil foto ketika kucing sedang beraksi – bermain, menendang atau menggigit mainannya.

Pelajari bukaan kamera

EOS RP, lensa USM RF50mm f/1.2 L, f/3.2, 50mm, 1/400 detik, ISO800

Bukaan kamera penting ketika dihadapkan pada fotografi peliharaan, karena mengendalikan kedalaman foto yang ada dan sebagai gantinya, fokus pada foto anda.

Ketika mengambil foto dalam ruangan dengan banyak cahaya alami, sesuaikan pengaturan bukaan agar lebih lebar (contohnya f/2.0, tergantung pada lensa yang anda gunakan untuk mengambil foto) untuk mendapatkan hasil foto dengan kedalaman yang dangkal dari lapangan.Hal ini akan menyekat subyek foto anda dari latar belakang, yang akan membuat hasil foto potret peliharaan menjadi cantik.

Bila anda ingin memberikan suasana konteks pada tangkapan foto anda, sesuaikan pengaturan bukaan kamera agar lebih tinggi f-stopnya (contoh f/8) untuk membantu anda memperlihatkan lingkungan sekitarnya. Jalan lainnya, anda bisa mundur dari lingkungan sekitar dengan memperkecil layar foto, yang akan memberi latar belakang foto kedalaman lingkungan yang lebih jauh tanpa harus menggunakan f-stop yang lebih tinggi.

Tidak ada aturan yang keras dan cepat dalam mengatur f-stop yang ideal, percobaan dengan berbagai tingkatan untuk mendapatkan hasil foto yang paling anda sukai, dan bisa memperlihatkan peliharan anda dengan sangat baik.

Untuk mempelajari lebih banyak mengenai fotografi peliharaan, bacalah artikel-artikel berikut:

5 cara mengambil foto yang intim dari peliharaan anda dengan Canon EOS R

3 Ide untuk Foto-Foto Kucing yang Menggemaskan

Tips untuk Meningkatkan Keeratan pada Instagram Peliharaan Anda

6 Cara Membuat Akun Instagram yang Pantas untuk Peliharaan Anda

Mengambil Foto Subyek yang Tidak Terduga - Peliharaan