Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

5 Karakteristik Fotografi yang Membuat Foto-Foto Ini Terlihat Menawan

2020-04-13

Bagi mata yang terlatih, apa yang membuat foto terlihat menawan adalah kombinasi dari faktor-faktor yang berbeda, seperti komposisi foto, pencahayaan, suasana foto, gaya bercerita secara visual dan masih banyak lagi.Ketika dilakukan dengan tepat, semua karakteristik ini bisa melengkapi satu sama lain dan meningkatkan keseluruhan hasil akhir dari foto.

Untuk memulai, mari lihat foto-foto ini dari 3 pengguna Canon yang berbeda dan jelajahi bagaimana 5 karakteristik terbaik dari masing-masing foto ini membantu foto terlihat menawan!Mari kita mulai

EOS 5D Mark II, EF 24-70 mm f/2.8L USM, f/6.3, ISO 1000, 1/30 detik, 32 mm

Foto diambil di Myanmar, Yangon oleh @marjilang

5 karakteristik terbaik:

  • Garis Penunjuk Imajiner: Sebuah teknik komposisi yang menciptakan sebuah jalur imajiner untuk mengarahkan mata yang melihat melalui elemen-elemen berbeda yang bisa ditemukan dalam foto ini.Dalam hal ini, garis-garis penunjuk imajiner diperkuat oleh perbedaan warna antara warna dinding bata krem dan biru, sembari memperlihatkan semua subyek dalah satu siklus pandang (dari subyek yang duduk sampai lukisan dan subyek yang sedang tertidur) menambah konteks dan narasi ke dalam foto.

  • Kesejajaran subyek: Ubin pada lantai dan dinding, subyek manusia dan lukisan hampir sejalan paralel dengan garis-garis penunjuk imajiner yang diciptakan oleh kekontrasan warna, membuat foto ini sangat memuaskan untuk dilihat.Bukan merupakan capaian yang mudah untuk mengendalikan semua unsur agar jatuh dalam kesejajaran yang linear sehingga bisa indah secara estetika dan masih melukiskan sebuah narasi pada foto.

  • Pencahayaan: Pencahayaan dengan kontras yang tinggi bisa menambah kesan dramatis pada foto.Titik fokus dan subyek utama disorot dengan cahaya yang terang, sementara sisa foto dan unsur-unsurnya disamarkan oleh bayangan.

  • Warna: Penggunaan hanya warna komplementer biru dan oranye saja menambahkan keseluruhan suasana yang tenang sementara warna oranye dan merah muda yang kontras menyoroti titik fokus dari foto.

  • Bercerita: menonjolkan subyek manusia akan selalu membangun suatu hubungan pada pengamat foto tersebut.Apakah mereka adalah pegawai yang sedang beristirahat di sebuah kuil, ataukah tempat ini adalah sebuah penampungan?Aspek yang tidak terjawab dari foto ini menarik rasa penasaran.


EOS M5, EF16-35mm f/2.8L II USM, f/8.0, ISO 640, 1/800s, 26mm
Wukang Mansion yang difoto di Shanghai, Cina oleh @suieric429

5 karakteristik terbaik:

  1. Kreativitas: Ada banyak macam trik fotografi yang bisa anda gunakan untuk memperkuat kreativitas – seperti menggunakan bola Kristal dalam foto ini.Dengan cahaya yang direfleksikan melewati bola tersebut, subyek menjadi terbalik, dan memberikan sudut pandang yang menarik.
  2. Warna: Warna komplementer antara nada warna yang hangat dari gedung dan tangan melawan nada warna yang dingin dari langit biru terang dan permukaan yang kebiruan bisa bekerja bersama dengan cantik.Efek warna fuschia di lain pihak juga bisa membuat cahaya terlihat seperti memancar dari bola kaca.
  3. Bingkai di dalam bingkai: Efek bola kaca mengenalkan komposisi bingkai di dalam bingkai, menambahkan dampak yang lebih besar pada keseluruhan estetika.
  4. Detil: Bahkan dengan efek refraksi dan bingkai yang lebih kecil, detil-detil pada Gedung Wukang masih terlihat tajam.Latar belakangnya juga memiliki efek bokeh yang cantik, sehingga menarik mata pengamat pada titik fokus, membuat yang melihat ingin melihat subyek lebih jelas.
  5. Efek: Bolanya memberi subyek sebuah efek lengkungan fisheye yang unik.Ada beberapa filter yang tersedia dalam kamera Canon di bawah fitur ‘Filter Kreatif’.Cari tahu lebih banyak di sini!

 


EOS R, EF100-400mm f/4.5-5.6L IS II USM, f/5.6, ISO 800, 1/1250s, 400mm
Bohemian Waxwing Bohemia yang difoto di Hokkaido, Jepang oleh @hironari.ota

5 karakteristik terbaik:

  1. Pengambilan Waktu: Bila anda melihat lebih dekat, subyek sedang di tengah melempar buah ke udara dan menangkapnya dengan paruhnya.Kejutan-kejutan tersembunyi atau momen tidak terduga ini adalah yang memisahkan foto-foto alam liar biasa dengan foto yang menarik dan mengesankan.Pengambilan waktu haruslah tepat, dan mungkin seringnya akan membutuhkan fotografer untuk tetap diam selama beberapa waktu.Memanfaatkan kamera yang menyediakan frame tinggi-per-detiknya bisa membantu dalam hal ini
  2. Subyek: Fotografi alam liar, khususnya pada hewan-hewan yang sangat jarang ditemukan pada keseharian kita, selalu memberikan kualitas foto yang lebih ‘eksotis’.Mengetahui pola dan kebiasaan subyek anda akan membantu anda dalam mendapatkan momen-momen yang penting.
  3. Detil: Untuk menemukan binatang yang kecil dan berbeda di alam tidaklah mudah, dan akan menjadi lebih sulit ketika mengambil fotonya dari jarak dekat.Foto ini, dengan fokusnya yang tajam dan detil yang segar, membuat pengamat foto ini untuk memeriksa segala detil dari burung langka ini, memberikan foto sebuah rasa yang baru sembari juga mendidik.
  4. Warna-Warni: Walaupun sedikit, permainan warna analog yang halus masih terlihat dengan ekor subyek yang bewarna kuning, bulu-bulu oranye dan buah bewarna merah melawan bulu dan cabang pohon yang bewarna netral.
  5. Garis Penunjuk Imajiner: Hal ini walaupun tidak terlalu jelas, tetapi pinggir luar dari burung Waxwing Bohemia yang tegas mengarahkan mata pengamat untuk melihat mulai dari paruh subyek dan sampai keluar foto dengan ekornya.Tidak adanya gangguan lain dalam jalur garis penunjuk imajiner, membuat kualitas foto ini sangatlah estetik.

Melalui subyek yang berbeda, ide pengambilan foto dan lingkungan akan memengaruhi bagaimana masing-masing karakteristik bermain, dan penting juga sebagai fotografer pemula untuk tetap sadar dan memasukkan beberapa karakteristik ini untuk meningkatkan hasil akhir foto.Berikut ini adalah daftar artikel sejenis yang menyediakan penggunaan yang lebih dalam pada masing-masing karakteristik: Teknik pencahayaan pada fotografi arsitektur, Warna pada fotografi abstrak, Membingkai pada fotografi perjalanan.