Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

7 Cara Meningkatkan Kebahagiaan dengan Fotografi

2018-04-06

Fotografi lebih dari sekadar memperhatikan subjek Anda, komposisi, pencahayaan, dan pembingkaian sebelum menekan tombol rana. Sebagai hobi, fotografi bisa membawakan dampak positif yang bermanfaat bagi hidup Anda. Untuk melatih kesadaran Anda agar bisa membantu Anda melihat hal-hal secara berbeda, temukan 7 cara fotografi membawakan kebahagiaan.

1. Mendorong Kreativitas Anda

close up photo of leave using EOS M5

EOS M5, EF-M 22mm f/2 STM lens, f/3.2, 22mm, 1/15sec, ISO100

Dunia ini penuh dengan inspirasi, dan fotografi adalah suatu cara yang hebat untuk terhubung dengan dunia dalam cara yang kreatif. Itu karena fotografi membuat Anda berpikir dan mempertimbangkan sementara Anda mengamati orang-orang dan lingkungan di sekitar Anda. Cara yang sederhana namun efektif untuk menantang kreativitas Anda adalah mengunggah sebuah foto setiap hari, sebagai diari visual yang bisa Anda kilas balik sesuka Anda sehingga Anda bisa merasa lebih bahagia.

Ingin mengabadikan lebih banyak foto kreatif? Tingkatkan keterampilan fotografi Anda dengan 3 Cara Kreatif untuk Menggunakan Mode Pemotretan Kontinu Kamera Anda.

2. Menyimpan Kenangan

group wedding photo using EOS M5

EOS M5, EF-M 22mm f/2 STM lens, f/4, 22mm, 1/20sec, ISO200

Ingatkah Anda kapan terakhir kalinya Anda melihat foto-foto keluarga atau teman dan bagaimana perasaan yang ditimbulkan? Studi menunjukkan bahwa mengingat kembali kenangan indah meningkatkan kebahagiaan secara signifikan pada saat ini. Entah acara istimewa atau momen kecil namun bernilai yang mudah dilupakan, ini adalah segala sesuatu tentang mengabadikan kebahagiaan. Ditambah lagi, pada saat Anda memotret benda-benda yang membuat Anda merasa bahagia, Anda menjadi lebih sadar, reflektif dan menghargai. 

Temukan cara menyimpan kenangan Anda dalam cetakan ketika Anda Mencetak Foto secara Kreatif Menggunakan Printer Selphy.

3. Meningkatkan Kesenangan dari Pengalaman Anda

painting of a horse and rider using EOS M5

EOS M5, EF-M 22mm f/2 STM lens, f/4, 22mm, 1/800sec, ISO200

low angle carnival ride using EOS M5

EOS M5, EF-M 22mm f/2 STM lens, f/2.5, 22mm, 1/4000sec, ISO200

Fotografi lebih dari sekadar membuat dokumentasi dan mengabadikan momen saat itu – namun juga tentang keterlibatan dalam pengalaman itu. Apakah Anda memperhatikan bagaimana kita cenderung suka mengingat kembali perjalanan yang pernah kita lakukan? Sebuah studi oleh Jurnal Kepribadian dan Psikologi Sosial Amerika memperlihatkan bahwa memotret foto mempengaruhi kesenangan dari pengalaman Anda. Sebagai contoh, saat Anda memotret foto perjalanan atau makanan, Anda menjadi lebih terhubung sehingga pengalaman tersebut menjadi lebih menyenangkan.

Tingkatkan level foto-foto perjalanan Anda dengan kiat-kiat dari artikel ini: Fotografi Perjalanan dengan Kamera Canon EOS M6 Mirrorless: Menjelajahi Italia

4. Menggerakkan Anda

elderly sitting in a park using EOS M5

EOS M5, EF-M 22mm f/2 STM lens, f/2.8, 22mm, 1/50sec, ISO100

Fotografi adalah suatu kegiatan yang bisa membuat Anda bergerak, biasanya di luar ruangan, untuk memberikan inspirasi kepada Anda tentang apa yang akan Anda potret. Tetapi ini bukan hanya tentang pergi ke luar; namun juga meluangkan waktu untuk berjalan-jalan mengelilingi subjek, dan mempertimbangkan latar belakang dan latar depan untuk menghasilkan komposisi yang lebih baik pada foto-foto Anda. Pada kenyataannya, bersiaplah untuk berjalan, memanjat, membungkuk, bahkan membalik, untuk melakukan pemotretan Anda. 

Dapatkan inspirasi dari dunia di sekitar Anda seperti Alvin Choon dalam Videografer Merekam Kehidupan di Jalanan dengan Canon EOS M5.

5. Melatih Kesadaran Penuh

close up photo of bee and flowers using EOS M5

EOS M5, EF-M 22mm f/2 STM lens, f/3.2, 22mm, 1/40sec, ISO100

Fotografi melatih Anda agar menjadi lebih sadar dan sabar. Itu karena seseorang jarang atau hampir tidak pernah menghasilkan foto yang sempurna pada percobaan pertama. Oleh karena itu, fotografi adalah latihan mental yang melibatkan banyak praktik – kadang-kadang perlu ratusan pemotretan – dengan kemungkinan menuai keuntungan yang berlimpah. Dan ketika Anda melakukan pemotretan, kebahagiaannya tak terukur. Untuk foto ini, tetaplah fokus merupakan kunci untuk mengabadikan momen ketika lebah tepat berada di atas bunga.

Kiat: Pemotretan burst mode (banyak foto sekaligus dalam waktu singkat) bermanfaat jika Anda yang terus bergerak. 

6. Menciptakan Hubungan Manusia

black and white photo of a male with sunglasses using EOS M5

EOS M5, EF-M 22mm f/2 STM lens, f/2.8, 22mm, 1/2000sec, ISO100

Memotret seseorang yang baru saja Anda temui untuk pertama kalinya? Ini adalah cara yang bagus untuk berteman atau memperluas jaringan Anda. Tetapi secara signifikan, fotografi membantu Anda membangun ikatan yang lebih kuat dengan orang-orang di dalam kehidupan Anda. Entah memotret di sebuah pesta atau momen yang tenang dan serius, fotografi membantu Anda terhubung dengan manusia lainnya pada level yang lebih dalam.

Kiat: Gunakan angka f yang kecil untuk menciptakan kedalaman ruang yang dangkal, yang menghasilkan latar belakang di luar fokus (kabur), sehingga subjek Anda terlihat menonjol.

Suka memotret? Pelajari kiat-kiat tentang cara mendekati orang-orang di jalanan bersama fotografer Justin Mott dalam artikel Warna-warni Kota Hue – Berteman Dulu, Potretnya Nanti.

7. Memperluas Sudut Pandang Anda

low angle photo of a tree using EOS M5

EOS M5, EF-M 22mm f/2 STM lens, f/2.8, 22mm, 1/125sec, ISO100

Fotografi membuat Anda melihat benda-benda dengan sudut yang berbeda, seperti sudut pandang dengan ketinggian anak kecil atau hewan peliharaan atau pandangan dengan ketinggian dari atas Entah memotret dari sudut rendah atau dari ketinggian, dalam fotografi, Anda perlu mendapatkan berbagai sudut dari subjek Anda untuk menghasilkan komposisi dan sudut pandang yang lebih baik. Di antara berbagai alasan untuk melakukan fotografi, mungkin inilah yang paling bermanfaat, karena melihat benda-benda secara berbeda akan mengubah Anda, kadang-kadang menjadi lebih baik.

Temukan bagaimana sudut rendah membantu Anda mengabadikan dunia secara berbeda dengan Pemotretan Sudut Rendah dengan Canon EOS M10.

 

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

Azmin Zainal

Azmin Zainal
Azmin Zainal has been in love with the written word ever since she could well, read. Relatively new to all things digital, so show her some love. Still searching for the meaning of life, whatever that is. Loves coffee, good conversations, fried chicken and Roger Federer. Not necessarily in that order.