LOGIN/SIGN UP function is disabled for upgrade and maintenance. It will resume on 22/01/2022 10.30 AM SGT. Sorry for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Perspektif Fotografer dalam Hitam Putih

2021-10-31

EOS 6D Mark II, EF24mm f/1.4L II USM, f/1.6, ISO 3200, 1/30s, 24mm

Di masa-masa awal fotografi, fotografi satu warna (monotone) adalah hasil dari keterbatasan media. Namun, dengan kemajuan dalam fotografi modern, sensor seperti yang ada di kamera Canon dapat menangkap triliunan warna dalam sepersekian detik. Menangkap gambar hitam putih telah menjadi pilihan artistik.

SNAPSHOT berbicara dengan Noriaki Kimura (@kimuranoriaki.1) yang fotografi hitam putihnya terlihat sinematik dan sarat dengan emosi tertentu.

Noriaki menerima gelar PhD dari Universitas Hokkaido pada tahun 2000 dan saat ini terlibat dalam penelitian ilmu bumi. Ketika ia mengambil foto, ia berfokus pada perbedaan antara yang nyata dan yang tidak nyata.

 

EOS 6D Mark II, EF24mm f/1.4L II USM, f/1.4, ISO 6400, 1/13s, 24mm

Apa yang membuat Anda tertarik pada fotografi hitam putih (b/w)?

Ini adalah pertanyaan yang sangat sulit. Saya memiliki ketertarikan yang kuat pada fotografi. Tapi saya tidak memilih fotografi hitam putih dengan tekad yang kuat. Hanya saja saya mengambil banyak gambar hitam putih, tetapi saya juga mengambil gambar berwarna.

Jika saya harus memilih satu alasan, itu adalah karena foto hitam putih lebih tidak realistis, dan saya menyukainya.

 

Kapan Anda menyadari bahwa fotografi hitam putih lebih cocok untuk Anda daripada warna? 

Saya telah mengambil gambar terutama dalam warna hitam putih sejak hari-hari kita masih menggunakan film. Ini terutama karena alasan ekonomi. Fotografi hitam putih adalah satu-satunya pilihan bagi saya untuk mengembangkan dan mencetak gambar saya sendiri.

EOS 6D Mark II, EF24mm f/1.4L II USM, f/2, ISO 100, 1/400s, 24mm

Alasan mengapa saya lebih banyak menggunakan hitam putih sejak saat itu adalah alasan yang sama seperti yang disebutkan di atas, saya tidak ingin foto saya memiliki kesan realistis.

 

Dari mana Anda mendapatkan inspirasi?

Saya tidak mengambil gambar berdasarkan inspirasi tertentu. Saya mengambil gambar untuk mendapatkan inspirasi.

 

Foto Anda sarat dengan emosi tertentu; Apakah Anda merasa Anda dapat menyampaikan perasaan yang sama melalui gambar berwarna? 

Saya dapat menciptakan suasana yang sama melalui gambar berwarna, tetapi sulit untuk menyampaikan pesan yang sama.

EOS 6D Mark II, EF24mm f/1.4L II USM, f/1.4, ISO 100, 1/1250s, 24mm

Ini karena sebagian besar foto saya terdiri dari gambar hitam putih, yang tidak memiliki kesan realistis.

 

Jenis fotografi apa yang menurut Anda lebih bagus digambarkan dalam hitam putih daripada berwarna?

Menurut saya fotografi adalah tentang menangkap titik tengah antara kenyataan dan ketidaknyataan, dan fotografi hitam putih sangat bagus dalam menangkap yang tidak nyata.

 

Selama pengolahan pascapemotretan, pengaturan apa yang biasanya Anda sesuaikan untuk mendapatkan efek yang Anda suka?

Kebanyakan, saya hanya mengubahnya menjadi hitam putih dan menyesuaikan kurva kecerahan dan nada warna.

 

Apa yang Anda perhatikan sebelum menekan tombol rana dan mengambil foto? 

Saya mencoba untuk tidak menekan tombol rana pada waktu saya sendiri. Subjeknya (apakah itu objek atau lanskap) yang memutuskan kapan harus mengambil foto, jadi saya mencoba mendengarkan suara subjek.

EOS 6D Mark II, EF24mm f/1.4L II USM, f/1.4, ISO 6400, 1/8s, 24mm

Apakah Anda memotret dalam warna sebelum mengubahnya menjadi hitam putih, atau apakah Anda memotret dalam hitam putih langsung dari kamera?

Saya selalu memotret dalam RAW, jadi data saya berisi informasi warna. Namun, ketika saya ingin membuat gambar hitam putih, saya mulai dengan membayangkan hitam putih saat saya memotret. Dengan kata lain, saya memutuskan pada saat memotret apakah akan menggunakan hitam putih atau berwarna.

 

Kesalahan umum apa yang dilakukan fotografer baru dalam fotografi hitam putih?

EOS 6D Mark II, EF135mm f/2L USM, f/2.5, ISO 100, 1/1000s, 135mm

Kesalahan yang umum terjadi adalah mengambil foto hitam putih tanpa menyadari perbedaan antara foto hitam putih dan berwarna. Jika Anda ingin hasil akhir foto Anda dalam hitam putih, Anda harus menyadarinya sejak awal. Anda perlu memperhatikan cahaya, bayangan dan tekstur

 

EOS 6D Mark II, EF24mm f/1.4L II USM, f/1.4, ISO 100, 1/4000s, 24mm

Foto hitam putih tidak hanya untuk mengekspresikan emosi tertentu atau efek tambahan. Bagi fotografer ini, itu mengubah hubungan foto dengan kehidupan yang digambarkannya. Jika Anda berencana untuk menjelajahi dunia tanpa warna, pertimbangkan saran Noriaki tentang desaturasi bahkan sebelum Anda menekan tombol rana.

 

Untuk artikel serupa:

Menggunakan Filter untuk Fotografi Hitam Putih

Trik yang Anda Butuhkan Saat Menyertakan Refleksi dalam Foto Lanskap Anda