Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Menerapkan Filter-Filter Kreatif pada Fotografi Makanan Berseni

2020-12-04

Anda mungkin tidak terlalu memanfaatkan filter-filter kreatif untuk pekerjaan proyek-proyek fotografi anda yang dibayar, tetapi filter-filter ini bisa jadi sangat menyenangkan bila anda memiliki waktu kosong untuk bereksperimen! Kali ini kami menyoroti tiga filter-filter unik: Soft Focus, Art Bold dan efek Fisheye, untuk memperlihatkan pada anda bagaimana kami bereksperimen secara kreatif dengan meningkatkan fotografi makanan kami. Semua foto diambil dengan menggunakan Canon EOS 850D.

Soft Focus

Filter Soft Focus menambahkan efek fokus yang sedikit tidak tepat, membawakan daya tarik yang sangat indah pada foto. Untuk melengkapi estetika foto lebih jauh, kami menggunakan backdrop berwarna terang dan pengaturan pencahayaan yang bersudut tinggi untuk menyerupai bias cahaya yang menyinari subyek foto. Kami juga bereksperimen dengan makanan yang berwarna seperti biskuit gula dan cocktail bersoda dengan buah. Gelembung-gelembung air dalam cocktail bersoda berkilau di bawah cahaya, sementara efek vignette memberikan efek cahaya seperti halo.

kesalahan kami untuk bagaimana anda bisa membawa konsep ini lebih jauh adalah dengan mencoba kilauan tetes-tetes air pada makanan dan lihatlah hasilnya!

 

Art Bold

Filter yang dibuat untuk menyerupai lukisan, pastikan untuk disempurnakan dengan desain set seperti fotografi benda mati untuk merealisasikan ide-ide penataan makanan kreatif anda secara penuh. Kami merekomendasikan untuk bekerja dengan makanan yang berwarna cerah agar efek ini terlihat jelas.Bila tidak, anda juga bisa melakukan cara cepat dengan meningkatkan saturasi warna dalam pengaturan kamera Canon anda atau memanfaatkan unsur-unsur dalam warna-warna komplemen. Untuk foto ini, kami menempatkan garpu plastik dan potongan permen-permen pada kaca yang mencerminkan langit biru cerah. Hal ini memberikan sudut pandang yang menarik dengan cerminan subyek, sementara warna-warna ditingkatkan lebih jauh dengan filter dan elemen warna putih. Terlihat seperti wallpaper, kan?

Bila anda berencana untuk bereksperimen dengan filter ini, kami menyarankan makanan seperti apel merah yang lezat untuk tampilan luar yang lunak dan merah, serta kue marmer atau makanan apa saja yang mengandung gelatin (permen gummy bear, jeli warna-warni, dll.).

 

Fisheye


Hal pertama untuk dicatat dengan efek Fisheye adalah bahwa efek ini mendistorsikan subyek anda. Tanpa itu, akan sangat sulit untuk menggunakan efek Fisheye untuk membuat foto makanan terlihat cantik dan menggugah selera yang akan memikat pengamat foto untuk makan. Di lain pihak, efek Fisheye juga membengkokkan fokus pada daerah pusat dari subyek anda. Hal ini bisa berguna untuk menyoroti tempat-tempat dari makanan yang sering diabaikan.

Untuk seri ini, kami memanfaatkan metode backdrop hitam yang tidak terlihat untuk menjaga agar keseluruhan tampilan foto terlihat bersih. Kami juga memutuskan untuk memasukkan subyek yang sering ditampilkan dalam bentuk makanan yang lebih berselera dengan daya tarik yang mengejutkan. Sepihak yang digunakan adalah tanaman capsicum berbiji, labu yang sudah dipotong setengah dan buah delima yang tidak berbiji. Hasil dari foto adalah sebuah seri foto-foto yang misterius dan hampir terlihat gila yang mengasingkan identitas asli subjek dan memberikannya kepribadian yang lebih menyeramkan. Subjek-subjek lain yang bisa anda coba adalah buah ara, nangka, sirsak dan dan buah beri yang bermutasi!

 

Jangan biarkan artikel ini mendikte anda mengenai apa yang harus anda coba! Ada banyak cara untuk bermain dengan Filter Kreatif yang tersedia dan terserah anda untuk merealisasikan konsep fotografi makanan anda. Poin-poin yang ada di atas hanyalah sebagai titik awal untuk memberikan anda beberapa ide,membatasinya hanya dengan tiga filter di atas. Pergi dan cobalah!

 

Untuk artikel yang sejenis:
Mengambil Foto Makanan Dramatis dalam Gaya Chiaroscuro
3 Komposisi & Teknik Penataan untuk Fotografi Makanan
5 Car Mempercantik #Foodstagram Anda