Temukan yang Anda cari

atau cari melalui

topik

Article
Article

Article

e-Book
e-Book

e-Book

Video
Video

Video

Campaigns
Campaigns

Campaigns

Architecture
Kamera Saku

Kamera Saku

Architecture
DSLRs

DSLRs

Architecture
Videografi

Videografi

Architecture
Astrofotografi

Astrofotografi

Architecture
Tanpa Cermin

Tanpa Cermin

Architecture
Fotografi arsitektur

Fotografi arsitektur

Architecture
Teknologi Canon

Teknologi Canon

Architecture
Fotografi cahaya minimal

Fotografi cahaya minimal

Architecture
Wawancara fotografer

Wawancara fotografer

Architecture
Fotografi lanskap

Fotografi lanskap

Architecture
Fotografi makro

Fotografi makro

Architecture
Fotografi olahraga

Fotografi olahraga

Architecture
Fotografi Wisata

Fotografi Wisata

Architecture
Fotografi bawah air

Fotografi bawah air

Architecture
Konsep & Aplikasi Fotografi

Konsep & Aplikasi Fotografi

Architecture
Fotografi Jalanan

Fotografi Jalanan

Architecture
Kamera Mirrorless Full-frame

Kamera Mirrorless Full-frame

Architecture
Lensa & Aksesori

Lensa & Aksesori

Architecture
Nature & Wildlife Photography

Nature & Wildlife Photography

Architecture
Fotografi Potret Wajah

Fotografi Potret Wajah

Architecture
Fotografi Malam

Fotografi Malam

Architecture
Fotografi Hewan Piaraan

Fotografi Hewan Piaraan

Architecture
Solusi Pencetakan

Solusi Pencetakan

Architecture
Ulasan produk

Ulasan produk

Architecture
Fotografi Pernikahan

Fotografi Pernikahan

Inspirations >> Photos & People

Berburu foto dengan sudut pengambilan gambar Bird’s Eye View di Pantai-Pantai Indonesia

2018-04-18
7
2.83 k
Dalam artikel ini:

Pemburu Foto Pantai yang Indah

Saya pemburu foto pantai yang memungkinkan saya memotret dengan bird eye view. Maklumlah, saya belum punya drone, jadi masih membutuhkan pengambilan gambar dari sisi bukit atau tebing di bibir pantai untuk mendapatkan sudut pengambilan foto dari atas. Kenapa saya senang memotret dari atas? Ya karena dengan begitu, garis pantai dan bebatuan, pulau karang atau apa pun yang ada di pantai itu terlihat dengan sempurna dan yang pasti hasil foto lebih cantik, bahkan dramatis. Makanya, saya tidak terlalu tertarik jika menemukan pantai yang kata orang-orang cantik, tapi cuma berupa pasir putih panjang.

Klayar beach indonesia

EOS 60D; EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS USM; 18mm; f/13; 1/160 sec; ISO-100

Jadi, di mana saya menemukan beberapa pantai Indonesia yang indah dengan sudut pandang untuk gaya fotografi ini?

PANTAI KLAYAR DI PACITAN, JAWA TIMUR

Pantai ini adalah yang terbaik untuk saya karena pantai ini memiliki semua yang saya butuhkan. Ada banyak tempat yang bisa diambil gambarnya dan semuanya menghasilkan gambar yang bagus. Seorang praktisi yang serius harus menghabiskan setidaknya dua jam untuk memotret setiap inci dari pantai yang menakjubkan ini.

Bagaimana cara menemukan tempat terbaik di Pantai Klayar?

Pantai Klayar mempunyai garis pantai yang panjang, karena sangat panjang, sekarang sudah ada jasa penyewaan mobil ATV untuk keliling pantai. Bukit sebelah kanan maupun sebelah kiri bisa dan mudah dinaiki. Saran saya, naik bukit di sebelah kanan dulu, supaya akhirnya klimaks. Dari bukit sebelah kanan kita bisa mengambil foto garis pantai yang melengkung yang diakhiri dengan pulau karang yang menyerupai Tanah Lot di Bali dan batu yang berbentuk seperti Sphinx dapat ditemukan di ujung garis pantai. Kalau air sedang agak surut nampak ‘permadani’ hijau rumput laut yang menutupi sebagian bibir pantai.

Batu mirip Sphinx inilah yang jadi daya tarik utama Pantai Klayar. Itu terletak di ujung kiri pantai, di mana gelombang besar menghantam pantai. Banyak fotografer suka berlama-lama di titik ini.

beaches in indonesia with canon eos 60D

 8mm; f/10; 1/1250 sec; ISO-400

Para penjaga yang bertugas memperbolehkan  Anda untuk memanjat batu yang menyerupai Sphinx karena di balik itu ada ‘seruling laut’. Apa itu ‘seruling laut’? Saat itulah semburan air laut keluar dari celah kecil setinggi 10 meter dan menciptakan suara seruling. Formasi dinding tebing di situ juga jangan dilewatkan untuk diabadikan dari beragam sudut.

klayar beach indonesia

EOS 60D; EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS USM; 18mm; f/22 ; 1/125 sec; ISO-100

Setelah itu, naikilah bukit di belakang batu yang menyerupai Sphinx. Namanya Bukit Indah Lestari. Tempat ini memiliki pemandangan bird eye view yang berbeda. Dari sini garis pantai terlihat seperti bentuk hati, dengan bagian yang menjorok ke laut adalah formasi batu yang dari bawah yang terlihat menyerupai Tanah Lot, tapi dari atas malah kelihatan pipih dan melebar.

Apa yang disebutkan di atas hanya beberapa dari banyak tempat foto di Pantai Klayar. Dua jam tidak cukup waktu terutama jika Anda ingin memotret matahari terbenam.

Bagaimana cara menuju Pantai Klayar dari Jakarta?

Meskipun terletak di Jawa Timur, akan lebih mudah untuk sampai ke sana dari Solo atau Yogyakarta. Dari Solo atau Yogyakarta, perjalanan sekitar 3,5 hingga 4 jam untuk membawa Anda ke tujuan.

PANTAI ATUH DI NUSA PENIDA, BALI

Ketika Anda berada di Bali, jangan lupa untuk mengunjungi Pulau Nusa Penida. Mengapa? Pantai di pulau ini adalah yang terbaik untuk melihat pemandangan. Yang paling terkenal adalah Pantai Atuh. Seperti Pantai Klayar, pantai ini menawarkan bird’s eye view spots dan tempat-tempat menarik untuk dijelajahi. Yang unik adalah Anda tidak mulai menjelajah dari pantai lalu memanjat tebing, tetapi Anda mulai dari tebing di mana Anda dapat melihat pantai dari atas.

atuh beach bali canon beach bird's eye view

EOS 60D; EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS USM ; 44mm; f/16; 1/60 sec; ISO-100

Bagaimana cara menemukan tempat terbaik di Pantai Atuh?

Apa yang bisa Anda lihat dari tepi tebing adalah pantai yang melengkung dengan pasir putih dan laut yang jernih dengan gradasi turquoise.

Di pantai, ada batu berbentuk kerucut, dan dikelilingi oleh pohon kelapa. Di ujung pantai, ada pulau dan tanjung piramida. Saya jamin Anda tidak akan berhenti mengklik bidikan kamera Anda begitu Anda melihatnya.

Tentu saja kesenangan tidak berakhir di sini. Berjalan menuju tanjung piramid dan terus berjalan di sepanjang tebing sampai Anda melihatnya dari arah yang berbeda. Sekarang, tanjung piramida terlihat seperti dinosaurus, yang kepalanya ada di dalam air. Dari tempat ini, Anda dapat memotret Pantai Atuh dari sudut bird’s eye yang berbeda. Bisakah Anda turun ke pantai? Sayangnya, sisi pantai ini tidak dapat diakses. Namun jangan khawatir karena Anda bisa menuju ke sisi kiri pantai hanya dengan berjalan beberapa langkah. Pantai di sisi ini luas dengan pulau karang kecil di sisi depannya.

Cara menuju ke Pantai Atuh dari Jakarta

Anda harus terbang ke Denpasar, kemudian naik perahu umum dari Pantai Sanur ke Toyapakeh di Nusa Penida dan melanjutkan perjalanan Anda dengan mobil atau sepeda motor selama sekitar 1,5 jam ke lokasi. Pantai Atuh terletak di Desa Pejukutan di Banjar Pelilit.

PANTAI SIUNG DI GUNUNG KIDUL, YOGYAKARTA

Pantai Siung terletak di Dusun Duwet di Desa Purwodadi, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini dikelilingi oleh tebing yang menjulang tinggi yang cocok untuk panjat tebing. Ini adalah pantai yang harus dikunjungi jika Anda mencari tempat-tempat fotografi bird’s eye view.

bird eye beach view in indonesia

EOS 60D; EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS USM ; 18mm; f/9; 1/250 sec; ISO-100

Bagaimana cara menemukan tempat terbaik di Pantai Siung?

Yang membedakan pantai ini dari pantai lain di Gunung Kidul adalah terumbu karangnya yang tinggi, air yang jernih dan pasir putih. Sekelompok terumbu karang di sisi kiri mudah didaki. Di sinilah Anda dapat menemukan tempat-tempat bird’s eye view. Pemandangan dari atas sini luar biasa.

Di sisi kanan, Anda dapat menemukan garis pantai yang jelas dengan terumbu karang di ujung kanan. Terumbu karang di sini berbeda dari yang ada di sisi kiri. Gelombang yang menghantam karang menciptakan aliran yang sempurna untuk pemotretan kecepatan lambat. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang cara memotret gambar gelombang yang berwarna-warni dan indah di artikel ini.

Bagaimana cara menuju ke Pantai Siung dari Jakarta?

Baca artikel ini untuk mendapatkan beberapa kiat tentang fotografi udara.


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

Mengenai Penulis

Mayawati Nurhalim

Deputy Director in Chief majalah My Trip yang mencintai travelling, hiking dan diving.

www.mytrip.co.id

Berbagi foto Anda di My Canon Story & berpeluang ditampilkan pada platform media sosial kami