Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Perawatan Badan Kamera dan Lensa (Bagian I)

2020-05-19

Kamera DSLR tidaklah murah, oleh karena itu perawatannya sangat penting. Proses ini bisa memperpanjang masa hidup peralatan anda, mencegah perbaikan alat yang cukup mahal dan memastikan kualitas foto anda tidak terpengaruh. Pelajari bagaimana cara merawat badan kamera dan lensa anda dengan langkah-langkah, tips dan rekomendasi produk yang tepat di bawah ini!


EOS RP, RF 35 mm F1.8 Makro IS STM, f/7.1, 35 mm, 1/512 detik, ISO 100

Peralatan yang Dibutuhkan

Anda akan membutuhkan:

  • Tatakan untuk meletakkan kamera anda di atasnya,
  • Sikat bulu yang halus dalam ukuran yang sesuai (kami merekomendasikan untuk membelinya dari LensPen),
  • Alat peniup udara kamera genggam dan,
  • Beberapa kain lap microfiber yang bersih.

Alat-alat ini akan membantu membersihkan zat-zat berbahaya seperti kotoran, debu dan pasir dari badan kamera dan lensa anda.

 

Yang Harus Dilakukan

Langkah 1: Tatakan Kerja Kamera

EOS RP, RF 35 mm F1.8 Makro IS STM, f/7.1, 35 mm, 1/512 detik, ISO 100

Gunakan tatakan anda untuk menempatkan peralatan kamera anda di atasnya ketika membersihkan bagian-bagian yang berbeda. Tatakan ini bekerja untuk melindungi alat dari goresan yang bisa muncul. Selain itu, tatakan ini juga berguna untuk melindungi kamera dari kerusakan akibat goncangan dengan bantalannya yang lembut.

 

Langkah 2: Alat Peniup Udara Kamera (Bisa Ditukar dengan Langkah 3)

 

EOS RP, RF 28-70 mm F2 L USM f/4.0, 50 mm, 1/320 detik, ISO 800

Caranya: Alat peniup udara genggam ini sempurna untuk membersihkan zat-zat dari lensa dan kaca kamera dengan lembut. Anda seharusnya juga hanya menggunakan alat peniup untuk membersihkan zat-zat dan menghindari menyentuh langsung sensornya. Ingatlah untuk mengatur mode pembersihan sensor kamera anda menjadi ‘pembersihan manual’ dan arahkan lensa pada tatakan sebelum mengangkat lensa kamera anda dari badan kamera. Direkomendasikan juga untuk mengatur kamera dan lensanya ke arah bawah tatakan ketika membersihkan peralatan anda.

Tips: Anda juga bisa menggunakan peniup udara untuk kartu media dan slot baterai.

 

Langkah 3: Sikat Bulu Halus (Bisa Ditukar dengan Langkah 2)

 EOS RP, RF 28-70 mm F2 L USM, f/4.0, 70 mm, 1/500 detik, ISO 2500

EOS RP, RF 28-70 mm F2 L USM, f/4.0, 39 mm, 1/320 detik, ISO 800

 

Caranya: Mulai dengan menggunakan sikat bulu halus di sekitar bagian luar badan kamera dan lensa. Saat membersihkan badan lensa, pastikan untuk memperluas lensanya, menopang flash atau memperluas layar LCD untuk membersihkan seluruh permukaan alat.

EOS RP, RF 28-70 mm F2 L USM, f/2.8, 53 mm, 1/125 detik, ISO 3200

Sebagai tambahan, bila anda menggunakan Lenspen, ujung alatnya adalah tip pembersih yang mengandung karbon dan ideal untuk unsur/filter depan lensa. Alat ini bekerja dengan sangat baik dalam membersihkan noda, bercak sidik jari dan bekas air!Pakai tip pembersih pada permukaan lensa dan beri tekanan ringan serta gerakkan secara melingkar.

 

Langkah 4: Kain Microfiber

EOS RP, RF 28-70 mm F2 L USM, f/4.0, 55 mm, 1/320 detik, ISO 800

EOS RP, RF 28-70 mm F2 L USM, f/4.0, 55 mm, 1/320 detik, ISO 800

Caranya: Kain microfiber bisa digunakan untuk menghapus berbagai sisa serpihan yang ada di permukaan kamera dan kaca lensa. Mulailah dari tengah dan lalu gerakkan ke arah luar menuju pinggirnya, seka dengan halus dalam gerakan melingkar. Pastikan untuk menggunakan kain microfiber yang berbeda untuk bagian kamera yang berbeda. Sebagai contoh, satu kain microfiber bisa digunakan pada kamera dan lensa untuk menyeka serpihan, kotoran, dan lainnya.

Namun, kain microfiber pada bagian lensa dan layar LCD seharusnya hanya digunakan untuk membersihkan noda/corengan dan bukan zat atau serpihan aslinya karena kain bisa menggores bagian kamera. Bila kain microfiber sedikit kotor, lebih baik mengganti ke kain microfiber yang baru sebelum melanjutkan pembersihan.

 

Yang Tidak Boleh Dilakukan


Dengan langkah-langkah yang harus dan tidak boleh dilakukan serta cara-cara dalam merawat dan menjaga kamera anda, kami berharap agar anda bisa mempelajari kamera anda lebih dalam dan akhirnya memperpanjang masa hidupnya. Bila anda masih memiliki pertanyaan bersih-bersih lainnya, anda bisa selalu menghubungi tim layanan pelanggan kami yang akan dengan senang hati membantu anda. 

    1. Jangan gunakan produk pembersih rumah tangga biasa seperti deterjen, pemutih atau sabun anda karena zat kimia yang terkandung mungkin terlalu kuat dan bahkan bisa merusak atau mengotori kamera anda, khususnya pada bagian yang rentan seperti lensa anda!Kami menyarankan anda untuk benar-benar menghindari menggunakan segala bentuk cairan.

    2. Jangan gunakan handuk kertas, penghapus atau sembarang kain untuk membersihkan permukaan lensa kamera anda yang lembut (khususnya bagian depan lensa). Tekstur kain yang kasar dan tidak rata bisa menggores dan merusak kamera tanpa anda sadari. Lebih baik menghindari menggunakan kain untuk membersihkan kamera, bahkan ketika anda sedang terburu-buru atau berada di tengah pengambilan foto.

    3. Alat peniup udara genggam bisa digunakan tetapi jangan pernah memilih peniup udara yang terkompresi. Karena alat jenis ini melepaskan tekanan udara yang kuat, gayanya bisa merusak kamera dan bagian-bagian kamera yang rentan dengan menggeser bagian tersebut dari susunan asalnya. Alat bisa memperburuk situasi ketika bahan pembakarnya juga dilepaskan bersama udara dan menyebabkan lapisan pada bagian dalam kamera seperti sensor, kaca dan lainnya menjadi lengket dan berminyak.