Tips & Tutorials

Kamera FAQ #2: Bagaimana Memfokus Secara Akurat Dengan Manual Focus (MF)?

Serial ini semuanya tentang menjawab pertanyaan mengenai kamera yang Anda kira Anda ketahui (padahal tidak). Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan tentang metode pemfokusan manual yang digunakan oleh para profesional yang akan membantu Anda untuk secara akurat memfokuskan pada titik yang diinginkan (Dilaporkan oleh: Shirou Hagihara).

Gunakan pembesaran Live View untuk pemfokusan akurat yang melampaui batas penglihatan secara kasat mata

Tampilan Live View Normal

Saya ingin memfokuskan secara akurat pada posisi yang diinginkan. Dalam bidikan ini, fokusnya adalah bagian tengah bingkai kacamata.

Fungsi pembesaran Live View

Dengan menggunakan fungsi pembesaran Live View, Anda dapat memindahkan bingkai pembesaran ke titik fokus yang diinginkan dan menampilkan area dalam tampilan yang diperbesar. Pada EOS 5DS, gambar dapat diperbesar hingga maksimum 16 kali.

 
 

Apabila menggunakan viewfinder optik untuk MF, terdapat keterbatasan yang wajar pada ketepatan yang dapat Anda peroleh, karena Anda memfokuskannya dengan mata. Namun demikian, pada kamera DSLR, masalah ini dapat diatasi: Dengan menggunakan fungsi tampilan yang diperbesar dalam Live View atau viewfinder elektronik (EVD) untuk membesarkan gambar hingga maksimal, Anda dapat memfokuskan secara akurat tanpa mendistorsi dimensinya.

Cara menggunakan MF dan membesarkan dalam Live View

Tetapkan kamera atau lensa ke MF. Kemudian, tetapkan kamera ke Live View dan pindahkan bingkai AF ke posisi yang ingin Anda fokuskan. Sentuh ikon tampilan pembesaran di kanan bawah layar.

 
 

Dengan menyentuh ikon tampilan pembesaran, akan memperbesar tampilan sebanyak 5 atau 10 kali. Titik yang diperbesar dapat dipindahkan dengan cross key (tombol silang) atau dengan memindahkan kursor pada layar.

 
 

Putar cincin fokus lensa untuk menyesuaikan fokus.

 
 

Ambil foto setelah mengonfirmasi bahwa bidikan sudah difokuskan secara akurat.

 
 
Shirou Hagihara

Lahir pada tahun 1959 di Yamanashi. Setelah lulus dari Nihon University, Hagihara ikut dalam peluncuran majalah fotografi, “fukei shashin”, tempat ia bekerja sebagai editor dan penerbit. Tak lama kemudian, ia berhenti bekerja dan menjadi fotografer freelance. Pada saat ini, Hagihara aktif dalam fotografi dan karya tulis yang berpusat pada lanskap alam. Ia adalah anggota Society of Scientific Photography (SSP).

 
Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat semakin banyak seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

Win an EOS M100

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.