Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Produk >> All Products

Canon Mengumumkan EOS 3000D: Ideal bagi Pengguna DSLR Pertama Kali

2018-03-08

Pada tanggal 26 Februari 2018, Canon menghadirkan EOS 3000D. Seiring dengan dirilisnya EOS 1500D pada tanggal yang sama, kamera ini merintis jajaran baru kamera yang diperuntukkan bagi pengguna DSLR baru. Dilengkapi dengan pegangan sehingga Anda dapat menggenggamnya secara mantap, viewfinder optik yang dapat menangkap momen yang berlangsung sekilas, dan dial utama untuk penyesuaian cepat pada pengaturan, EOS 3000D menerapkan falsafah desain EOS klasik. Kamera ini memang merupakan model pemula yang ditujukan untuk memberikan pengalaman pemotretan DSLR autentik bagi para pengguna kamera DSLR pertama kali.

Gambar sang pahlawan, EOS 3000D

 

Semua fungsi penting yang Anda perlukan untuk menikmati kesenangan fotografi

EOS 3000D dilengkapi dengan banyak fungsi pemotretan penting yang sudah melekat pada kamera EOS. Autofocusing (AF) cepat dapat dengan mudah diperoleh dengan AF 9 titik yang memiliki titik AF tipe silang di bagian tengah. Anda dapat menangkap gambar subjek bergerak yang serba tajam, bahkan di bawah kondisi rendah cahaya dengan kisaran luas ISO speed, ISO 100 – 6400 (dapat diperluas hingga ISO 12800). Sensor CMOS ukuran APS-C 18 megapiksel dan prosesor gambar DIGIC, juga memastikan bahwa kamera ini mampu menangkap gambar dengan noise sangat sedikit, warna-warni yang direproduksi dengan baik, serta gradasi warna yang kaya.

 

EOS 3000D depan
EOS 3000D belakang
 

EOS 3000D memiliki fitur pemotretan yang berlimpah, dan para pemula pasti gembira mengetahui bahwa kamera ini juga mudah digunakan. Pengguna dapat juga membidik sambil melihat pada gambar di monitor LCD dalam mode Live View, persis seperti mereka membidiknya dengan menggunakan kamera saku atau smartphone.

 

Mudah mengakses mode preset dan berbagai fungsi pemotretan

Meskipun memiliki fitur pemotretan yang berlimpah, namun EOS 3000D tetap mudah dioperasikan, memiliki banyak mode preset dan opsi yang bisa dipilih untuk menciptakan efek yang mereka maksudkan. Apa pun yang dipotret, entah memotret wajah, lanskap alam, olahraga atau lainnya, pengguna tinggal memutar dial mode yang terletak di bagian atas kamera untuk menjangkau mode Scene (Pemandangan) yang sesuai. Selain itu, juga terdapat banyak efek Creative filter yang bisa diterapkan untuk secara drastis mengubah penampilan gambar yang ditangkap, seperti efek Toy camera (kamera Mainan) dan efek Miniature. Mode lainnya yang juga nyaman adalah, pemilihan "Shoot by ambience" (Bidik menurut suasana) yang baru, di mana pengguna bisa menciptakan gambar dengan suasana yang dimaksudkan, hanya dengan memilih pengaturan yang terbaik untuk menguraikan pemandangan tersebut.

Mode movie shooting (pembuatan film) juga mudah diakses. Pengguna tinggal memutar mode dial ke mode Movie Shooting, lalu menekan tombol movie shooting di bagian belakang bodi kamera untuk memulai (dan menghentikan) perekaman film. EOS 3000D bisa merekam video dalam Full HD 30p/25p, dan dilengkapi dengan kemampuan pembuatan film yang menyeluruh.

 

Kompatibilitas smartphone dengan Wi-Fi

EOS 3000D dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi, yang membuatnya mudah untuk berpasangan dengan smartphone, untuk meningkatkan fungsionalitasnya. Melalui aplikasi Camera Connect dari Canon, yang tersedia secara gratis untuk iOS dan Android, Anda bisa menggunakan smartphone yang berpasangan untuk melakukan pemotretan/perekaman jarak jauh, atau menelusuri serta menyimpan gambar yang disimpan pada kamera Anda. Anda juga bisa dengan mudah berbagi gambar berkualitas tinggi di media sosial melalui koneksi internet smartphone Anda.

Bidikan potret wajah
efek Toy camera
 

Dengan EOS 3000D, Anda bisa dengan mudah menghasilkan gambar serba indah dengan pengoperasian kamera yang minimal, dan bantuan preset, seperti Portrait mode. Juga terdapat banyak Creative filter yang serba menyenangkan serta efek preset yang bisa Anda coba, seperti efek Toy Camera.

 

EOS 3000D atas
 

 

EOS 3000D kanan
EOS 3000D kiri
 

Mengemaskan berbagai fitur pemotretan yang penting ke dalam bodi kecil, desain bodi EOS 3000D memiliki kebolehannya sendiri meskipun dibandingkan dengan model yang lebih canggih.

 

Didesain untuk pengalaman pemotretan DSLR klasik

Karakteristik EOS 3000D yang sesungguhnya yaitu, kamera ini menawarkan pengalaman pemotretan DSLR autentik, yang dicontohkan oleh optical viewfinder (OVF). OVF menyediakan cakupan kira-kira 95% dengan pembesaran kira-kira 0,8x, cukup besar untuk mendapatkan pemandangan subjek yang jernih meskipun melakukan pemotretan di luar ruangan. Dengan semua titik AF yang mendukung f/5.6 dan AF tipe silang dengan titik AF tengah, kamera ini mampu menangkap gambar subjek secara pasti dan tajam.

Tidaklah berlebihan jika dikatakan bahwa desain bodi EOS 3000D telah dioptimalisasikan untuk pemotretan viewfinder. Tombol rana dan main dial telah ditempatkan sedemikian rupa untuk memberikan kemudahan pengoperasian maksimal bagi pengguna, sewaktu melihat melalui viewfinder dan menggenggam pegangannya. Sejumlah tombol di belakang kamera, juga sudah dipusatkan pada sisi kanan untuk memastikan bahwa semua tombol ini bisa dengan mudah dioperasikan dengan ibu jari kanan. Mode dial ukuran besar yang terletak pada bagian atas kamera, juga membuatnya mudah dioperasikan. Semua faktor desain dan tata letak ini berfungsi untuk memastikan bahwa pengguna bisa secara nyaman dan mudah meraih dan mengoperasikan kontrol yang diperlukan tanpa harus memalingkan mata mereka dari viewfinder.

 

Dimensi dan berat

Ukuran kecil dengan dimensi 129×101,6×77.1mm, EOS 3000D kira-kira seberat 436g (termasuk baterai dan kartu memori), hampir seringan kamera mirrorless. Dengan portabilitas semacam itu, pasti bisa dibayangkan bahwa pengguna akan senang membawanya ke mana saja, dan semakin baik saja untuk menangkap peluang fotografis yang bahkan lebih banyak.

Tombol belakang EOS 3000D

Menyediakan cakupan 95% dan pembesaran 0,8x, viewfinder optik memastikan bahwa Anda bisa dengan mudah melihat subjek, bahkan ketika memotret di luar ruangan. Sejumlah tombol di bagian belakang kamera terpusat pada sisi kanan agar mudah dioperasikan, bahkan apabila Anda menggenggam pegangannya.

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!