Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Yang Baru >> All Happenings

Canon Mengumumkan EOS M50: Prosesor Gambar DIGIC 8 Baru dengan 4K Movie Shooting

Pada tanggal 26 Februari 2018, Canon mengumumkan tentang EOS M50,kamera mirrorless pertama yang dilengkapi 4K movie shooting (perekaman film 4K). Seiring dengan prosesor gambar DIGIC 8 yang baru, electronic viewfinder (EVF) dan monitor Vari-angle, kamera ini menjanjikan perbaikan yang luar biasa dalam performa pemotretan/perekaman. (Dilaporkan oleh: Makoto Suzuki (Digital Camera Watch))

Gambar atas EOS M50

 

Prosesor gambar DIGIC 8 Baru, meningkatkan performa pemotretan/perekaman

Kamera mirrorless termutakhir dari Canon, EOS M50, adalah yang pertama dalam jajaran EOS M yang dilengkapi prosesor gambar DIGIC 8 baru, yang telah menghasilkan sejumlah peningkatan pada performa dan fungsionalitas pemotretan/perekaman yang penting. Contohnya, kamera ini bisa mendukung kecepatan ISO hingga setinggi ISO 25600 (dapat diperluas hingga 51200), pemotretan beruntun yang lebih cepat hingga 10 fps (One Shot AF) dan perekaman film 4K. Kamera ini juga merupakan kamera EOS seri M pertama yang mampu melakukan perekaman film 4K. Perbaikan pun sudah dilakukan pada sistem stabilisasi gambar dan sistem Dual Pixel CMOS AF yang melaksanakan AF pendeteksian perbedaan fase berkecepatan tinggi dan presisi tinggi.

EOS M50 (Putih)

Putih

EOS M50 (Hitam)

Hitam

 

 

Perekaman film 4K

EOS M50 menggunakan sensor CMOS ukuran APS-C dengan 24,1 megapiksel efektif. Di samping perekaman film 4K pada 24p/25p, pengguna juga merekam film jeda waktu 4K, serta menggunakan fitur 4K Frame Grab untuk mencuplik bingkai dari film 4K dan menyimpannya sebagai still image (gambar diam). (Piksel di bagian tengah sensor digunakan untuk semua fungsi film 4K.) Perekaman high frame-rate (laju bingkai tinggi) dalam Full HD 120p/100p juga dapat dilakukan.

 

EOS M50 putih, tampak depan
EOS M50 putih, tampak belakang
 
 
EOS M50 hitam, tampak belakang, layar Vari-angle dibalik keluar
 
 
EOS M50 hitam, tampak depan, lampu kilat pop-up
 
 
EOS M50 putih, profil kanan
EOS M50 putih, profil kiri
 

Monitor LCD Vari-angle, kontrol kanan agar lebih mudah dioperasikan dengan satu tangan 

Dari segi penampilan dan ukuran, EOS M50 mirip dengan EOS M5. Namun demikian, ada tiga faktor signifikan yang membedakannya dari EOS M5. Pertama, kamera ini tersedia dalam dua opsi warna bodi, hitam dan putih*. Kedua, kamera ini memiliki monitor LCD Vari-angle, yang tidak hanya memungkinkan penggunanya untuk mengambil potret diri, tetapi juga lebih mudah untuk melakukan bidikan sudut rendah dan sudut tinggi, bahkan ketika memegang kamera pada arah vertikal. Ketiga, tombol dan dial, semuanya terpusat di sisi kanan, sehingga lebih mudah untuk mengoperasikannya, bahkan hanya dengan satu tangan sambil melihat melalui EVF.
*Ketersediaan warna bervariasi menurut negara.

 

EOS M50 tampak atas, mode dial

Pada EOS M50, mode dial berada di sisi kanan.

 

Performa stabilisasi gambar sudah lebih baik

EOS M50 layak membanggakan shutter speed stop (penghentian kecepatan bukaan diafragma) 0,5 yang sudah menjalani perbaikan dalam performa stabilisasi gambar dibandingkan dengan kamera EOS seri M yang sudah ada. Apabila dipasangi lensa yang didukung, kamera menggunakan informasi dari sensor CMOS sebagai tambahan sensor gyro untuk mendeteksi level goyangan, sehingga meningkatkan keefektifan stabilisasi gambar.

 

EOS M50 belakang

EOS M50 dilengkapi monitor LCD layar sentuh 3,0 inci, 1,04 juta titik dan EVF 0,39 dengan kira-kira 2,36 juta titik.

 

Performa AF dan pelacakan sudah lebih baik

Prosesor gambar DIGIC 8 yang baru, telah pula berkontribusi pada peningkatan sistem Dual Pixel CMOS AF. Sekarang, sistem bisa menampilkan lebih banyak titik AF (99 titik; hingga 143 titik dengan lensa yang didukung), dan mencakup area AF yang lebih besar (kira-kira 88% horizontal kali 100% vertikal layar) apabila dipasangi lensa yang kompatibel. Hal ini turut berperan dalam perbaikan kemampuan AF dan performa pelacakan.
EOS M50 menggunakan informasi kedalaman antara subjek dan latar belakang. Hal ini memperbaiki performa pelacakan, khususnya apabila terdapat subjek serupa, atau bilamana warna subjek mirip dengan latar belakang.

 

Prosesor gambar DIGIC 8

Fotografi potret wajah akan mendapatkan manfaat dari peningkatan pada fitur AF, AE dan pelacakan
Dalam mode 1-point AF, apabila ukuran bingkai AF ditetapkan ke “Small” (Kecil), Continuous AF (AF Beruntun) sekarang didukung. Hal ini khususnya berguna untuk fotografi potret wajah, karena membantu memastikan fokus yang tepat, bahkan jika subjeknya bergerak.

Fitur baru, Eye Detection AF (AF Pendeteksian Mata), juga telah disertakan. Fitur ini memungkinkan pendeteksian dan pemfokusan pada mata seseorang (khususnya mata yang lebih dekat ke kamera), yang khususnya akan berguna untuk fotografi potret wajah. 

Peningkatan lainnya yang akan bermanfaat untuk fotografi potret wajah termasuk perbaikan pada sejumlah fungsi AE dan Auto Lighting Optimizer yang memungkinkan toning kecerahan yang lebih baik pada wajah seseorang, bahkan dalam kondisi cahaya redup, serta mengurangi kelebihan pencahayaan pada wajah yang terdeteksi oleh fitur Face Detection (Pendeteksian Wajah).

 

Continuous shooting (Pemotretan beruntun), Touch AF (AF Sentuh)
Pemotretan beruntun dimungkinkan hingga 10 frames per second (fps) (AF lock), dan hingga 7,4 fps dengan pelacakan AF. Kamera ini dilengkapi dengan fitur Touch & Drag AF (AF Sentuh & Seret), yang memungkinkan pengguna memilih dan menyesuaikan titik AF aktif dengan mengoperasikan monitor layar sentuh belakang, bahkan sewaktu melihat melalui EVF.

 

Dimensi dan berat
EOS M50 memiliki dimensi eksternal kira-kira 116,3 × 88,1 × 58,7mm. Dari segi berat, versi putih memiliki berat kira-kira 387g, dan versi hitam kira-kira 390g (kedua ukuran ini termasuk baterai dan kartu memori).

 

Format CR3 RAW Baru: Resolusi gambar sama, ukuran file lebih kecil

Prosesor gambar DIGIC 8 baru, juga memungkinkan adopsi format RAW baru, CR3 RAW, pada EOS M50. Pada model kamera terdahulu, pengguna yang ingin merekam file RAW dengan ukuran file yang lebih kecil, harus menggunakan format M-RAW atau S-RAW, yang resolusi gambarnya lebih rendah daripada gambar RAW yang biasa. Namun demikian, format CR3 baru, mendukung penggunaan C-RAW (Compact RAW), yang mempertahankan resolusi gambar, bahkan dengan ukuran file yang lebih kecil.

 

Transfer gambar secara otomatis ke smartphone atau komputer

Selain mendukung konektivitas Wi-Fi/NFC/Bluetooth, EOS M50 juga dilengkapi dengan fungsi baru yang memungkinkan transfer gambar secara otomatis ke smartphone, bahkan saat Anda membidik. Anda bisa secara otomatis mengirimkan gambar ke komputer jika menginstal program Image Transfer Utility 2 pada komputer dan mempasangkannya dengan kamera Anda. Program bisa ditetapkan ke 'hanya transfer gambar yang belum ditransfer'. Backup otomatis ke layanan penyimpanan cloud dari komputer, juga dapat dilakukan.

Image Transfer Utility 2

 

Aksesori

Jaket bodi (Body Jacket EH32-CJ), tersedia dalam dua warna: Light Brown dan Beige, serta tali leher (Neckstrap EM-E2), tersedia dalam warna Light Brown, dapat dibeli secara terpisah. (Ketersediaan bergantung pada negara)

 

EOS M50 dengan Body Jacket EH32-CJ (Light Brown)

Dengan Body Jacket EH32-CJ warna Light Brown.

 

EOS M50 dengan Body Jacket EH32-CJ (Beige)

Dengan Body Jacket EH32-CJ warna Beige.

 

EOS M50 dengan Neck Strap EM-E2 (Light Brown)

Dengan Neckstrap EM-E2 warna Light Brown.

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!