Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Mengabadikan semangat Festival Kue Bulan

Festival pertengahan musim gugur paling sempurna untuk pertemuan di bawah terang bulan dan lentera yang terang. Tetapi diperlukan kemahiran agar benar-benar bisa mengabadikan esensi dari festival ini, yang dirayakan pada hari ke-15 pada bulan kedelapan dalam kalender Imlek.

EOS 5D Mark III, EF85mm f/1.2L II USM lens, f/1.2, 85mm, 1/8000sec, ISO1000
Deretan lentera yang dijual di Chinatown.

Di tengah warna-warni perayaan keluarga, kue bulan yang lezat, prosesi lentera dan bazar malam, inilah salah satu festival di Singapura yang sangat dicintai dan memberikan kesempatan untuk menghasilkan foto yang serius jika Anda tahu apa yang Anda lakukan. Inilah beberapa kiat fotografi makanan dan jalanan saat pertengahan musim gugur untuk Anda terapkan.

Kue Bulan

Karena detail yang halus pada kue bulan, sebaiknya Anda menggunakan lensa EF100mm f/2.8L Macro USM untuk foto bokeh yang bagus; menciptakan kualitas visual yang baik dari area di luar fokus untuk menonjolkan detail dari setiap kue bulan. Arahkan sedekat mungkin untuk mengabadikan desain yang halus dan benar-benar menunjukkan tekstur kue bulan, Anda bisa menggunakan fokus secara bergantian, mengingat jumlah detailnya yang cukup banyak. Bagaimanapun, itulah bintang dari festival ini!

EOS 5D Mark III, EF100mm f/2.8L Macro USM lens, f/2.8, 100mm, 1/1250sec, ISO3200
Festival pertengahan musim gugur tidaklah lengkap tanpa kue bulan. Ubah fokus Anda ke berbagai bagian dari penganan manis ini untuk perhatian pada gambar.

Di Jalan

Saat malam tiba dan lentera mulai dinyalakan, Anda akan langsung menemukan bahwa yang harus Anda perhatikan adalah cahaya bulan dan lampu kilat ponsel Anda. Anda akan membutuhkan lensa EF50mm f/1.2L USM untuk diafragma yang lebih lebar, untuk mengumpulkan lebih banyak cahaya pada saat senja. Perhatikan bahwa kedalaman ruangnya dangkal, jadi hati-hati, kalau tidak, maka foto yang Anda hasilkan akan kehilangan fokus.

EOS 5D Mark III, EF50mm f/1.2L USM lens, f/2.2, 50mm, 1/100sec, ISO10000
Seorang bocah membawa lentera naga di jalanan

Jika menambahkan elemen manusia terkesan terlalu diharapkan, maka sebaliknya cobalah berfokus pada elemen-elemen yang melambangkan festival - dalam hal ini, lentera. Cobalah memotret dari sudut yang berbeda untuk mengubah komposisi Anda, dan gunakan lampu pada latar belakang untuk menciptakan foto bokeh yang indah.

EOS 5D Mark III, EF85mm f/1.2L II USM lens, f/2, 85mm, 1/6400sec, ISO3200
Berbagai lentera dijual di Chinatown dengan latar belakang bokeh yang indah.

Pemotretan Candid

Karena sifat dari festival pertengahan musim gugur, foto-foto terbaik yang bisa Anda hasilkan adalah foto-foto candid. Alih-alih mengumpulkan semua orang dalam satu foto, bingkailah apa yang terjadi di sekitar Anda seakan-akan Anda berada di sana hanya untuk melihat pemandangan. Bidiklah arah pinggul ke atas ketika memotret sekelompok orang, atau berjongkoklah untuk mengabadikan momen yang lebih intim tentang apa yang terjadi di sekitar Anda. Pastikan untuk mengurangi kecepatan rana dan naikkan ISO agar lebih sensitif terhadap sedikit cahaya di lingkungan Anda.

EOS 5D Mark III, EF50mm f/1.2L USM lens, f/1.4, 50mm, 1/60sec, ISO5000
Sebuah keluarga merayakan festival pertengahan musim gugur dengan lentera kertas tradisional.

Kiat Singkat:

  • Gunakan lensa makro saat memotret kue bulan untuk menangkap semua detail yang rumit
  • Gunakan lensa dengan diafragma yang lebih lebar, tapi perhatikan fokus Anda
  • Gunakan lampu latar belakang untuk menggabungkan bokeh
  • Lakukan pemotretan secara spontan untuk menghasilkan foto candid dari perspektif yang berbeda-beda

 

Daftar dan dapatkan update terbaru tentang berita, kiat dan trik fotografi!

 

Profil Fotografer

Jana Yar

Jana adalah pendiri dan pemilik Ensof Photography, sebuah perusahaan yang khusus menyediakan layanan fotografi profesional untuk perusahaan, acara dan makanan di Singapura. Hasil karyanya telah diperlihatkan di sejumlah pameran di Asia dan Eropa, dan menempati Posisi ke-2 dalam pemungutan suara publik di KL Photo Awards Malaysia; Posisi ke-1 di Off Festival Slovakia; Posisi ke-2 Place Julia Margaret Cameron Prize bagi Fotografer Wanita dalam kontes WPGA(UK) Tahunan; dan Finalis Fotografi Renaissance.