Produk

Ulasan EOS 80D Lens Pairing: EF-S10-18mm f/4.5-5.6 IS STM

Lensa yang dapat dipertukarkan ini memungkinkan Anda untuk meluaskan kisaran ekspresi fotografis DSLR. Dalam serial ini, saya akan mengulas lensa EF-S Canon dengan menggunakan model kisaran menengah yang populer, yaitu EOS 80D. Bintang artikel ini adalah lensa zoom ultra wide angle ringkas yang dilengkapi dengan image stabilizer (penstabil gambar) dan sudut pandang terbesar dalam seri EF-S, yaitu EF-S10-18mm f/4.5-5.6 IS STM. (Dilaporkan oleh: Ryosuke Takahashi)

 


Manfaat Utama

- Berguna untuk kecepatan rana lambat: Dilengkapi dengan image stabiliser
- yang dahsyat - Desainnya ringkas dan ringan—ideal untuk digunakan dengan EOS 80D


 

10mm

EOS 80D/ EF-S10-18mm f/4.5-5.6 IS STM/ FL:  10mm (setara 16mm)/Aperture-Priority AE (f/4.5, 1/40det, EV+0,3)/ISO 200/ WB: Daylight
Dengan jarak yang begitu dekat ke subjek, saya tidak hanya mampu mengambil perbesaran tampilan bunga mawar indah yang bermekaran, tapi juga bisa menciptakan gambar toko bunga yang memukau, dengan cara menangkap aneka warna cemerlang toko bunga secara kasual, dan tampak orang yang sedang melintas. Subjek utama menjadi semakin jelas apabila aperture ditetapkan ke maksimum. (Foto oleh: Yurika Kadoi)

 

10mm

EOS 80D/ EF-S10-18mm f/4.5-5.6 IS STM/ FL: 10mm (setara 16mm)/Manual Exposure (f/8, 1/200 det)/ISO 200/WB: Daylight
Sudut pandang lebar memang bagus sekali apabila Anda ingin menyatukan beberapa elemen. Dengan memanfaatkan efek distorsi perspektif, yang memang unik untuk lensa ultra wide angle, pada bangunan yang menjulang lurus ke atas dan garis lekukannya, saya dapat menciptakan gambar bangunan yang tampak mirip seperti kain perca. (Foto oleh: Yurika Kadoi)

 

Efek distorsi perspektif yang kuat dituangkan secara berlimpah oleh tampilan sudut lebar.

Lensa zoom ultra wide angle adalah lensa yang sempurna untuk dipasangkan ke EOS 80D, karena lensa ini mampu menangkap kisaran yang selebar mungkin. Dengan lensa ini, Anda bisa memperoleh sudut tampilan 16 - 29mm pada kesetaraan film 35mm, sehingga Anda dapat menikmati pengambilan gambar pada kisaran sudut lebar yang sesungguhnya. Walaupun sudut pandang pada ujung sudut lebar adalah sama seperti pada EF-S10-22mm f/3.5-4.5 USM, namun, desainnya yang ringan dicapai dengan membuat elemen lensa depan lebih ringkas dan memperpendek ujung telefoto. Lebih jauh lagi, memperlengkapi lensa ini dengan image stabilizer hingga 4-stop koreksi dalam kecepatan rana, sekarang lebih mudah untuk membidik dalam Live View, yang biasanya postur cenderung tidak stabil dibandingkan pemotretan viewfinder.

Sejumlah teknologi optik terkini telah pula disatukan ke dalam desain lensa. Dengan mengurangi jarak pemotretan minimum hingga 22cm, performa pemotretan makro lebar mengungguli EF-S10-22mm f/3.5-4.5 USM (jarak pemotretan minimum 24cm). Pemfokusan, dapat juga dilakukan secara mulus untuk gambar diam maupun video berkat penggunaan STM tipe lead-screw (poros antar) pada penggerak lensa fokus bagian dalam.

Karakteristik optik terlihat pada desain ringkas yang dicapai dalam elemen lensa asferis. Dengan menempatkan elemen lensa asferis berikut lengkungan yang tinggi sebagai lensa kedua yang secara terampil mengontrol langsung cahaya yang masuk serta elemen lensa asferis sebagai lensa ke-14, aberasi distorsi yang tidak dapat sepenuhnya dikoreksi dengan lensa normal, kini dapat dikoreksi sebagaimana kesesuaiannya. Walaupun aberasi distorsi cenderung lebih menonjol apabila memotret pada sudut lebar, karena data koreksi aberasi lensa tercatat dalam EOS 80D, Anda tetap masih bisa menikmati sudut pandang yang cukup lebar jika mengaktifkan fungsi koreksi aberasi distorsi untuk mengoreksi distorsi garis lurus.

 

Saran: Tingkatkan waktu tinjauan gambar, dan pastikan bahwa aberasi distorsi sudah dikoreksi

Setelah aberasi distorsi dikoreksi, sudut pandang yang tertangkap cenderung menjadi agak lebih sempit daripada yang dilihat dalam viewfinder. Akibatnya, Anda dapat meningkatkan waktu tinjauan gambar yang ditampilkan segera setelah gambar itu diambil agar dapat sepenuhnya mengecek, apakah maksud fotografis Anda telah terpengaruh. Jika ingin mengecek melalui seluruh layar, pilih salah satu, “8 sec” (8 detik) atau “Hold” (Tahan) untuk waktu tinjauan Gambar guna memastikan bahwa Anda memiliki cukup waktu untuk melakukannya.

Waktu tinjauan gambar dapat ditetapkan dari “Image review” (Tinjauan gambar) dalam Shooting Menu (Menu Pemotretan) 1.

 


EF-S10-18mm f/4.5-5.6 IS STM
(setara 16 - 29mm apabila dipasang dengan EOS 80D)

 

Konfigurasi Lensa: 11 kelompok 14 elemen
Jarak pemotretan minimum: 0,22m
Faktor pemotretan maksimum: 0,15X
Rasio filter: φ67mm
Diameter x panjang maksimum: Kira-kira φ74,6×72mm
Bobot: Kira-kira 240g

 

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 

Diagram konfigurasi lensa

A: Elemen lensa asferis
B: Elemen lensa UD
C: Unit penstabilan gambar

 


Tudung lensa:  EW-73C (dijual terpisah)

 


 

 

Ryosuke Takahashi

Lahir di Aichi tahun 1960, Takahashi memulai karier freelance pada tahun 1987 setelah bekerja pada studio foto iklan dan penerbit. Melakukan pemotretan untuk majalah besar, ia telah bepergian ke banyak penjuru dunia dari tempat kedudukannya di Jepang dan Tiongkok. Takahashi adalah anggota Japan Professional Photographers Society (JPS).

 

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

Win an EOS M100

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.