Produk

Teknik Foto EOS M3  - Lanskap -

Apabila menggunakan EOS M3 di luar ruangan, cahaya benderang matahari dapat mempengaruhi visibilitas tampilan monitor LCD belakang. Menggunakan EVF eksternal dapat membantu mengatasi masalah ini. Selain itu, sejumlah fungsi, seperti dial exposure compensation (kompensasi pencahayaan) bekerja seperti yang ada pada DSLR, sehingga Anda dapat menikmati fotografi lanskap yang sesungguhnya. Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan cara menangkap pemandangan alam yang indah, dengan menggunakan sebagian fungsi profesional yang dimiliki EOS M3. (Dilaporkan oleh: GOTO AKI)

Halaman: 1 2

Menangkap pemandangan padang bunga yang sangat luas dengan keseimbangan yang baik

Tampilkan kisi-kisi (grid) dan ciptakan komposisi berdasarkan Aturan Segitiga (Rule of Thirds)

Apabila Anda melihat padang bunga kuning mekar yang merekah terhampar di hadapan Anda, Anda mungkin bingung cara menangkap pemandangan seperti ini. Dalam hal ini, hal pertama yang bisa Anda lakukan yaitu, memilih bunga dengan kelopak yang bentuknya indah di antara bunga-bunga yang tinggi. Jadikan bunga itu sebagai subjek utama, dan posisikan kamera sedemikian rupa sehingga cahaya matahari tampak bersinar pada sudut miring. Tetapkan kisi-kisi (grid) dalam pengaturan tampilan ke [Grid 1], dan tekan tombol [INFO.] untuk menampilkan kisi-kisi di monitor LCD belakang.

EOS M3/ EF-M22mm f/2.0 STM/22mm (setara 35mm)/ Aperture-priority AE mode (f/2, 1/4,000 det, EV+0.3)/ ISO 200/WB: Sunlight/ Picture Style: Landscape (Lanskap)

Pada bidikan di atas, subjek utamanya ditempatkan pada titik persimpangan kisi-kisi untuk memperoleh keseimbangan gambar yang baik berdasarkan Rule of Thirds. Nilai aperture ditetapkan ke maksimum f/2, dan jarak fokus dijaga pada 15cm minimum, agar dapat menghasilkan ekspresi lembut dengan efek bokeh besar.


[Prosedur pemotretan saya]

  1. Temukan bunga yang tinggi pada hamparan bunga.
  2. Pasangkan lensa dengan aperture besar pada kamera
  3. Tampilkan kisi-kisi 3×3, dan gunakan ini untuk memposisikan mekaran bunga yang merekah sebagaimana kesesuaiannya.
  4. Dekati subjeknya, lalu bidik pada jarak fokus lensa terdekat.

Cara menampilkan kisi-kisi

Di bawah [Shooting information display] pada Shooting Tab 1 layar menu, tetapkan [Grid] ke [Grid 1]. Tekan tombol [INFO.] untuk menampilkan kisi-kisi (grid).

Posisikan subjek utama pada titik persimpangan kisi-kisi 3×3

Anda dapat membuat foto terlihat lebih stabil dengan memposisikan bunga mekar yang merekah pada titik persimpangan kisi-kisi 3×3.

Posisi subjek akan terlihat buram jika Anda tidak menggunakan kisi-kisi

Jika Anda memotret tanpa kisi-kisi, subjek utama mungkin tertangkap pada posisi yang tidak lazim, sehingga mengganggu keseimbangan foto.

Lensa yang digunakan
EF-M22mm f/2.0 STM

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

Tekan blowout putih dan black crush untuk menonjolkan rinciannya

Tetapkan Auto Lighting Optimizer ke [Strong]

Akibat formasi geologis yang membentuk sebuah terowongan, kecerahannya akan sangat berbeda di dalam gua. Oleh karenanya, saya menggunakan pengaturan Auto Lighting Optimizer (Pengoptimal Pencahayaan Otomatis) di sini, karena bidikan langsung akan menghasilkan blowout dan black crush. Semuanya ada empat pengaturan Auto Lighting Optimizer (Pengoptimal Pencahayaan Otomatis): [Strong], [Standard], [Low] dan [Disable]. Jika Anda menetapkannya ke [Strong], gradasi warna pemandangan akan merupakan penggambaran yang alami. Karena perubahan cahaya yang tajam terjadi di sekian banyak pemandangan selama pemotretan lanskap, Anda pada umumnya dapat menetapkan pengoptimal ke [Standard], kemudian memilih tingkat menurut kondisi pencahayaan. Fungsi ini yang secara otomatis mengoreksi kecerahan dan kontras, sangat nyaman.

EOS M3/ EF-M11-22mm f/4-5.6 IS STM/11mm (setara 18mm)/ Aperture-priority AE mode (f/16, 1/10 sec, EV -1.7)/ISO 400 / WB: Sunlight/ Picture Style: Landscape (Lanskap)

Ketika saya masuk ke dalam gua, saya mengkhawatirkan tentang kontras antara cahaya yang menyilaukan dan terowongan. Gradasi warna gua dan permukaan air diekspresikan seperti aslinya dengan menggunakan Auto Lighting Optimizer untuk mengoreksi kecerahan, kontras, sehingga menciptakan penyajian yang alami.


[Prosedur pemotretan saya]

  1. Mengamati cahaya dalam gua dan menentukan, apakah kontrasnya kuat.
  2. Membidik dengan Auto Lighting Optimizer yang ditetapkan ke [Disable]
  3. Mengubah pengaturan ke [Strong], karena permukaan air laut tampak menggelembung.
  4. Periksa, apakah kontras sudah dilembutkan pada gambar yang diregenerasi.

Cara menetapkan Auto Lighting Optimizer

Tekan tombol [Quick Setting menu]/Set dan pilih salah satu, [Strong], [Standard], [Low] atau [Disable] untuk Auto Lighting Optimizer yang sesuai dengan pemandangan pemotretan.

Penggelembungan (Blowout) terjadi jika Auto Lighting Optimizer ditetapkan ke [Disable]

Strong

Disable

Jika pemandangan dibidik dengan Auto Lighting Optimizer yang ditetapkan ke [Disable], gradasi warna permukaan air dalam terowongan akan menggelembung. Hal ini akan direfleksikan jika pengaturan [Strong] yang digunakan.

Lensa yang digunakan
EF-M11-22mm f/4-5.6 IS STM

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

EOS M3 Kit II (EF-M18-55 IS STM & EF-M55-200 IS STM)

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

GOTO AKI

Lahir pada tahun 1972 di Prefektur Kanagawa dan lulus dari Sophia University serta Tokyo College of Photography. Goto menerbitkan koleksi karya foto yang berjudul “Land Escapes,” dan juga terlibat secara aktif dalam pembuatan karya seperti “Water Silence,” suatu instalasi yang menggabungkan foto dengan video.

http://gotoaki.com

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat semakin banyak seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

Win an EOS M100

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.