Produk

EOS M6: Kamera Mirrorless Fungsi Tinggi dengan Desain Klasik

Canon telah merilis kamera mirrorless EOS M6, yang mendapat perhatian karena desainnya yang klasik dan bergaya, sehingga memungkinkan Anda menikmati fotografi sepenuhnya. Dalam artikel ini, kita akan mencermati fitur utama eksterior klasik kamera ini. (Dilaporkan oleh: Sayaka Suzuki)

 

1. Desain

Tersedia dalam warna hitam dan perak, bodi EOS M6 memiliki gaya vintage-style, dengan struktur yang solid dan garis-garis keren yang memancarkan kesan maskulin, serta pesona klasik dan lengkungan yang mulus, membangkitkan kelembutan dan kesan feminin, yang menunjukkan pesona yang unik.

Selain itu, ekteriornya saja memiliki keceriaan, misalnya dial bertumpuk, bodi seringan 343g, serta monitor LCD tipe miring. Kamera ini juga dilengkapi dengan flash sembul, yang memungkinkan pengambilan foto dengan kisaran yang bahkan lebih luas.

EOS M6

 

EOS M6 dilihat dari sudut yang berbeda-beda
EOS M6 dilihat dari sudut yang berbeda-beda
 

 

EOS M6 dilihat dari sudut yang berbeda-beda
EOS M6 dilihat dari sudut yang berbeda-beda
 

 

EOS M6 dilihat dari sudut yang berbeda-beda
EOS M6 dilihat dari sudut yang berbeda-beda
 

 

2. Tombol

Dial kamera yang terletak di bagian kanan atas bodi yaitu, Mode Dial, Main Dial, Exposure Compensation Dial, dengan Quick Control Dial berada di bawahnya. Tombol disusun dengan mempertimbangkan kegunaannya, jadi Anda bisa melakukan penyesuaian pengaturan tanpa harus memindahkan jemari Anda terlalu jauh. Selain itu, walaupun merupakan detail yang halus, tombol daya tipe tuas ini memudahkan untuk menyalakan dan mematikan kamera.

Panel atas EOS M6, panel kontrol belakang EOS M6

Karena saya sering memotret secara manual, keringkasan komponen operasi, sangat menarik perhatian saya. Terlihat seakan-akan, setelah Anda menguasainya, Anda akan dapat secara cepat mengoperasikan kamera ini dan akan senang memotret.

Walaupun bodi kamera ringkas, namun kamera ini memiliki monitor LCD besar, sedangkan pengaturan tombol pada sisi belakang, sama seperti pada EOS M5. Namun demikian, saya mendapat kesan, bahwa tombolnya agak lebih kecil pada EOS M6.

 

3. Viewfinder eksternal

Viewfinder eksternal, yang sudah lebih baik, EVF-DC2 yang 29g lebih ringan daripada pendahulunya, juga tersedia (dijual terpisah). Para penggemar yang menyukai ukuran ringkas kamera mirrorless, tetapi juga ingin membidik dengan menggunakan viewfinder, akan menyambut penambahan ini untuk perlengkapan fotografis mereka.

EOS M6 dengan EVF eksternal (close-up)

Dengan panel OLED kira-kira 2,36 juta titik, Anda bisa langsung melihat detail subjek Anda yang halus. Khususnya di lingkungan dengan penerangan yang benderang, akan sulit melihat layar apabila Anda memotret hanya menggunakan monitor LCD, sehingga item ini hadir tepat waktu untuk menyingkirkan masalah tersebut.

EOS M6 dengan EVF eksternal

 

4. Monitor LCD

Monitor LCD tipe 3,0 inci dengan layar tipe miring 1,04 juta dot. Kamera ini mendukung variasi sikap tubuh saat memotret, dengan kisaran pergerakan 180 derajat pada arah ke atas dan 45 derajat pada arah ke bawah. Berkat bodinya yang ringan, Anda bisa menikmati pemotretan selfie dengan satu tangan.

EOS M6 dengan layar yang dimiringkan

 

5. Media memori dan baterai

Paket baterai yang digunakan pada EOS M6 yaitu LP-E17, yang memungkinkan pengambilan bidikan sebanyak 295 kali. Kamera ini juga mendukung kartu memori SDXC/SDHC/SD, yang kompatibel dengan UHS-I.

Slot kartu memori EOS M6

Walaupun saya sudah menangani semua kamera EOS seri M sampai saat ini, namun EOS M6 sungguh menonjol dibandingkan mode pendahulunya, berkat komponennya yang canggih dan mengesankan. Dengan kehadiran EOS M6, saya yakin, bahwa saya bukan satu-satunya yang bisa merasakan bahwa kamera mirrorless Canon telah mengalami kemajuan yang lebih jauh lagi.

 

Baca juga yang berikut ini:
 5 Fitur Utama EOS M6

Untuk artikel lainnya mengenai EOS M6, masuk ke:
Dalam Fokus: EOS M6

 

Digital Camera Watch

Menyampaikan berita harian yang terkait topik,misalnya tentang kamera digital dan perangkat periferal, serta perangkat lunak imaging. Juga menerbitkan berbagai artikel, seperti ulasan tentang penggunaan model kamera digital yang sesungguhnya, dan sampel foto yang diambil dengan menggunakan model baru.

http://dc.watch.impress.co.jp/

Sayaka Suzuki

Setelah lulus dari Fakultas Desain di Tokyo University of Art and Design, Suzuki mulai bekerja di perusahaan pembuatan video. Ia juga magang di bawah arahan produser Tan Hakata Setelah belajar mengenai pembuatan video dan editing, ia magang ke fotografer Shin Yamagishi, kemudian mulai bekerja mandiri pada bulan Februari 2012. Saat ini, selain majalah-foto, ia telah mengembangkan cakupan aktivitasnya terutama meliputi sampul CD, foto iklan, dan fotografi video, dan sebagainya.

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

Win an EOS M100

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.