Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Produk >> All Products

EOS M6 Mark II: Membuat Setiap Momen Sekilas Menceritakan Suatu Kisah Secara Nyata

Pada tanggal 28 Agustus 2019, Canon mengumumkan kamera mirrorless baru, EOS M6 Mark II, sebagai penerus dari EOS M6. Ringan dan ringkas, dengan sensor CMOS format APS-C yang layak membanggakan 32,5 megapiksel efektif yang dimilikinya, kamera ini juga diperlengkapi dengan sensor gambar DIGIC 8 terbaru dan perbaikan besar-besaran pada sejumlah spesifikasi, seperti kecepatan pemotretan beruntun, kecepatan ISO, dan kemampuan AF, membantu Anda menangkap momen sekilas berikut detailnya yang serba-indah.

 

Kamera mirrorless yang cepat, dapat dibawa-bawa sehingga Anda tidak akan meluputkan peluang pemotretan


EOS M6 Mark II (hitam, perak)

Pada lirikan pertama, EOS M6 Mark II tidak terlihat sangat berbeda dari penerusnya, selain polesan bodi yang membuatnya tampak sedikit lebih mewah. Tersedia dalam warna hitam dan perak, serta desainnya yang terlihat dan terkesan antik, mungkin akan menggembirakan para pencinta kamera.

Selain mampu menghasilkan resolusi gambar 32,5 megapiksel efektif yang tinggi, EOS M6 Mark II juga memiliki kapabilitas:  

- Kecepatan rana maksimum setinggi 1/16.000 detik
- Pemotretan beruntun hingga 30 frames per second (fps) dengan pelacakan AF  

Semua ini dikemas ke dalam bodi yang ringkas dan ringan sehingga praktis untuk dibawa ke mana pun Anda pergi, siap untuk menangkap peluang pemotretan setiap hari.

Di bawah ini, kita akan mencermati lebih dekat sebagian fitur penting kamera.

 

Sensor CMOS 32,5 megapiksel baru, resolusi gambar yang lebih tinggi daripada yang terdahulu

Resolusi 32,5 megapiksel efektif EOS M6 Mark II, 30% lebih tinggi daripada resolusi tertinggi saat ini dari Canon pada kamera EOS format APS-C. Ini lebih dari cukup untuk pencetakan A3.

Jumlah piksel yang tinggi didukung oleh prosesor gambar DIGIC 8 yang dahsyat, juga terdapat pada kamera mirrorless full-frame EOS Rdan EOS RP (Versi Inggris). Secara bersama, performa ISO rendah cahaya yang lebih baik ini, menghasilkan noise yang kurang kentara dan kisaran ISO native yang lebih besar, yaitu 100 hingga 25.600 (dapat diperluas hingga 51.200) selama pemotretan gambar diam, dan 100 hingga 12.800 (dapat diperluas hingga 25.600) selama perekaman film.

Terowongan kereta api hijau

EOS M6 Mark II/ EF70-300mm f/4-5.6 IS II USM/ FL: 200mm/ Flexible-priority AE (f/8, 1/4 det.)/ ISO 100/ WB: Daylight

 

Kecepatan rana setinggi 1/16.000 det.; pemotretan burst RAW hingga 30 fps.

Selain rana mekanis biasa, EOS M6 Mark II dilengkapi dengan rana elektronik yang mampu mencapai kecepatan rana secepat 1/16.000 detik. Kamera ini bekerja tanpa bunyi rana mekanis, yang berguna untuk memotret pemandangan yang mengutamakan kesenyapan, misalnya pada acara resmi, pertunjukan panggung, bayi yang sedang tidur, atau bahkan pemandangan olahraga yang mencekam.

Slam dunk

EOS M6 Mark II/ EF-M32mm f/1.4 STM/ FL: 32mm/ Manual exposure (f/2.5, 1/16.000 det.)/ ISO 400/ WB: Daylight


Kecepatan pemotretan yang belum pernah ada pada kamera EOS

Mode ‘High Speed Continuous Shooting +’ tambahan yang baru, memungkinkan pemotretan beruntun (continuous shooting) hingga 14 fps dengan pelacakan AF (Servo AF). 

Bagi mereka yang menginginkan kecepatan burst yang lebih tinggi, sekarang ada mode RAW Burst yang belum pernah ada, yang mampu melakukan pemotretan gambar RAW hingga secepat 30 fps dengan pelacakan AF, yang pertama untuk kamera EOS. Kamera ini juga mendukung fitur ‘Pre-shooting’ (Pra-pemotretan) yang apabila diaktifkan, merekam hingga 0,5 detik sebelum pengguna melepaskan rana. Dengan memiliki semua fitur ini, pengguna bisa lebih yakin untuk menangkap momen yang menentukan—bahkan sebelum mereka dapat menekan tombol rana!

 

Dual Pixel CMOS AF: Disempurnakan dengan DIGIC 8

Potret wajah seorang gadis yang sedang duduk

EOS M6 Mark II/ EF50mm f/1.8 STM/ FL: 50mm/ Aperture-priority AE (f/2.2, 1/125 det.)/ ISO 200/ WB: Daylight


Daya pemrosesan lebih baik dari prosesor gambar DIGIC 8 telah dibuat lebih memungkinkan dengan Dual Pixel CMOS AF. EOS M6 Mark II diperlengkapi dengan:

- Area AF lebih besar yang terdiri atas 88% × 100% area tampilan gambar (secara horizontal × secara vertikal)*, yang memungkinkan fokus diperoleh secara cepat dan akurat, bahkan jika subjeknya berada dekat ke tepi bingkai;

- Hingga 5.481 posisi AF yang dapat dipilih selama pemilihan area AF secara manual. Dengan kata lain, tempatkan subjek Anda di mana saja, dan di sekitarnya akan terdapat titik AF untuk mendeteksinya;

- Variasi metode AF untuk mendukung pemandangan yang berbeda-beda, seperti:

o Single-point Spot AF, yang memiliki bingkai AF kecil untuk pemfokusan presisi dan tepat sasaran
o Mendukung Eye Detection AF (AF Pendeteksian Mata) dalam mode Servo AF dan Movie AF; serta

- Pemfokusan rendah cahaya hingga EV -5 selama pemotretan gambar diam, sehingga memudahkannya untuk melakukan fokus otomatis, bahkan dalam kondisi penerangan yang gelap.

* Dengan lensa kompatibel. 80% × 80% pada lensa AF yang tidak kompatibel.

 

Crop-free 4K 30p/25p video

Perekaman video dengan EOS M6 Mark II

Pada EOS M6 Mark II, Anda dapat merekam video hingga 4K 30p/25p tanpa krop Dengan kata lain, dapat merekam video lanskap yang megah dan ruang interior yang sempit dengan sudut pandang yang sama, seperti yang Anda dapatkan sewaktu perekaman/pemotretan gambar diam.


Beragam fitur stabilisasi gambar untuk menghasilkan footage yang lebih mulus dan stabil

EOS M6 Mark II diperlengkapi dengan Movie Digital IS, yang menggunakan sensor gyro dalam bodi kamera untuk memberikan stabilisasi gambar (IS) digital 5-sumbu, sehingga memungkinkannya untuk mendapatkan footage yang stabil, bahkan ketika melakukan pemotretan/perekaman sambil berjalan. Apabila dipasangkan dengan lensa IS built-in, kamera ini memiliki kemampuan untuk melakukan IS Kombinasi yang memadukan stabilisasi optik dalam lensa dan stabilisasi gambar digital dalam bodi kamera untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih baik.


Laju bingkai yang bervariasi dan mode video shooting (perekaman video), sangat memudahkan untuk menampilkan ekspresi

Pemotretan/perekaman High Frame Rate dalam Full HD 120p/100p, juga tersedia, sehingga Anda dapat membuat film gerakan lambat yang mulus dalam resolusi tinggi. Selain itu, Anda juga dapat lebih kreatif dengan berbagai mode, seperti 4K Time Lapse Movies dan HDR Movies.

 

Konektivitas nirkabel yang cepat dan mudah dengan perangkat cerdas

Hal yang bagus harus dinikmati bersama, termasuk foto dan video yang serba-bagus! EOS M6 Mark II menghadirkan semua itu dengan konektivitas Wi-Fi dan Bluetooth, termasuk dukungan untuk Bluetooth pairing pada beberapa perangkat. Anda bisa mendapatkan:

- Pairing perangkat cerdas yang mudah dan transfer file gambar/video melalui aplikasi Canon Camera Connect
(4K movies yang lebih besar dapat secara simultan dimampatkan ke dalam file Full HD untuk lebih memudahkan transfer dan mengunggahnya ke media sosial)

- Pemotretan gambar diam dan perekaman video Remote Live View melalui aplikasi Canon Camera Connect

- Pairing konstan hemat daya melalui teknologi Bluetooth hemat energi

- Backup otomatis gambar ke pasangan komputer/perangkat/penyimpan cloud

- Gambar geotagging melalui perangkat cerdas

 

Kontrol operasional baru untuk manuver yang lebih cepat 

Lompatan nyata dalam spesifikasi dan performa, dilengkapi dengan perbaikan operabilitas. Ini mencakup:

- AF/MF switch baru di bagian belakang bodi kamera, sehingga fungsi ini lebih mudah diakses pengguna yang sebelumnya harus masuk dulu ke menu kamera, karena tidak ada switch atau sakelar semacam itu pada lensa EF-M.

- Mode FV (Flexible-priority), pertama kali terlihat pada EOS R, yang memungkinkan pengguna untuk secara cepat mengesampingkan pengaturan pencahayaan yang ditentukan kamera tanpa harus beralih di antara berbagai mode pencahayaan yang berbeda-beda.

Tombol dan dial bagian atas EOS M6 Mark II

Beragam jenis dial pada EOS M6 Mark II memberikan kesan operasional analog secara langsung.

Tombol belakang EOS M6

Switch (sakelar) baru memudahkan untuk bergantian di antara MF dan AF.


Bagi mereka yang ingin menggunakan kamera dengan viewfinder, dapat memasang EVF-DC2 eksternal, yang dijual secara terpisah. Touch & Drag AF memudahkan kontrol area AF melalui pengoperasian layar sentuh, bahkan sewaktu melihat melalui EVF.

Layar tampilan tidak menjadi gelap, bahkan pada kecepatan pemotretan beruntun maksimum 14 fps, sehingga subjek dapat dilacak tanpa interupsi.

Tangan yang sedang memasangkan EVF-DC2

EVF-DC2 opsional menggunakan panel OLED 2,36 juta titik.

EOS M6 Mark II dan EVF-DC2

EOS M6 Mark IV dengan EVF-DC2 terpasang.

Pengguna yang secara terus-menerus bepergian, pasti akan gembira mengetahui, bahwa EOS M6 Mark II mendukung pengisian USB (Micro USB Type C) melalui Power Adapter PD-E1, yang dijual secara terpisah.

 

Spesifikasi penting EOS M6 Mark II

Sensor gambar kira-kira 32,5 megapiksel efektif; Sensor CMOS format APS-C
Prosesor gambar DIGIC 8
Kecepatan Native ISO (still shooting) 100 – 25.600 (dapat diperluas hingga 51.200)
Kecepatan Native ISO (movie shooting) 100 – 12.800 (dapat diperluas hingga 25.600)
AF (Live View) Dual Pixel CMOS AF
Monitor LCD Panel sentuh, tipe 3,0 inci, kira-kira 1,04 juta dot, tipe miring
Continuous shooting (Pemotretan beruntun) (maks.) 14 fps (One-Shot AF, Servo AF)
RAW burst mode: 30 fps (Servo AF)
Kecepatan rana maks. 1/8.000 det. (rana mekanis/rana elektronik tirai ke-)
1/16.000 det. (rana elektronik)
Movie Shooting (Pembuatan Film) 4K: hingga 30p/25p
Full HD: hingga 120p/100p
Ukuran (kira-kira) 119,6 × 70,0 × 49,2mm
Berat (kira-kira) 408g (dengan baterai, kartu memori)

 

EOS M6 Mark II (hitam)

EOS M6 Mark II (hitam)

 

EOS M6 Mark II (perak)

EOS M6 Mark II (perak)

 

Gambar contoh EOS M6 Mark II

Interior gereja yang rumit

EOS M6 Mark II/ EF-M11-22mm f/4-5.6 IS STM/ FL: 11mm/ Aperture-priority AE (f/4.5, 1/40 det., EV-0,7)/ ISO 1600/ WB: Daylight

 

Foto seorang gadis dengan rambut acak-acakan

EOS M6 Mark II/ EF85mm f/1.4L IS USM/ FL: 85mm/ Aperture-priority AE (f/1.4, 1/250 det.)/ ISO 100/ WB: Daylight

 

Baca juga: 7 Alasan Kamera Mirrorless Canon Akan Melejitkan Permainan Media Sosial Anda

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!