Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Panduan untuk Merencanakan Liburan Keluarga sebagai Fotografer

2018-10-17

Sebagai keluarga, saat-saat liburan adalah salah satu momen paling penting untuk dinikmati. Sebagai seorang fotografer, bepergian ke luar negeri dan memenuhi hasrat berkelana Anda untuk menjelajahi tempat-tempat baru dan menemukan banyak kesempatan memotret. Bagaimana cara Anda mengutamakan waktu bersama keluarga sambil memenuhi kebutuhan fotografi Anda? Cari tahu dengan infografis kami yang bermanfaat.

Guide to Planning a Family Vacation as a Photographer - infographic

1. Lakukan riset lokasi terlebih dahulu

Rencanakan tempat-tempat yang akan dikunjungi terlebih dahulu dengan mencari informasi online atau bertanya di forum fotografi. Mirip dengan cara Anda dalam menyiapkan daftar pengambilan gambar sebelum pemotretan, Anda juga perlu mengetahui spot foto mana yang ingin Anda potret sebagai latar sehingga Anda dan keluarga Anda bisa berfoto dengan tenang. Misalnya, taman alam menyediakan ruang terbuka lebar bagi anak-anak Anda untuk bermain. Dan ketika mereka sedang bermain, Anda dapat bersantai dan menjelajahi sudut terbaik untuk foto Anda.

2. Bawa perlengkapan yang ringan

Bersikaplah praktis dan pilih peralatan minimum yang memungkinkan Anda memotret berbagai jenis foto sambil tetap dapat bersenang-senang dengan anak-anak. Ramping dan ringkas, Canon PowerShot SX740 HS dilengkapi dengan fungsi pemotretan beruntun berkecepatan tinggi untuk membantu Anda mendapatkan foto anak-anak Anda yang tajam dan terlihat alami. Kamera ini juga merupakan kamera PowerShot pertama dengan Pengoptimasi Pencahayaan Otomatis untuk membantu mengurangi pencahayaan berlebih dan mempertahankan kontras warna, bahkan di area terang sekalipun, sehingga Anda dapat melakukan pemotretan di siang atau malam hari.

3. Kesampingkan “me” time dengan kamera Anda

Karena fotografi cenderung menjadi pengalaman dengan diri sendiri, Anda cenderung menggunakan seluruh waktu Anda hanya untuk memotret. Bangunlah lebih awal atau di sore hari untuk memanfaatkan cahaya terbaik. Kami menyarankan Anda untuk menghabiskan satu jam dengan kamera Anda untuk memotret, kemudian pastikan sisa waktu Anda didedikasikan untuk keluarga Anda.

4. Berkumpullah bersama keluarga Anda

Berikan kamera lama Anda kepada anak-anak Anda sehingga mereka bisa bermain fotografer. Selalu dukung dan semangati usaha mereka; mereka akan lebih banyak berinvestasi dalam proses dan Anda bahkan dapat membantu meningkatkan keterampilan fotografi pemula mereka! Hal seperti itu juga merupakan ide yang bagus untuk melihat diri Anda di foto. Atur kamera Anda pada tripod, gunakan Aplikasi Canon Camera Connect dan sesuaikan pengaturan kamera yang paling sering digunakan tergantung pada kondisi sekitarnya, tanpa menyesuaikannya secara manual pada kamera Anda. Periksa apakah semua orang sudah berada pada posisi yang benar sebelum Anda menekan tombol rana.

5. Buatlah kenangan, bukan hanya foto saja

Apakah perasaan ketika berlibur dan mengunjungi tempat-tempat baru membuat Anda ingin memotret semua yang Anda lihat? Kami sangat menyarankan untuk tidak menggunakan kamera Anda di siang hari, ketika cahaya sedang terlalu terang dan saat paling tidak tepat untuk memotret keluarga Anda.

6. Ketahui pengaturan kamera Anda

Membuat pasangan dan anak-anak Anda menunggu dengan gelisah saat Anda menyesuaikan pengaturan kamera dapat membuat mereka frustrasi. Rencanakan daftar bidikan Anda dan sesuaikan pengaturan kamera sesuai dengan lokasi Anda. Misalnya, jika Anda mengambil potret anak-anak Anda, setel kamera ke mode aperture-priority untuk membuat efek bokeh, yang membantu Anda memotret gambar wajah anak-anak Anda dengan hasil yang lebih halus sekaligus menjaga latar belakang agar tetap bagus dan kabur.

7. Fokus untuk memotret orang yang Anda sayangi

Akhir dari hari yang panjang memiliki lebih banyak hal menarik daripada yang Anda kira. Abadikan momen tenang keluarga Anda - ketika anak-anak Anda sedang bermain dengan mainan lembut mereka, atau interaksi saat makan malam. Anda akan dapat memamerkan sisi yang lebih lembut dan lebih intim kepada keluarga Anda dan mendapatkan jepretan luar biasa yang tidak Anda duga sebelumnya dan akan Anda kagumi selamanya.

Anda sudah berkemas dan siap pergi untuk liburan? Berikut ini beberapa tips lain untuk menginspirasi Anda
5 Tips untuk Mendapatkan Foto Liburan Keluarga yang Sempurna
10 Tips Untuk Foto Keluarga yang Sempurna

 

Anda dapat mengunduh salinan infografis ini di sini!

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!