LOGIN/SIGN UP function is disabled for upgrade and maintenance. It will resume on 22/01/2022 10.30 AM SGT. Sorry for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Cara Menangkap Potret Diri saat Rambut Tersapu Angin di Rumah

Lupakan saja potret wajah cantik dengan warna pastel dan rambut yang tertata apik. Jika Anda ingin sesuatu yang lebih tegar, berikut ini adalah penampilan yang dapat Anda coba untuk menciptakan kembali, meskipun Anda sedang di rumah. Dan, jika Anda seorang wanita (atau kebetulan memiliki rambut panjang), Anda bahkan tidak perlu model—ini bisa menjadi potret diri! (Dilaporkan oleh: Yuriko Omura, Digital Camera Magazine)

EOS 5D Mark III/ EF24-105mm f/4L IS USM/ FL: 60mm/ Manual exposure (f/5.6, 1/125 det.)/ ISO 200/ WB: Daylight

 

Langkah 1: Perencanaan dan persiapan

Siapkan mental Anda (kalau perlu)

Potret diri adalah rekaman yang tulus tentang penampilan Anda. Jadi, meskipun saya membidik potret wajah sebagai profesi, bagaimana pun, saya masih merasa agak sungkan mengambil potret wajah saya sendiri. Jika Anda seperti saya, mungkin terasa tidak begitu menantang apabila Anda menganggap itu sekadar menyisipkan diri Anda ke dalam bagian gambar. Jika tidak ingin menunjukkan wajah atau seluruh tubuh Anda, Anda dapat menangkap hanya tangan atau kaki Anda.

Yang juga bisa membantu, kita melepaskan rana dari jarak jauh. Dengan begitu, Anda dapat membingkai gambar agar terlihat seperti diambil oleh orang lain dan tidak menyerupai selfie.


Pikirkan, tentang apa yang ingin Anda ungkapkan

Untuk bidikan ini, saya ingin mengekspresikan gagasan tentang "kerapuhan mental", jadi saya memutuskan untuk menciptakan suasana yang menunjukkan bahwa saya berada di titik pasrah. Karena ada batasan pada apa yang dapat saya tunjukkan dengan menggunakan ruang yang saya miliki di rumah, saya menggunakan proyektor untuk memproyeksikan gambar pecahan kaca di atas diri saya, yang memperkaya gambar.


Yang Anda perlukan
- Tripod
- Wireless release/ Smartphone dengan Camera Connect
- Lampu
- Proyektor
- Pengering Rambut
- Dinding putih yang kosong

 

Langkah 2: Persiapkan pemandangan

Menemukan penataan terbaik

1. Gunakan proyektor untuk memproyeksikan gambar ke dinding putih.
2. Temukan sudut dan pembingkaian terbaik. Menyiapkan kamera dan tripod sebagaimana mestinya.
3. Berdiri di tempat yang menurut Anda dapat menghasilkan komposisi yang paling seimbang. (Saran: Cek komposisi secara mudah dengan fungsi Remote Live View Shooting di aplikasi smartphone Camera Connect)

A: Cahaya
Meskipun proyektor memberikan cahaya, tapi ini tidak cukup untuk menerangi saya, jadi saya tempatkan satu cahaya lampu pada posisi yang akan memberikan pencahayaan dari depan untuk wajah saya.

Lampu yang saya gunakan di sini adalah lampu rumah tangga biasa pada penyangganya. Itu tidak menghasilkan warna yang menarik, dan itulah sebabnya saya membuat gambar akhir monokrom. Mungkin Anda akan memiliki alternatif yang lebih baik di sekitar!

B: Diri Anda
Untuk mendapatkan bayangan pada dinding yang penampilannya seperti yang saya inginkan, saya berdiri dekat ke dinding dan menghadap ke samping. Saya menempatkan cahaya sedemikian rupa sehingga cahaya itu menghadap ke saya.

C: Proyektor
Pastikan bahwa lampu proyektor memancar secara frontal ke dinding. Jika tidak, gambar yang diproyeksikan bisa terdistorsi.


Inilah gambar yang saya gunakan untuk proyeksi. Saya menemukannya di perpustakaan gambar yang bebas untuk digunakan.

Perlu saran lainnya tentang cara memilih proyektor dan gambar latar? Lihat:
Menciptakan Latar: Pengenalan ke Fotografi Cosplay dengan Proyektor

 

Langkah 3: Gunakan pengering rambut untuk menciptakan penampilan yang tersapu angin

Jika Anda memiliki rambut panjang dan pakaian Anda tetap sederhana (seperti tank top yang saya kenakan), cukup mudah untuk membuat potret yang memiliki kesan bergerak, meskipun di rumah. Yang saya lakukan hanyalah memegang pengering rambut dengan tangan kanan saya, mengarahkannya ke atas sehingga meniup rambut saya.

Ini bukan iklan pengering rambut. Pastikan pengering rambut tersembunyi dari pandangan saat Anda memotret!

Waspada:
- Jika Anda membiarkan pengering rambut menyala untuk waktu lama, alat ini bisa menjadi terlalu panas dan menimbulkan korsleting.
- Pengaturan udara panas bisa membakar jika Anda akan menahan posisi untuk beberapa lama. Gunakan pengaturan udara dingin jika tersedia.

Sungguh menakjubkan bagaimana rambut bisa membuat gambar terlihat lebih dinamis. Ingin gambar rambut yang merebak? Coba lihat ini:
Berapa Kecepatan Rana Terbaik untuk Potret Wajah dan Kibasan Rambut?

 

Langkah 4: Bidik

Anda dapat mengatur timer otomatis 10 detik pada kamera Anda, atau menggunakan pelepas rana jarak jauh seperti yang saya lakukan. Anda juga dapat menggunakan smartphone Anda sebagai satu alat dengan fungsi Pemotretan Live View Jarak Jauh atau Pengontrol Jarak Jauh Bluetooth di aplikasi Camera Connect. Pastikan saja remote control/smartphone Anda tidak terlihat di gambar akhir!


Ambil lebih jauh: Bermain dengan latar belakang warna-warni

Saya melakukan pemotretan ini dalam warna hitam dan putih. Tetapi agar lebih bervariasi, mengapa tidak mencoba memproyeksikan latar belakang yang lebih berwarna-warni dan memotret dalam warna? Perustakaan gambar gratis akan memiliki banyak pilihan latar belakang tekstur warna-warni beresolusi tinggi, sehingga Anda dapat mengunduh berbagai macam gambar dan memilihnya. Siapa tahu, Anda mungkin menemukan kombinasi latar belakang-subjek yang lebih menakjubkan dari yang Anda bayangkan!

Anda dapat mencoba menempatkan gambar latar belakang yang di luar fokus…

Lebih mudah untuk melihat warna pada dinding putih. Mainkan dengan bayangan untuk menambah kedalaman bidikan.

Saran Pro: Memotret dalam warna dapat membuat gambar dengan subjek manusia terlihat sangat mentah. Untuk tampilan yang lebih halus, gunakan pencahayaan yang meningkatkan bayangan.

Baca juga:
7 Gagasan Fotografi Dalam Ruangan yang Asyik untuk Dicoba di Rumah
7 Cara Meningkatkan Fotografi Anda di Dalam Ruangan

Perlu penerangan yang lebih baik? Berikut ini adalah cara Anda dapat menciptakan pengubah cahaya Anda sendiri:
3 Produk Fotografi Esensial yang Anda Bisa Buat Sendiri (DIY)

Untuk inspirasi potret diri dan saran potret wajah lainnya, bacalah:
Menangkap Potret Diri yang Berbeda di Perjalanan
5 Pola Pencahayaan Dasar untuk Fotografi Potret
Cara Membidik Potret Wajah Makro yang Menceritakan Suatu Kisah
2 Teknik Instan untuk Menampilkan Pesona Potret Wajah di Luar Ruangan

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi.

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

Digital Camera Magazine

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

Yuriko Omura

Yuriko Omura

Lahir pada tahun 1983 di Tokyo. Omura, yang dulu pernah bekerja sebagai asisten toko pada sebuah toko kamera, pada saat ini aktif dalam pembidikan foto artis dan album foto.

http://shutter-girl.jp/