Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Cara Menciptakan Kotak Cahaya Murah dari Dasar

2020-07-27

Pernahkah anda membayangkan bagaimana katalog produk mendapatkan hasil akhir foto yang terang cahayanya dan hampir terlihat seperti produk yang diedit dengan photoshop pada latar belakang putih?Jawabannya terletak pada penggunaan cahaya yang berbeda dan diletakkan pada berbagai sudut serta jarak untuk memastikan agar produk menerima cahaya yang cukup dari semua sisi. Hal ini juga membutuhkan difuser untuk melembutkan sumber cahaya dan menjaga sebanyak mungkin detil serta integritas warnanya, dan sebuah sapuan fotografi yang membantu dalam mendapat latar belakang berwarna putih yang mulus. Namun, perangkat yang diperlukan umumnya alat profesional, besar dan hanya ditemukan dalam studio foto, jadi mungkin tidak selalu ramah bagi kantong anda.

Namun bagaimana bila anda bisa menciptakan sendiri alternatif murah yang tetap bekerja dengan baik?Penasaran?Periksa bagaimana cara menciptakan Kotak Cahaya DIY dengan menggunakan benda-benda umum seperti kotak kardus lampu, selotip dan kertas, dan lihatlah hasil akhir sampel foto anda setelah menggunakannya!

Benda yang dibutuhkan: kotak kardus, selotip dua sisi, selotip bening, kertas putih, kertas minyak, pidau lipat dan penggaris.

Langkah 1: Pilih satu sisi dengan lipatan bagian luar dan singkirkan, kemudian tempelkan dengan selotip ke arah bawah dan mendatar di seberang panel lipatan.Tips: Coba datarkan panel belakang sebisa mungkin dengan kombinasi selotip dua sisi dan selotip bening untuk mengitarinya.


Langkah 2: Lapisi panel kiri, kanan, atas dan bawah dengan kertas putih.
Tips: Dapatkan hasil akhir yang matte dengan menggunakan selotip dua sisi untuk menempelkan kertas pads panel. Jangan menggunakan selotip bening karena permukaannya yang mengkilap bisa menyebabkan cerminan cahaya yang tidak rata dan menyilaukan subyek. Coba juga untuk menghindari kerutan atau tonjolan yang tidak rata karena bisa membuat bayangan yang terlihat jelek pada foto anda.

Langkah 3: Pada bagian luar kotak, tandai garis sepanjang 3 cm dari masing-masing sudut panel bagian atas, kiri dan kanan untuk membuat persegi dari panel kiri dan kanan, dan persegi panjang pada bagian atas.

 

Langkah 4: Gunakan pisau lipat yang tajam untuk memotong ke dalam bentuk yang ditandai.

 

Langkah 5: Gunakan selotip dua sisi untuk menempelkan kertas putih pada bagian atas panel belakang.
Tips: Anda bisa menyambungkan dua kertas putih secara bersamaan dengan selotip dua sisi untuk mengosongkan kotak. Hal ini menciptakan sapuan fotografi yang digunakan oleh para profesional untuk mendapatkan latar belakang berwarna putih yang mulus dalam pengambilan foto produk mereka. Pastikan tidak ada lipatan atau noda pada kertas putih.

Langkah 6: Tempelkan panel difuser anda.
Tips: Panel difuser anda bisa saja kertas minyak, kertas putih, kertas masakan, atau benda transparan apa saja yang anda pilih. Pada contoh di sini, kami menggunakan kertas minyak, tetapi anda boleh mencoba dengan alat-alat lainnya.

 

Hasil Akhir

 

Percobaan
Kami menggunakan pengaturan sederhana dan mengambil tiga foto produk yang berbeda dengan Kotak Cahaya untuk menunjukkan pada anda bagaimana alat ini bisa membantu anda mendapatkan kualitas foto yang mirip dengan hasil foto para fotografer profesional. Lihatlah!

 

Pengaturan Contoh:

 

Hasil Akhir Foto:

Langkah-langkah pembuatan sendiri Kotak Cahaya ini cukup mengikuti standar tidak memedulikan ukuran kotak yang anda ingin gunakan. Untuk subyek yang lebih besar, akan lebih mungkin untuk memanfaatkan kotak yang lebih dalam untuk meningkatkan kedalaman dan mendapatkan lstar belakang putih yang mulus. Catatlah untuk mengecilkan skala ukuran pemotongan panel dengan sesuai. Untuk contoh yang kita hasilkan pada artikel ini, kami menggunakan kotak umum yang berukuran 39 cm x 26 cm x 29 cm, yang cocok untuk mengambil foto produk berukuran kecil sampai sedang. Semua kertas yang digunakan pada panel berukuran A4.

Untuk sumber cahaya, anda bisa memilih rangkaian bola lampu yang biasa, lampu meja, lampu speedlite atau bahkan pencahayaan berpijar foto studio profesional. Gagasan utamanya adalah untuk memastikan cahaya yang dipancarkan bewarna putih dan cukup kuat untuk menerangi subyek anda, membuat lampu kilat ponsel atau lampu senter kecil tidak bisa digunakan dalam pengaturan ini. Sama pentingnya dalam memastikan agar suhu sumber cahaya anda (bagian kiri, kanan, dan atas-bawah) yang menyinari sisi difuser anda sama. Bila mereka sedikit bewarna kekuningan atau kebiruan, sesuaikan keseimbangan putih kamera anda untuk mendapatkan warna yang akurat sesuai dengan dunia nyata.

Untuk lebih banyak tips mengenai Fotografi Produk dan pencahayaan:

Aksesoris Fotografi Produk yang Sederhana
Cara Membuat Latar Belakang yang Gemerlap dengan Lingkaran Bokeh untuk Foto Pernak-Pernik yang Cantik
Teknik Dasar Fotografi Produk