Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Cara Masuk ke dalam Air dengan Aman bersama Kamera Anda

2018-10-17

Ketika menyangkut fotografi bawah air, persiapan adalah faktor utama dan dapat menentukan apakah perjalanan menyelam Anda berhasil atau tidak. Pelajari persiapan yang diperlukan untuk kamera Anda, dan cara masuk ke dalam air dengan aman tanpa merusak peralatan Anda.

how to enter the water safely with your camera infographics

Pemeriksaan sebelum Masuk ke Air

Memastikan bahwa kamera Anda tertutup rapat dengan aman di dalam sarung bawah air adalah salah satu hal terpenting dalam fotografi bawah air. Pastikan bahwa sarung kamera Anda anti bocor dengan merendamnya ke dalam ember berisi air terlebih dahulu. Proses ini sangat penting - jika air laut merembes melalui sarung, maka akan merusak kamera Anda. Berikut Cara Mempersiapkan Kamera dan Aksesori untuk Petualangan Menyelam Pertama Anda.

Selain memastikan bahwa sarung bawah air Anda tertutup dengan benar, Anda juga harus mengamankan aksesori Anda seperti filter, lampu, dan tali bungee. Sulit untuk meraih barang-barang yang tidak terikat seperti itu saat Anda berada di dalam air, dan kerusakan pada peralatan Anda akan sangat merugikan.

Sebelum menyelam, periksa batas kedalaman sarung bawah laut untuk memastikan bahwa Anda tidak menyelam di luar batas. Jika Anda ingin menyelam lebih dalam, maka bawa sarung kamera bawah air yang memungkinkan Anda untuk menyelam lebih dalam bersama kamera Anda. Gunakan komputer menyelam untuk waktu dan kedalaman penyelaman untuk melindungi diri Anda dan peralatan Anda. Canon Waterproof Case WP-DC55, misalnya, tahan debu dan tahan air hingga 40 meter, sempurna untuk rekreasi menyelam.

Penting untuk memperhatikan pengaturan dan peralatan Anda dengan memastikan bahwa tidak ada benda yang menonjol. Objek-objek ini, jika menonjol dari kamera, dapat mencederai Anda ketika sadang di dalam air. Jika Anda membawa benda-benda tajam, mereka dapat merusak peralatan termasuk kamera Anda.

Cara-cara untuk mengikat simpul di bawah air sedikit berbeda dari simpul yang biasa. Dari simpul tiang, gambar 8, simpul anyam, simpul persegi hingga simpul anyam ganda, Anda dapat menggunakan berbagai simpul ini untuk mengamankan penanda permukaan atau limbung perahu.

Di atas Kapal

Ketika Anda telah melakukan semua persiapan yang dibutuhkan, maka sudah waktunya untuk menyelam. Sebelum Anda masuk ke dalam air, perhatikan bahwa Anda tidak boleh masuk ke dalam air dengan tekanan yang besar, karena tekanan dari lompatan dapat merusak peralatan Anda. Serahkan peralatan Anda ke asisten perahu atau teman Anda, lalu turun perlahan ke dalam air, dan kemudian ambil peralatan Anda dari dia.

Jika tidak ada yang bisa membantu, maka pegang peralatan Anda dekat dengan tubuh Anda dan kemudian masuk ke dalam air dengan perlahan. Dengan cara ini, peralatan Anda akan terlindungi dan tidak akan rusak oleh tekanan kinetik dan air.

Masuk ke dalam air dengan teknik roll back (jika menggunakan kapal untuk penyelaman yang kecil) atau langkah besar (jika menggunakan kapal untuk penyelaman yang lebih besar) sebagai cara yang lebih efektif untuk masuk ke dalam air. Anda juga dapat memilih untuk menggunakan tangga perahu jika Anda tidak terbiasa dengan teknik yang disebutkan.

Jelajahi dunia bawah laut dengan PowerShot G7 X Mark II

Dengan performa yang kuat dan kecepatan tinggi, PowerShot G7 X Mark II sangat sempurna untuk fotografi bawah air. Dilengkapi dengan Prosesor Gambar DIGIC 7 dan sensor CMOS 20,1 Megapikel, kamera ini menghasilkan gambar yang tajam bahkan dengan kondisi cahaya rendah. Bidik dan potret ikan yang sedang melintas dengan mudah dengan pemotretan beruntun berkecepatan tinggi hingga 8 bingkai per detik sehingga Anda tidak akan melewatkan walau satu bidikan.

Dengan memastikan bahwa Anda telah siap untuk menyelam, petualangan fotografi bawah laut Anda akan dimulai dengan awal yang baik. Untuk membantu Anda lebih jauh, berikut adalah 5 Pengaturan Kamera Penting untuk Memastikan Foto Bawah Air yang Tajam, dan 10 Tips untuk Anda dalam Memulai Fotografi Bawah Air.

 

Unduh infografis ini di sini!

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!