Tips & Tutorials

Bagaimana Cara Menguasai Seni Flat Lay

Tahukah Anda bahwa tata letak datar (flat lay) mulai dikenal pada tahun 1987 sebagai “knolling”, suatu konsep menata objek pada sudut yang tepat? Kini, konsep ini telah berkembang menjadi salah satu dari tren fotografi yang paling populer, dengan lebih dari 4 juta unggahan dengan tagar #flatlay pada Instagram sampai saat ini. Selain menampilkan pakaian dan aksesori, cara ini populer untuk menonjolkan fotografi makanan, terutama coffeetography, yang juga dikenal sebagai fotografi kopi untuk Instagram.

Jadi, apa saja yang ada dalam tata letak datar yang sempurna? Jangan tertipu; banyak pemikiran dan perencanaan yang tertuang dalam visual yang terbentuk secara saksama untuk menyampaikan suatu kisah dengan penuh gaya. Tingkatkan level Instagram Anda dengan kiat tata letak datar ini.

Canon EOS 5D Mark III, f/11, ISO 100 oleh Michelle McGrady

Gunakan Pencahayaan Alami

Lakukan pemotretan dengan cahaya matahari alami setiap kali jika memungkinkan. Mendekatlah pada jendela untuk mewujudkan efek cahaya yang tersebar dengan indah. Hindari memotret pada siang hari karena cahaya matahari terlalu kuat. Jika Anda menggunakan DSLR, mainkan pengaturan diafragma untuk mengontrol jumlah cahaya yang Anda butuhkan, terutama jika hari mulai gelap. Ambil gambar dengan cahaya yang masuk dari belakang atau dari samping untuk menambahkan dimensi atau menonjolkan tekstur pada foto Anda.

Canon EOS 1100D, EF35mm f/2 IS USM, f/5.0, 1/60, ISO 800 oleh Robert Sheie

Pikirkan tentang tema

Sebelum Anda memulai, pilih satu tema sehingga gambaran Anda menyampaikan suatu kisah atau menggambarkan suatu momen pada saat itu. Tema itu bisa berupa apa saja; dari makanan hingga fesyen, atau tema populer seperti ‘outfit of the day’ dan ‘apa saja dalam tas saya’. Upayakan skema satu warna, entah warna merah muda pastel, warna tanah atau monokrom untuk dampak visual yang lebih bagus.

Canon EOS 5D Mark III, f/11, ISO 100 oleh Michelle McGrady

Komposisi adalah kuncinya

Manfaatkan ruang negatif agar subjek Anda terlihat menonjol dan menarik perhatian secara otomatis. Temukan tautan umum antara objek-objek tersebut. Pilih satu produk sebagai fokus dan tempatkan yang lainnya di sekelilingnya. Ingatlah untuk memilih objek yang terlihat menarik dari atas.

Canon EOS 60D, EF50mm f/1.4 USM, f/7.1, 1.6, ISO 200 oleh Marcus Rodriguez

Memotret dari atas

Flat lay yang bagus difoto langsung dari atas. Karena ketinggian penting untuk menghasilkan flat lay yang bagus, gunakan tangga, bangku atau bahkan kursi untuk mendapatkan pandangan dari atas. Tapi ingatlah, utamakan keselamatan, dan usahakan jangan menghalangi masuknya cahaya alami. Pastikan lensa Anda bersih sebelum memotret karena bisa menimbulkan perbedaan!

Canon EOS 60D, EF50mm f/1.4 USM, f/7.1, 1.6, ISO 200 oleh Marcus Rodriguez

Temukan gaya khas Anda

Bisa karena terbiasa, pepatah ini berlaku juga untuk flat lay. Mainkan dengan bentuk, garis dan sudut untuk menghasilkan gambar yang lebih dinamis. Gunakan berbagai latar belakang dan lakukan eksperimen dengan tekstur yang berbeda untuk membantu melengkapi atau mengatur kontras sehingga tampilan visual Anda menonjol. Ingatlah, jangan pernah berlebihan; tampilan visual yang semakin jernih akan semakin bagus.

Canon EOS 760D, EF-S18-200mm f/3.5-5.6 IS, f/5.0, 1/60, ISO 2500 oleh Susanne Nilsson

Edit atau tidak

Hindari menggunakan filter dan jika perlu, gunakan perangkat lunak pengeditan seperti Photoshop. Jika diharuskan, jangan mengatur saturasi secara berlebihan atau mengedit foto-foto Anda secara berlebihan karena tujuan akhir dari flat lay yang bagus adalah menjadikannya terlihat sealami mungkin.

Suka memotret flat lay? Kirimkan foto-foto Anda ke My Canon Story dan ceritakan kisah, pengalaman dan kiat Anda dengan para pencinta fotografi lainnya!

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.