Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Cara Memotret Fotografi Olahraga: Pengaturan Kamera yang Harus Anda Ketahui

2018-10-17

Apakah Anda berencana untuk memotret pertandingan sepak bola pertama anak Anda di sekolah atau tertarik untuk memotret tim bola basket favorit Anda ketika sedang beraksi, memotret olahraga dapat menjadi tantangan karena kecepatan, ketidakpastian, dan sifat permainannya. Sangat penting untuk mempersiapkan diri, mendapatkan peralatan yang tepat, dan mempelajari pengaturan dasar kamera Anda untuk mendapatkan foto olahraga terbaik.

sports photography settings infographic

Apa yang harus dilakukan saat Anda berada di sana

Sebelum pergi ke acara olahraga, lakukan penelitian tentang olahraga dan miliki gambaran kasar tentang sudut yang ingin Anda bidik. Setelah itu, pergilah ke lokasi acara lebih awal untuk menemukan tempat yang bagus di mana Anda dapat melihat aksi para pemainnya.

Gunakan tripod untuk menstabilkan kamera Anda, atau monopod jika Anda perlu bergerak. Perhatikan area sekitar Anda dan coba untuk tidak menghalangi pandangan penonton saat Anda memotret, atau menghalangi jalan dengan peralatan Anda (termasuk tripod).

Bersiaplah untuk mengambil banyak foto jika Anda baru dalam fotografi olahraga, karena ada kemungkinan besar bahwa Anda hanya akan mendapatkan beberapa yang bagus dari hasil foto yang Anda dapatkan.

 

Pengaturan kamera yang Anda butuhkan

Alih-alih menggunakan pengaturan otomatis penuh, pilih mode Aperture Priority (Av), yang memberi Anda kontrol total terhadap aperture Anda. Anda dapat fokus pada seberapa banyak cahaya masuk yang Anda inginkan, sementara kamera secara otomatis menyesuaikan kecepatan rana untuk Anda. Dengan cara ini, foto Anda akan cukup terang dan Anda akan dapat memotret gerakan aksi yang bagus . Cari tahu lebih lanjut tentang mode Av di Dasar-dasar Kamera #16: Aperture-priority AE.

Ada mode pemfokusan yang berbeda di kamera mirrorless Anda – One Shot AF dan Servo AF. Pilih mode Servo AF untuk mempertahankan fokus pada subjek meskipun sedang bergerak. Pelajari lebih lanjut tentang mode ini di Lihat Lebih Dekat 13 Fitur Utama pada EOS M50.

Menyesuaikan ISO Anda juga merupakan hal yang penting. Dengan mode Av, Anda dapat menyesuaikan ISO Anda dengan bebas. Atur ISO Anda ke 400 atau lebih rendah ketika terdapat sinar matahari, atau tingkatkan menjadi 800-1200 jika mendung atau di dalam ruangan. Kontrol kecepatan ISO Anda secara lebih efektif dengan panduan, Dasar-dasar Kamera #5: Kecepatan ISO.

Untuk memotret aksi, beralihlah ke mode burst atau beruntun, yang memungkinkan Anda untuk memotret secara terus menerus setidaknya 6 bingkai per detik (tergantung pada model kamera). Ini sangat bagus untuk memotret subjek yang bergerak cepat dan meningkatkan peluang Anda mendapatkan bidikan terbaik.

Pelajari lebih lanjut tentang pengaturan dalam Fotografi Olahraga: Cara Menekankan Kecepatan dengan Membandingkan Subjek Foto yang Diam dan yang Bergerak

 

Dapatkan salinan infografis ini di sini.

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!