Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Mulai Karier Vlogging Anda dengan Tips Penting Ini Bagian I

2021-11-01

Vlogging tetap menjadi salah satu cara paling populer bagi para insan kreatif untuk menyuarakan diri mereka. Dalam video singkat berdurasi dua hingga tiga menit, vlogger tidak hanya dapat menampilkan keterampilan atau produk tertentu, tetapi mereka juga dapat mendidik penonton mereka dengan tips dan trik visual di bidang mereka masing-masing. Bagi beberapa vlogger, ini telah menjadi karier penuh waktu. Seperti halnya karier kreatif apa pun, seseorang perlu terus-menerus menghasilkan konten baru dan menarik untuk meningkatkan standar bagi industri.

Dalam artikel dua bagian ini, kita melihat apa yang diperlukan untuk menjadi seorang vlogger, dengan pendapat dari Cinddie, seorang vlogger kecantikan dan Sarah, seorang vlogger makanan. Kami pernah berbincang dengan mereka di Snapshot sebelumnya, jadi lihat artikel mereka yang lain juga!

Vlog Kecantikan 101 Bersama Cinddie

Menyiapkan Vlog Makanan oleh Sarah Huang Benjamin

 

Siapa yang bisa menjadi vlogger?

Menurut Cinddie dan Sarah, siapa pun bisa menjadi vlogger! Yang penting adalah Anda memiliki cerita untuk diceritakan dan gairah untuk topik yang Anda minati. Memulai akan menjadi perjalanan yang sulit, jadi Anda memerlukan tekad untuk melakukannya. Bagi banyak vlogger, jumlah tampilan di awal mungkin rendah, dan beberapa mungkin menyerah pada tahap ini. Tetapi jika Anda dapat mengenali keunikan Anda dan menampilkannya melalui vlog Anda, jumlah penonton Anda akan terus meningkat.

Selain topik yang Anda minati, karisma dan kepribadian di layar juga membantu memberikan keunikan pada vlog Anda. Anggap itu sebagai ciri khas Anda yang dapat dikenali orang lain. Ini akan membantu Anda membangun identitas dan keberadaan Anda di dunia online.

 

Apa yang Anda butuhkan untuk menjadi vlogger?

Pertama dan terutama, Anda harus dapat menambahkan nilai pada topik yang Anda sajikan. Ini berarti Anda harus memanfaatkan pengalaman Anda sendiri dan berbicara atau menampilkannya melalui vlog Anda. Terkait hal ini, Cinddie mengatakan bahwa memiliki keterampilan bercerita yang baik akan membantu. Karena penonton menonton vlog Anda untuk mengetahui pendapat dan pengalaman Anda. Mampu merangkai cerita dengan ritme yang tepat dapat membantu menarik dan mempertahankan jumlah penonton. 

Perhatikan bahwa Anda perlu memastikan apa pun yang Anda suarakan di vlog Anda adalah faktual dan benar; mudah bagi orang lain untuk memverifikasi klaim Anda secara online hari-hari ini, dan hal terakhir yang Anda inginkan adalah dikenal sebagai vlogger yang tidak berpengetahuan luas di bidangnya. 

 

Menghadapi persaingan

Ada vlogger untuk hampir setiap topik yang bisa Anda bayangkan, jadi bagaimana Anda bisa menghadapi persaingan? Bagi Sarah, ini semua tentang memiliki suara dan identitas Anda sendiri. Pada tahun-tahun awal memulai vlogging, dia mencoba meniru orang lain dengan mencontoh gaya atau konten mereka. Seiring waktu, dia menyadari bahwa dia memiliki ide-idenya sendiri, dan meski sebenarnya menakutkan untuk mencoba hal-hal yang baru dan berbeda, itu membantu membangun merek dan kepribadiannya.  

 

Tentang peralatan

Cinddie menggunakan PowerShot G7X Mark III, sementara Sarah mengandalkan EOS M50 MII. Bagi keduanya, memiliki autofocus yang andal berarti Anda dapat mengoperasikan peralatan sendiri. Selain kamera yang bagus dengan reproduksi warna yang akurat (ini membantu mengurangi waktu yang dibutuhkan pada pengolahan pascaperekaman), pencahayaan dan audio yang baik juga membantu membedakan video Anda dari yang lain. Untuk vlogger kecantikan seperti Cinddie, lampu cincin harus dimiliki karena itu membantu menerangi tutorial riasannya, sehingga memudahkan penontonnya untuk melihat hasilnya. 

Setelah kamera Anda dipasang pada tripod yang kokoh, Anda hanya perlu menekan tombol rekam dan memulai syuting.  

 

Bagi banyak calon vlogger, langkah pertama selalu yang paling sulit untuk dilakukan. Ada ketakutan apakah konten Anda cukup baik, atau apakah Anda memiliki keterampilan untuk mengedit vlog Anda sendiri. Selanjutnya, Anda perlu mempertimbangkan platform online mana yang harus difokuskan, dan bagaimana Anda dapat menghasilkan pendapatan dari sana. Kami akan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini di bagian selanjutnya dari seri ini, jadi nantikan artikel berikutnya! 

Klik di sini untuk membaca bagian kedua dari seri ini.

 

Untuk artikel serupa: 

Video yang Luar Biasa Menjadi Mudah dengan EOS M200

Bagaimana Canon EOS RP Memungkinkan Pembuatan Film Tanpa Repot

Mendobrak Industri Pembuatan Film Bersama Brenda Er