LOGIN/SIGN UP function is disabled for upgrade and maintenance. It will resume on 22/01/2022 10.30 AM SGT. Sorry for any inconvenience caused.
Close
Produk >> All Products

Ulasan Lensa: Menyingkirkan kendala pemotretan dengan RF16mm f/2.8 STM

“Light and compact” (Ringan dan Ringkas) bukanlah sekadar kata-kata untuk menguraikan sudut ultra-lebar tipikal lensa prima—sampai RF16mm f/2.8 STM dirilis. Seperti yang diketahui oleh seorang fotografer, kombinasi unik dari titik pandang sudut ultra-lebar yang dinamis dan mobilitas baru, dapat menginspirasi Anda untuk menemukan kembali berbagai kemungkinan kreatif. (Dilaporkan oleh: Ryo Owada, Digital Camera Magazine)

1. Ringkas dan ringan: Lensa prima sudut ultra-lebar yang unik
2. Jarak fokus terdekat 13cm: Bergandengan tangan dengan perspektif sudut ultra lebar
3. Kualitas gambar bagus, terutama dengan koreksi aberasi lensa
4. Stabilisasi gambar dengan In-Body IS
5. Pemikiran akhir: Bebas menyusun gambar yang dinamis secara kreatif

 

Sudut ultra lebar, cepat, dan kompak seperti nifty fifty

RF16mm f/2.8 STM saat ini mendapat kehormatan sebagai lensa prima sudut terluas di jajaran lensa RF, tetapi yang menonjol bukan hanya panjang fokusnya, tetapi juga ukurannya yang ringkas. Canon telah memanfaatkan sepenuhnya berbagai fitur yang menentukan sistem EOS R—diameter dudukan dan fokus belakang pendek yang dimilikinya—untuk menciptakan lensa prima sudut ultra-lebar yang kecil serta ringan. Dengan melakukan itu, konsep lensa pun dapat direalisasi, yang merupakan pasangan istimewa untuk sistem kamera mirrorless.

Bagi sekian banyak fotografer, mungkin lensa prima “nifty fifty” 50mm f/1.8 yang pertama terlintas dalam pikiran mereka, saat diminta untuk menyebutkan nama lensa yang ringkas dan ringan. Lensa prima sudut lebar biasanya akan lebih besar daripada nifty fifty, karena elemen lensa yang terlibat, tetapi dalam suatu prestasi teknis, RF16mm f/2.8 STM bisa dibilang memiliki ukuran yang sama dengan RF50mm f/1.8 STM.


Sempurna untuk dibawa berjalan-jalan dan bereksperimen dengan berbagai sudut yang berbeda-beda

Untuk ulasan ini, saya menggunakan RF16mm f/2.8 STM dengan EOS R5. Selain portabilitas, lensa ini menawarkan keseimbangan yang sangat baik dengan bodi kamera, bahkan saat mengoperasikan kamera dengan satu tangan. Ada banyak kebebasan untuk mengarahkan kamera dan memotret dari berbagai sudut dan posisi.

EOS R5/ Shutter-priority AE (f/7.1, 1/500 det.)/ ISO 100

Posisi rendah dari bidikan ini, bersama dengan efek perspektif yang dibesar-besarkan dapat dicapai dengan lensa sudut ultra-lebar 16mm, membantu mempertegas garis-garis hitam-putih pada jalan. Komposisi ini terinspirasi oleh karya fotografer ahli konstruksi Rusia, Alexander Rodchenko, yang sering memotret dari sudut yang berani dan tidak biasa untuk melakukan fotografi yang tidak terikat dengan berbagai konvensi yang ada.


EOS R5/ Aperture-priority AE (f/8, 1/80 det., EV -1.0)/ ISO 1250

Ini dibidik dalam kondisi cahaya latar, tetapi mempertahankan tingkat kontras yang sesuai, dan sinar matahari muncul sebagai kabut halus, lembut, dan bertahap di area yang terang. Hasilnya adalah gambar pemandangan hutan yang berdampak. Saya menggunakan komposisi diagonal untuk meningkatkan kesan luas dari perspektif 16mm.

 

Jarak fokus terdekat 13cm: Bergandengan tangan dengan perspektif sudut ultra lebar

Apabila Anda memiliki lensa sudut ultra lebar yang memungkinkan pengambilan gambar jarak dekat, Anda dapat meningkatkan perspektif lebih jauh lagi. 13cm adalah jarak fokus terdekat lensa RF16mm f/2.8 STM, dan jika dikombinasikan dengan pembesaran 0,26x, menciptakan gambar seperti makro yang sangat dinamis, yang menampilkan lebih banyak latar belakang—berbeda dari krop yang lebih dekat, yang Anda dapatkan saat memotret dengan lensa makro yang lebih panjang. Anda dapat menggunakan lensa untuk menambahkan putaran berbeda pada gambar, hampir untuk semua hal, mulai dari tanaman kecil hingga lanskap megah! Inilah bagian yang membuat lensa begitu menyenangkan untuk digunakan.

 

Kualitas gambar bagus, terutama dengan koreksi aberasi lensa


Detail dan gradasi yang kaya

EOS R5/ Aperture-priority AE (f/11, 1/100 det.,)/ ISO 100

Ladang jagung di bagian bawah gambar ini digambarkan dengan jelas, detail yang kaya, hingga ke setiap daunnya. Kelembutan awan hujan di langit dan gradasi halus abu-abu, juga ditampilkan dengan indah.


Kualitas bokeh

EOS R5/ Aperture-priority AE (f/2.8, 1/2000 det., EV -0.7)/ ISO 100

Bokeh latar depan dan latar belakang di sini cukup untuk memberikan dimensi subjek. Pada aperture maksimum, Anda mendapatkan bokeh lembut yang biasanya Anda peroleh dari panjang fokus sudut ultra lebar. Meskipun gambar ini diambil pada hari berawan di bawah naungan awan tipis dan dapat dengan mudah terlihat datar, pasangan lensa dan kamera mereplikasi kontras antara bunga dan dedaunan secara indah.


Aberasi lensa

Pada seluruh rentang aperture, gambar yang ditangkap oleh lensa, tampak tajam dan jernih di tempat yang seharusnya. Sebagian aberasi terlihat di tepi gambar, tetapi ini menghilang setelah saya mengaktifkan koreksi aberasi lensa dalam kamera.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah vinyeting yang terjadi di sudut gambar saat koreksi distorsi dalam kamera dimatikan, terutama selama pemotretan close-up. Koreksi distorsi diaktifkan secara otomatis saat lensa dipasang, jadi Anda tidak akan mengalami masalah apa pun jika Anda memotret dalam format JPEG atau pasca-proses file RAW Anda dengan perangkat lunak Digital Photo Professional asli Canon. Namun, jika Anda menggunakan program pengeditan gambar pihak ketiga, Anda harus berhati-hati.

Baca juga: Digital Lens Optimizer: Meningkatkan Kualitas Gambar Setinggi Mungkin

 

Stabilisasi gambar dengan In-Body IS

Apabila dipasangkan ke kamera yang diperlengkapi dengan In-Body Image Stabilizer (In-Body IS), benda yang cukup jauh atau lebih jauh, tampak tajam, bahkan pada kecepatan rana 1/15 detik, sedangkan benda yang dekat dengan lensa, tampak tajam hingga sekitar 1/60 detik jika Anda memotret dari posisi pemotretan yang stabil.

EOS R5/ Aperture-priority AE (f/2.8, 1/20 det., EV -0.7)/ ISO 6400

In-Body IS kamera membantu menjaga gambar tetap jernih dan tajam meskipun kecepatan rana lebih lambat. Sebagian lensa memiliki sifat lembut pada aperture maksimum, tetapi RF16mm f/2.8 STM menawarkan ketajaman di seluruh rentang aperture. Jangan ragu untuk menggunakannya dalam kondisi minim cahaya!

 

Pemikiran akhir: Bebas menyusun gambar yang dinamis secara kreatif

RF16mm f/2.8 STM memberikan keseimbangan luar biasa antara ukuran dan biaya.

Yang paling membuat saya terpesona adalah efek visual dinamis yang dapat Anda capai dengan panjang fokus 16mm. Ini adalah pasangan yang sempurna untuk gaya pemotretan genggam yang sangat mobile, serba cepat, seperti snapshot—Anda akan menyukainya jika Anda selalu bergerak saat memotret, bereksperimen dengan berbagai posisi dan sudut. Bahkan, saya dapat mengatakan bahwa daya tarik terkuat dari lensa ini adalah spesifikasi dan konsepnya, yang mencerminkan banyak pertimbangan atas kegunaan dan hal yang paling penting bagi mereka yang memotret dengan lensa tersebut.

Dengan perspektif dan mobilitasnya yang dinamis, RF16mm f/2.8 STM mungkin menjadi lensa yang mengangkat Anda dari kreativitas yang sudah rutin! Jika Anda memerlukan gagasan lainnya tentang apa yang perlu dilakukan untuk menginspirasi kreativitas, bacalah artikel berikut ini:
3 Tantangan Sederhana yang Menyiasati Peningkatan Keterampilan Fotografi Anda


EOS R5 + RF16mm f/2.8 STM

 

Spesifikasi utama:

Konstruksi lensa: 9 elemen dalam 7 kelompok
Jarak pemfokusan terdekat: 0,13m
Pembesaran maksimum: 0,26x
Jumlah bilah aperture: 7 (circular blades)
Diameter filter: 43mm
Ukuran: φ69,2 x 40,2mm (ditarik ke dalam)
Berat: kira-kira 165g


Lens Hood EW-65C (dijual secara terpisah)

 

Perlu lebih banyak ide tentang cara menggunakan lensa sudut ultra lebar untuk keunggulan yang sepenuhnya? Lihat:
Cara Melakukan Bidikan yang Jitu: Menambahkan Dampak ke Lanskap Hutan
Teknik Komposisi untuk Lensa Sudut Lebar
Teknik Lensa Sudut Ultra Lebar: Jejak Cahaya dari Perspektif Baru

Cari tahu selengkapnya mengenai lensa RF di sini:
In Focus: RF Lenses

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi.

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

Digital Camera Magazine

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

Ryo Ohwada

Ryo Ohwada

Ryo Ohwada yang lahir di Prefektur Miyagi pada tahun 1978, adalah lulusan dari Tokyo Polytechnic University’s Graduate School of Arts. Pada tahun 2005, karyanya terpilih untuk ditampilkan dalam pameran “reGeneration.50 Photographers of Tomorrow” yang diadakan di Musée de l'Élysée, Swiss. Karya lainnya juga telah dipamerkan, di Jepang maupun di luar Jepang, misalnya, di galeri LUMAS di Jerman. Ohwada terus memamerkan hasil karyanya yang unik kepada masyarakat umum, dan secara aktif memberikan hasil karyanya ke berbagai majalah serta media periklanan, dan sering mengadakan pameran berkelompok maupun perorangan. Ia juga merupakan seorang dosen di Tokyo Polytechnic University.