Tips & Tutorials

[Pelajaran 13] Pengaruh Sudut pada Foto

Dalam Pelajaran 13, saya akan menjelaskan cara pemotretan pada sudut yang berbeda dapat mempengaruhi hasil foto Anda. Jika Anda berniat untuk mulai menggunakan kamera mirrorless, atau baru saja membeli kamera, serial artikel ini memberikan pelajaran yang mudah dipahami tentang teknik menangkap foto mempesona dengan menggunakan EOS M yang menghasilkan gambar berkualitas tinggi dengan pengoperasian mudah yang layak dibanggakan. Dengan mempelajari dasar-dasar kamera dan fotografi, Anda dapat dengan mudah menghasilkan bidikan yang diinginkan! (Foto oleh: Yuji Ogura, Ditulis & Diselenggarakan oleh: Camera Biyori Editorial Department)

T: Bagaimana suatu sudut dapat mempengaruhi kesan pemirsa mengenai foto Anda?

J: “Sudut” merujuk ke orientasi kamera yang berkaitan dengan subjek. Kesan foto berubah, tergantung pada sudut pengambilan subjek, misalnya dari sisi, dari atas secara diagonal, atau secara langsung dari atas. Mari kita melihat beberapa contoh pemotretan subjek dari sudut yang berbeda.

Pengaruh Sudut

Mari kita belajar mengenai sudut yang berbeda dengan cara memotret dari samping, dari atas secara diagonal, dan secara langsung dari atas.

Dari samping

Mengambil foto dari samping menciptakan komposisi yang menyampaikan secara jelas tentang ketinggian subjek, misalnya seperti cangkir itu. Curahkan perhatian ke gambar secara horizontal untuk memberikan kestabilan pada gambar.

Tempatkan kamera di samping subjek Anda. Perhatikan depth-of-field (area yang tampaknya berada dalam fokus).

Dari atas secara diagonal

Apabila subjek ditangkap dari atas secara diagonal, titik pandangnya dekat dengan itu, apabila kita sedang duduk, dan gambar yang dihasilkan cenderung tampak alami. Selain itu, sudut ini memudahkannya menangkap seluruh penampilan elemen, dan posisinya secara relatif juga terdefinisi dengan baik.

Pegang kamera Anda sehingga subjek ditangkap dari atas secara diagonal. Pastikan memegang kamera dengan erat untuk menghindari goyangan pada kamera.

Secara langsung dari atas

Menangkap subjek secara langsung dari atas, menekankan bentuk subjek, menghasilkan foto yang datar dan geometris. Sudut ini membantu menciptakan komposisi yang tertata baik, bahkan apabila terdapat banyak piring di atas meja, seperti yang diilustrasikan dalam contoh.

Tempatkan kamera tepat di atas subjek. Hati-hati, jangan sampai menyertakan bayangan Anda sendiri ke dalam komposisi.

Diambil dari “Sudut” Berbeda

Menghasilkan bidikan dengan dampak yang kuat

Bidikan pilar struktur arsitektural pada low-angle dari bawah. Dengan mengarahkan kamera ke atas, ini akan menghasilkan dampak yang kuat, dan memungkinkan pemirsanya merasakan ketinggian struktur.

Menghasilkan bidikan geometris

Ini adalah bidikan drum tua yang ditangkap secara langsung dari atas. Bentuknya yang bundar serta garis horizontal dan vertikalnya ditonjolkan.

Kamera mirrorless pertama Canon, EOS M, tersedia dalam empat variasi warna (hitam, merah, putih dan silver). Anda bisa memilih favorit Anda.

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

Yuji Ogura

Karya fotografi Ogura sangat luas, dari karya fotografis pemotretan hingga pengembangan dan pencetakan film. Ia adalah salah satu pendidik di "Camera Biyori Photography School". Ia memulai kariernya sebagai engineer di laboratorium film, kemudian mendirikan lab "mogu camera" miliknya sendiri. Ia juga menjalankan studio potret "mogu sun".

Camera Biyori

Camera Biyori adalah majalah fotografi di Jepang yang memperkenalkan foto serba mempesona dan kegembiraan sehari-hari bersama kamera. Selain mengemukakan berbagai aktivitas ceria yang berkaitan dengan kamera dan fotografi, departemen editorial Camera Biyori juga menawarkan "Camera Biyori Photography School" untuk menganjurkan para pembacanya untuk aktif dalam fotografi dan bergembira-ria.

http://www.camerabiyori.com

Diterbitkan oleh Daiichi Progress Inc.

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

You have been logged off from your account.

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Thank you for your continued support as a member of the CANON and SNAPSHOT Community. We will do our best to continue provide you with more exciting and meaningful content to help you in your everyday quest to bring out the best photographer within you!

Permission to continue

Your CANON ID will be MERGED with your SNAPSHOT ID.

An activation link will be sent to your email.

Please re-enter your password to give us permission to continue.

Type your password

By clicking this, you agree to merge your CANON ID to SNAPSHOT ID. Agreeing to this is subject to CANON AND SNAPSHOT’S TERMS & CONDITIONS.