Produk

[Bagian 2] Lebih Lanjut tentang EOS 7D Mark II – Bodi

Dibandingkan dengan pendahulunya, banyak perubahan yang sudah dibuat pada EOS 7D Mark II, model perombakan pertama dalam lima tahun. Ini adalah artikel dari wawancara dengan para pengembang untuk mendapatkan informasi dari tangan pertama mengenai kemajuan yang dibuat pada bodi (kerangka) kamera, dan untuk mengetahui lebih lanjut tentang daya pikat EOS 7D Mark II. (Dilaporkan oleh: Ryosuke Takahashi)

T: Apakah bodi kamera memiliki struktur kedap debu dan kelembapan?

J:

"Ya, bodi kamera dirancang dengan mempertimbangkan ketahanannya terhadap debu dan kelembapan." Sebagai tanggapan terhadap umpan balik mengenai desain EOS 7D, ketahanannya terhadap debu dan kelembapan adalah sekitar empat kali lebih kuat pada EOS 7D Mark II, dengan penyempurnaan yang dilakukan pada sekian banyak bagian bodi, termasuk gantungan tali sandang dan tutup wadah baterai.

T: Bahan apa yang digunakan untuk bodi?

J:

"Tutup bagian atas, depan, dan belakang menggunakan aloi magnesium, yang tangguh dan memiliki efek perisai elektromagnetis." Di samping kekuatannya yang tinggi, aloi magnesium juga diketahui memiliki kemampuan yang bagus untuk menghilangkan panas. Bahan ini juga tidak tergantikan untuk menghasilkan desain yang mantap serta tekstur dan kesan elegan.

T: Apakah ukuran pentaprismanya sama dengan EOS 7D?

J:

"Bagian yang tidak diperlukan sudah dihilangkan untuk membuat pentaprisma ini lebih ringkas dibandingkan pentaprisma pada EOS 7D. Namun demikian, tidak ada perbedaan dalam performanya, sebagai prisma optik." Secara rasional, pentaprisma ini dirancang untuk menciptakan ruangan untuk menampung fitur baru, seperti antena GPS tanpa mengorbankan performa optiknya.

T: Berapa jumlah maksimum bidikan yang dapat diambil apabila baterai terisi penuh?

J:

"Selama pemotretan viewfinder pada suhu 23°C dan pada AE 100%, jumlah maksimum bidikannya 800. Apabila menggunakan 50% flash terpasang, jumlah maksimum bidikannya 670. Di bawah kondisi yang sama selama pemotretan Live View, jumlah maksimum bidikannya 270 dan 250, masing-masing pada AE 100% dan flash 50%.” Ini adalah jumlah yang diperoleh apabila menggunakan baterai LP-E6N.

Pemotretan Viewfinder (Suhu Ruangan): Kira-kira 670 bidikan

Pemotretan Live View (Suhu Ruangan): Kira-kira 250 bidikan

T: Apa kemajuan yang sudah dibuat dalam GUI?

J:

"Font yang dapat diperbesar, digunakan untuk meningkatkan daya ekspresi antar-muka (interface). Selain itu, informasi yang lebih terinci sekarang dapat ditampilkan pada layar playback, dan jumlah item yang lebih besar dapat didaftarkan ke My Menu." Font yang dapat diperbesar adalah font (bentuk huruf) dengan jumlah tepi bergerigi yang dapat diabaikan.

T: Dari segi apa dual card slot (slot kartu ganda) ini berguna?

J:

"Memiliki slot kartu ganda memungkinkan kamera beralih ke kartu yang berbeda secara otomatis, dan Anda dapat merekam data yang berbeda ke kartu yang berlainan. Pada saat yang sama, ini juga memperluas opsi pengguna dalam pemilihan kartu, dan setiap slot masing-masing mendukung format CF dan SD. Selain itu, Anda dapat memutar kembali, atau memeriksa gambar yang sudah ditangkap oleh kamera Canon yang lain pada EOS 7D Mark II."

T: Apakah visibilitas viewfinder-nya lebih baik daripada EOS 7D?

J:

"Karakteristik optik keduanya sama persis. Namun demikian, dengan peningkatan yang sudah dilakukan pada permukaan hamparan pelat pemfokusan, butiran dikurangi yang setara dengan EOS 7D, dan sekaligus lebih memudahkan untuk mengenai fokus." Cakupan Viewfinder sekitar 100%, sama seperti pendahulunya, dan dapat mencapai pembesaran 1x. Eyepoint (titik mata) sekitar 22mm.

A: Pentaprisma

B: Metering Sensor

C: Lensa Eyepiece

D: Untuk menampilkan informasi viewfinder.

E: LCD (bawah) untuk menampilkan informasi viewfinder

F: Layar Pemfokusan

G: LCD Transparan

H: Cahaya LED dari LCD Transparan

I: Panduan Cahaya untuk penyinaran LCD Transparan

T: Dapatkah genggaman baterai untuk EOS 7D digunakan pada EOS 7D Mark II?

J:

"Tidak. Anda harus menggunakan BG-E16 yang dirancang untuk EOS 7D Mark II." Genggaman Baterai BD-E 16 yang baru terbuat dari aloi magnesium, dan kedap debu serta kelembapan. Juga dilengkapi dengan tombol pemilihan area AF yang terpisah.

T: Apakah struktur layar LCD setara dengan EOS 7D?

J:

"Resolusi sekitar 1.040.000 bintik dibandingkan dengan sekitar 920.000 bintik pada EOS 7D, dan mengadopsi Layar Clear View II LCD." Seperti yang sudah disebutkan dalam wawancara, layar LCD EOS 7D Mark II lebih lebar berkat peningkatan jumlah bintik secara proporsional.

Clear View LCD

A: Tutup Pelindung

B: Lapisan Anti-pantulan

C: Panel LCD

Clear View II LCD

A: Lapisan anti-noda, Lapisan Anti-pantulan

B: Tutup Pelindung

C: Bahan Optik Elastis

D: Panel LCD

T: Dapatkah kita terus memanfaatkan model baterai yang ada sekarang?

J:

"Ya." LP-E6N (1,865mAh) yang baru memiliki kapasitas lebih besar, sekaligus mempertahankan bentuk yang sama seperti LP-E6 (1,800mAh). Pengisi baterai yang ada sekarang juga tetap dapat digunakan, sehingga perlengkapan yang sudah Anda beli untuk EOS 7D tidak akan terbuang.

Ryosuke Takahashi

Lahir di Aichi tahun 1960, Takahashi memulai karier freelance pada tahun 1987 setelah bekerja pada studio foto iklan dan penerbit. Melakukan pemotretan untuk majalah besar, ia telah bepergian ke banyak penjuru dunia dari tempat kedudukannya di Jepang dan Tiongkok. Takahashi adalah anggota Japan Professional Photographers Society (JPS).

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

Win an EOS M100

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.