Produk

[Part 2] Kemajuan Stabil – Performa Dahsyat EOS M3

Bodi kecil EOS M3 dikemas dengan sejumlah teknologi dan fitur baru secara berlimpah. Dalam artikel berikut ini, para pengembang akan memberi tahu kita, bagaimana level performa yang tak tertandingi ini dicapai pada kamera ini dibandingkan model lain pada kelas yang sama. (Diedit oleh: Camera Biyori, Foto oleh: Toru Matsushima)

Halaman: 1 2

 

 

Perencana: Takenari Kawano

 

Perancang: Hironori Oishi

 
 

 

Engineer: Jiro Yamamoto

 

Engineer: Shinobu Watanabe

 
 

 

Engineer: Takaaki Fukui

 

Engineer: Hiroyuki Ogino

 
 

Sensor CMOS yang baru dikembangkan dengan kualitas gambar yang terperbaiki

- Ini adalah model pertama dalam seri EOS M yang dilengkapi dengan built-in flash (lampu kilat terpasang). Apakah ada bagian apa pun pada desainnya yang paling Anda perhatikan?

Yamamoto Untuk mencegah cahaya flash diblokir oleh bodi lensa, kami mengadopsi mekanisme yang memungkinkan unit flash menonjol keluar lebih tinggi dan lebih jauh ke depan. Ada dua poros putar pada engsel yang memungkinkan flash bergerak lebih jauh ke depan daripada biasanya.

- Memang, walaupun engselnya kecil, tapi engsel ini merentang jauh dan menyampaikan kesan keindahan fungsional. Berikutnya, saya ingin tahu lebih lanjut tentang kualitas gambar. Apakah sensor CMOS pada EOS M3 baru saja dikembangkan?

Watanabe Ya. Pixel count sekitar 30% lebih tinggi dibandingkan EOS M. Jika kami berhasil meninggikan pixel count, resolusi nyata pun akan bisa ditingkatkan. Namun demikian, karena ukuran pixel juga menjadi lebih kecil dan sekaligus membuatnya semakin sulit untuk menangkap cahaya. Sehubungan dengan ini, hanya dengan meninggikan pixel count akan menimbulkan noise yang lebih signifikan. Pada EOS M3, telah dibuat peningkatan pada ketahanan noise sensor CMOS, sementara noise juga ditekan melalui pemrosesan gambar oleh image processor yang baru. Hasilnya, kamera mewujudkan level resolusi nyata yang lebih tinggi sekaligus mempertahankan noise pada level yang sama seperti model terdahulu.

- Opini di antara para pelajar sekolah fotografi yang dijalankan oleh departemen editorial Camera Biyori, yaitu bahwa produk Canon memiliki kualitas gambar yang istimewa. Tidak hanya itu, tapi juga ada sejumlah komentar, bahwa kamera bisa mengambil gambar kualitas bagus tanpa mengganggu white balance, di manapun bidikan itu terjadi.

Fukui Komentar seperti inilah yang membuat kami merasa bahwa upaya pengembangan kami bermanfaat. Kualitas gambar tunduk pada persepsi manusia, dan oleh sebab itu sangat bervariasi karena preferensi individual. Namanya bukan “pengembangan” kalau Anda membuat keputusan berdasarkan persepsi. Kami melakukan riset yang cermat untuk mengetahui aspek statistik yang akan membuat gambar tampak indah, bahkan bagi orang kebanyakan. Kami berharap semoga para pengguna kamera kami akan menikmati kualitas gambar EOS M3 yang luar biasa.

Monitor Tilting LCD (layar sentuh) yang bisa diputar hingga sekitar 180 derajat ke atas dan 45 derajat ke bawah. Untuk mencegah tampilan LCD terhalangi oleh bodi kamera ketika diputar-balik ke atas, tampilan disusun sedemikian rupa sehingga menggelincir ke atas apabila Anda memutarnya.

 
 

Kamera dilengkapi built-in flash. Posisi pop-up flash ini tinggi, yang memungkinkannya menerangi area lebar. Dengan menerapkan mekanisme patograf, desain engsel tampak cantik tanpa ada bagian yang dihamburkan.

 
 

EOS M3 juga kompatibel dengan EVF eksternal. Tidak perlu lagi mencemaskan soal visibilitas buruk tampilan monitor LCD apabila memotret di luar ruangan pada hari yang cerah. Namun, keuntungan lainnya dari EVF eksternal adalah, memungkinkan kamera untuk didukung pada tiga titik, yaitu wajah dan kedua tangan, sehingga mengurangi kemungkinan goyangan kamera, bahkan apabila lensa berat dipasang pada kamera.

 
 

- Bagaimana kamera menentukan jenis gambar yang akan dihasilkan?

Fukui Metode utama yang diadopsi disebut light source estimation (perkiraan sumber cahaya). Kamera memperkirakan sumber cahaya berdasarkan pada sejumlah faktor, seperti warna dan kecerahan untuk secara otomatis menghasilkan gambar yang optimal. Berikutnya, metode ini mendeteksi wajah subjek, dan kadang melakukan koreksi supaya wajah subjek akan terlihat lebih baik dalam gambar.

- Teknologi maju secara pesat, dan sekarang, tampaknya, gambar dapat mudah ditangkap, bahkan dalam pengaturan otomatis.

Kawano Sesekali, saya mendapatkan hasil yang lebih baik dengan pengaturan otomatis alih-alih pengaturan manual saya sendiri, dan kadang-kadang, hal itu membuat saya merasa agak kurang bersemangat.

Fukui Selain itu, karena kebijakan pengembangan kami, kami bertujuan untuk memungkinkan para pengguna senang mengoperasikan kamera serta mengambil foto serba indah dengan mudah dalam auto mode (mode otomatis).

 

Performa AF dengan presisi dan kecepatan

- Apa fitur favorit Anda pada EOS M3?

Watanabe Pastinya, fitur AF yang baru saja ditingkatkan. Saya mempunyai anak yang baru menginjak usia dua tahun, dan menurut saya, EOS M3 ideal untuk memotret anak-anak yang bergerak ke sana-sini secara cepat. Tidak mudah keluar fokus.

- Apakah high-speed AF merupakan fiture paling penting?

Ogino AF pada seri EOS M menggunakan metode hibrida pendeteksian kontras dan phase-difference detection (pendeteksian perbedaan fase). Dengan meningkatkan densitas horizontal pixel untuk phase-difference detection (pendeteksian perbedaan fase) pada sensor CMOS, kami berhasil meningkatkan presisi AF precision (Presisi AF) dan AF speed (Kecepatan AF) untuk EOS M3. Adalah satu tantangan besar mencoba mencapai presisi dan kecepatan, yang merupakan dua elemen yang berlawanan. Tugas paling sulit adalah meningkatkan AF speed tanpa mengorbankan akurasi AF.

Kamera dilengkapi mode Creative Assist (Bantuan Kreatif) baru, yang menampilkan pengaturan untuk menyesuaikan efek pada gambar dengan menggunakan istilah sederhana, seperti “Brightness” (Kecerahan) dan “Colour tone” (Nada warna). Anda dapat mendaftarkan hingga enam set pengaturan favorit Anda.

 
 

Anda bisa memuatkan pengaturan untuk bidikan yang diambil dalam mode Creative Assist, dan menerapkan pengaturan yang sama untuk menangkap gambar yang berbeda. Anda juga dapat menukar terminologi tampilan untuk menunjukkan istilah teknis untuk tiap pengaturan, yang membantu para pengguna memahami kamera dengan lebih baik.

 
 

GUI juga terperbaiki. Tab diatur ulang menurut genre (pengaturan pemotretan, pengaturan dasar, dll.) agar lebih jelas. Pergerakan grafik juga lebih mulus.

 
 

- Dari segi fungsi, apakah “Creative Assist” dikembangkan dari mode “Creative Auto” yang terdahulu?

Kawano Konsepnya agak berbeda. Walaupun mode “Creative Auto” menggunakan ekspresi yang mudah dipahami, seperti “Blurred” (Diburamkan) dan “Brighten/Darken” (Lebih Cerah/Gelap), namun tidak memberi tahu Anda tentang apa yang terjadi di dalam kamera. “Creative Assist”, sebaliknya, menampilkan lima pengaturan, termasuk “aperture” dan “exposure compensation” dengan istilah sederhana, dan menggantikannya dengan terminologi yang sesuai pada layar playback. Tujuan kami adalah memfasilitasi pemahaman para pengguna mengenai pengaturan yang berbeda-beda.

- Ini memang sangat bagus. Menurut saya, semua itu mudah dipahami, dan akan membantu para pengguna untuk lebih cepat meningkatkan keterampilan mereka.

Kawano Hanya dengan memilih foto yang diambil dengan baik, Anda dapat menerapkan pengaturan yang sama untuk menangkap bidikan yang lain.

Kawano Bagi mereka yang sudah akrab dengan teknik fotografi, EOS M3 memungkinkan mereka menikmati proses pemotretan yang sepenuhnya. Sedangkan bagi mereka yang baru saja mempelajari fotografi, saya yakin kamera ini sangat mudah ditangani. Apabila baru pertama kali menggunakan EOS M3, para pengguna dapat belajar mengenai pengaturan dalam mode "Creative Assist". Setelah lebih akrab dengan istilah kamera, dan selanjutnya dengan pengoperasian kamera, para pengguna dapat meningkatkan ke penyesuaian manual dengan menggunakan dial. EOS M3 bahkan memungkinkan para pemula untuk maju lebih jauh hanya dengan terus melatih keterampilan fotografi mereka. Oleh karena itu, saya berharap semua orang bisa merasa bebas memanfaatkan kamera untuk mendapatkan pengalaman fotografi yang menyenangkan.

 
Camera Biyori

 

Camera Biyori adalah majalah fotografi di Jepang yang memperkenalkan foto serba mempesona dan kegembiraan sehari-hari bersama kamera. Selain mengemukakan berbagai aktivitas ceria yang berkaitan dengan kamera dan fotografi, departemen editorial Camera Biyori juga menawarkan “Camera Biyori Photography School” untuk menganjurkan para pembacanya agar aktif dalam fotografi dan bergembira-ria.

http://www.camerabiyori.com

Diterbitkan oleh Daiichi Progress Inc.

 
 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

Win an EOS M100

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.