Produk

[Bagian 2] Pusat Perhatian – Lensa Zoom 25x

Dalam serial ini, kami mengungkapkan kisah di balik pengembangan kamera saku digital yang berkemampuan ultra tinggi, Powershot G3 X. Bagian kedua ini memusatkan pada lensa kamera. Bagaimana para pengembang berhasil memasang lensa dengan kisaran zoom 25x pada bodi yang ditenagai oleh sensor tipe 1,0 inci yang besar? Kami menanyakan kepada Mr. Hiroshi Saruwatari, yang bertanggung jawab dalam pengembangan lensa.

Halaman: 1 2

R&D Lensa

Pusat Pengembangan ICP 1

Manajer

Hiroshi Saruwatari

“Lensa unggulan yang diciptakan dengan jumlah data yang begitu banyak, yang dimiliki Canon, dan know-how (tata cara) yang dikumpulkan melalui berbagai hasil pengembangan dari sekian banyak lensa.”

Kekuatan optik komprehensif Canon yang sangat penting

- Bagaimana menentukan spesifikasi untuk zoom 24–600mm, 25x?

Saruwatari Membuat optik keseluruhan seringkas mungkin pada telefoto maksimum yang biasanya sangat panjang, merupakan kebijakan desain lensa PowerShot G3 X. Karena dengan meningkatkan ukuran sensor dan membuat pembesaran yang lebih tinggi pada zoom akan menyebabkan optik keseluruhan menjadi lebih panjang, hal ini sungguh merupakan tantangan yang luar biasa sulit. Namun demikian, karena terdapat beberapa model premium high-power di pasar, ini merupakan upaya awal untuk Canon. Tatkala proyek mengalami kemajuan, bahkan di antara tim pengembangan, kami menempatkan diri pada posisi pengguna, dan mengatakan seperti ini, “Pembesaran ini tidak cukup," atau "Saat ini saya benar-benar ingin memiliki sudut lebar 24mm," dan kami pun menjadi semakin bersemangat. Di tengah-tengah upaya kami untuk menciptakan sesuatu yang pertama di dunia, dan terbaik, yang akan memiliki suatu dampak di pasar, kami mampu mewujudkan lensa zoom 24-600mm, 25x. Tanpa ragu, dengan berkonsentrasi pada kemampuan teknik Canon yang menggiring kami ke pembesaran unggulan ini, pada saat ini, saya yakin bahwa kami memiliki sesuatu untuk ditawarkan kepada para pengguna yang dapat digunakan untuk waktu yang sangat lama.

Lensa PowerShot G3 X dikembangkan dengan memanfaatkan know-how (tata-cara) sepenuhnya dari produksi lensa EF. Desain optiknya, di mana 18 komponen lensa dibagi ke dalam 6 kelompok lensa yang memadukan elemen lensa positif dan negatif sebanyak 3 kali, memungkinkan realisasi zoom tinggi 25x dalam ukuran lensa ringkas.

- Apa alasan untuk merealisasikan konstruksi yang sekarang?

Saruwatari Dengan memanfaatkan konstruksi enam kelompok lensa, bagian positif dan negatif lensa dipadukan tiga kali untuk desain optik kamera saku Canon yang pertama, berhasil memperpendek panjang keseluruhan lensa. Alih-alih sebagai konstruksi kamera saku, Anda bisa mengatakan bahwa ini lebih menyerupai gaya desain lensa yang dapat dipertukarkan. Kami mampu mengoptimalkan dengan mengadakan urun rembuk dengan para perancang di departemen yang sama mengenai karakteristik yang secara komparatif mirip dengan yang didesain untuk lensa zoom telefoto EF, dan mengimplementasikan masukan tentang desain ini ke PowerShot G3 X. Dalam rangka upaya pengembangan lensa yang sangat inovatif pada model high-power yang dilengkapi dengan sensor tipe 1,0 inci, memiliki akses ke pengetahuan dan data numerik yang sangat lengkap, yang didapatkan melalui pengembangan produk terdahulu yang begitu berlimpah, ini merupakan kekuatan utama Canon.

- Apa penanggulangan yang dilakukan untuk aberasi?

Saruwatari Tatkala panjang fokus meningkat, maka tidak dapat dihindari bahwa aberasi juga akan meningkat. Agar dapat menekan aberasi ini, lensa UD dan lensa asferis digunakan tanpa keraguan, mengurangi fluktuasi aberasi di seluruh kisaran zoom penuh. Selain itu, koreksi ini juga memanfaatkan pengetahuan yang didapatkan dari lensa zoom telefoto EF. Pada model high-power, memahami secara akurat tentang fluktuasi aberasi yang menyertai zoom dan fokus adalah hal yang penting, sehingga, dengan memanfaatkan data lensa zoom telefoto dengan hasilnya hingga saat ini, yang secara komparatif memiliki karakteristik yang mirip dengan PowerShot G3 X, saya berpendapat bahwa hal ini memungkinkan kami menawarkan kepada para pengguna, produk dengan stabilitas yang bahkan lebih hebat dan kualitas gambar yang dapat diandalkan.

Kelompok 1

Kelompok 2

Kelompok 3

Kelompok 4

Kelompok 5

Kelompok 6

Dengan memanfaatkan lensa UD secara leluasa, aberasi ditekan di seluruh kisaran zoom penuh.

Mencapai performa image stabilizer (penstabil gambar) tingkat tinggi

Pemotretan yang mudah dimungkinkan, bahkan dengan menggenggam kamera, bisa mencapai performa penstabil gambar tingkat tinggi.

- Apa penanggulangan yang dilakukan untuk goyangan kamera?

Saruwatari Pada model high-power yang ada saat ini, lensa kelompok tiga melaksanakan stabilisasi gambar, namun, pada PowerShot G3 X, stabilisasi gambar yang menggunakan lensa kelompok dua, yang diimplementasikan untuk pertama kali pada kamera saku Canon, mencapai IS yang bahkan lebih dahsyat. Selain itu, menggunakan lensa kelompok dua untuk IS, juga menghasilkan kualitas gambar yang bagus. IS Optik menggerakkan lensa secara tegak lurus pada sumbu optik, sehingga, jika ini tidak dapat dikendalikan secara akurat, terdapat risiko bahwa aberasi dan penyinaran periferal akan hilang akibat penyimpangan, dll., bisa menurunkan kualitas gambar. Namun demikian, karena lensa kelompok dua yang bahkan lebih dekat ke subjek, dapat menangkap cahaya dari sudut yang lebih lebar, ini dapat menekan risiko kehilangan penyinaran periferal. Karena lensa pengendalian ini besar dan berat, sulit untuk mengimplementasikan pada kamera saku yang memiliki keterbatasan daya listrik dan ukuran motor, yang merupakan masalah, namun, hal ini teratasi melalui kerja sama dengan departemen laras lensa, sehingga menghasilkan performa IS yang tinggi dan kualitas gambar yang indah. Zoom kamera baru ini begitu bagus, bahkan bidikan dengan menggenggam kamera pun bisa menghasilkan gambar yang serba indah tanpa menggunakan tripod.

Tidak seperti kamera saku zoom tinggi yang terdahulu, kelompok lensa kedua pada PowerShot G3 X dilengkapi dengan mekanisme stabilisasi gambar. Ini tidak hanya memastikan stabilisasi gambar yang lebih dahsyat, tapi juga menurunkan risiko kehilangan penyinaran periferal, sehingga menghasilkan kualitas gambar yang bahkan lebih baik.

- Masalah apa saja yang dijumpai selama memproduksinya?

Saruwatari Karena desainnya sangat sulit, tingkat presisi untuk toleransi produksi dan komponen pun sangat tinggi. Demi penempatan lensa yang tepat, terdapat interaksi tumpang-tindih dari tahap pembuatan purwarupa dengan kerja sama antara departemen laras lensa dan Nagasaki Canon, yang melaksanakan produksi. Berkat perbaikan presisi komponen dan presisi perakitan hingga ke hitungan mikron yang dilakukan berulang-ulang, maka dimungkinkan untuk mencapai presisi yang bahkan lebih ketat dari nilai-nilai yang diizinkan bagi kami pada tahap desain awal.

Apabila menyangkut soal menghasilkan kamera saku premium high-power terobosan, saya berpendapat bahwa dengan kerja sama antara departemen desain dan produksi, maka dimungkinkan untuk membangkitkan antusiasme.

Dengan memilih komponen terbaik kamera saku dan lensa yang dapat dipertukarkan, bisa dikatakan bahwa semua tuntutan pemotretan normal terpenuhi dengan satu kamera.

- Penggunaan seperti apa yang ingin Anda lihat untuk kamera ini?

Saruwatari Karena banyak focal length (panjang fokus) yang dipertahankan, menurut saya, kamera ini bisa dikatakan dapat menangani semua tuntutan pemotretan normal. Dari segi telefoto maksimum 600mm khususnya, lensa yang dapat dipertukarkan, berukuran besar dan amat sangat mahal. Harga yang masuk akal, dan bodi kamera yang ringkas untuk dibawa ke mana saja, adalah daya tarik yang terutama. Sebaliknya, karena 24mm juga dipertahankan pada wide-angle maksimum, lensa ini juga memiliki paduan fitur lensa wide-angle kamera saku. Pokoknya, saya berpendapat bahwa pada kamera ini, kami "memilih secara cermat" dari kamera saku dan lensa yang dapat dipertukarkan. Saya ingin orang-orang merasa nyaman menggunakannya dalam beragam pemandangan, dari pertandingan atletik hingga memotret hobi seseorang.

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

Win an EOS M100

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.