Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Yang Baru >> All Happenings

Photo Face-off MasterClass Bersama Justin Mott

2017-10-03

Lebih dari 30 orang berpartisipasi dalam acara Photo Face-Off MasterClass yang diselenggarakan oleh History Channel dan disponsori oleh Canon pada 7 Agustus 2017  di Jakarta, Indonesia. Acara ini dibawakan oleh fotografer kawakan dan tokoh pertelevisian, Justin Mott. 

photo face-off masterclass jakarta

Fokus: Seni Fotografi

Workshop ini dibuka dengan sambutan dari Sintra Wong selaku Division Manager PT Datascript, Mitra Canon di Indonesia. Wong mengakui bahwa saat ini semakin meningkatnya popularitas kamera smartphone. Meskipun terlihat sederhana, Wong percaya bahwa kualitas gambar adalah faktor utama untuk para pecinta fotografi. Ia pun mengajak semua pengguna DSLR agar bisa berbagi akan keindahan gambar kepada teman dan keluarganya. 

photo face-off masterclass jakarta

Sintra Wong (kanan) memulai beberapa sesi  dengan beberapa penjelasan kepada peserta

photo face-off masterclass jakarta

Para profesional dan penggemar fotografi berkumpul bersama untuk menghadiri workshop

Masukan dari Profesional

Fotografer profesional Justin Mott, telah diakui atas karya fotonya yang diterbitkan di berbagai media internasional seperti Forbes, New York Times, The Wall Street Journal dan Conde Nast Traveler dan lainnya. Ketika ia berusia 30 tahun, hasil kerjanya dipublikasikan secara luas untuk media promosi sejumlah jaringan hotel mewah, antara lain Intercontinental, Hyatt, Pullman dan Apricot Hotel. 

photo face-off masterclass jakarta

Justin Mott (atas) membagikan tips fotografi yang berguna pada peserta MasterClass

Trik Industri Fotografi

Dalam workshop bertema potret ini, Justin membagikan beberapa tips berguna untuk membuat foto terlihat jadi lebih menarik.

 1.Selalu bercerita

Cari sebuah objek yang memiliki karakter dan menarik perhatian. 

photo face-off masterclass jakarta

Sesi diskusi dasar dan teknik fotografi dari Justin Mott

2. Mulai dengan Background

Mulailah dengan background favoritmu. Perhatikan pakaian subyek fotomu  dan cari background yang mendukung penampilannya. Gunakan berbagai elemen yang bisa ditemui di sekitarmu, seperti background yang bertekstur kayu, elemen besi atau pagar rumah.

3. Nyalakan cahaya

Kita bisa mengubah adegan yang membosankan menjadi pemandangan yang terlihat spektakuler dengan cahaya yang indah. Pastikan cahaya menerangi wajah subyek. Periksalah arah cahaya dan pastikan subyek kita merasa nyaman dengan cahaya tersebut. Jika subyek merasa tidak nyaman dengan pencahayaan, kita harus memotret dengan cepat. 

Cari tahu lebih banyak tentang pencahayaanHow to Play with Lighting

4. Kuasai Komposisi Anda

Cari keseimbangan yang tepat antara subyek dan lingkungan sekitar mereka. Kemudian usahakan membingkai wajah secara parsial atau hanya membidik mata atau bibir. Bingkai gambar Anda untuk menarik perhatian penonton ke tempat yang Anda inginkan.

5. Lapisan Subyek

Setelah mendapatkan latar belakang layaknya sebuah kanvas dalam lukisan, maka selanjutnya  mengatur latar depan dengan menggunakan berbagai benda  agar lebih sesuai  dengan gambar. Di sekitar kita banyak hal atau benda tersedia, kita tinggal menemukannya.

6. Ekspresi dan Postur Tubuh

Mulailah dengan postur tubuh, apakah kita ingin subyek berdiri tegak atau duduk dengan nyaman. Perhatikan kombinasi gambar dengan latar belakang yang diinginkan serta komposisinya. Dan pastikan postur subyek dalam kondisi yang nyaman saat pengambilan gambar.

Menempatkan Teori ke Praktik

Setelah Justin menyampaikan materi di dalam ruangan tertutup. Kini waktunya peserta yang dibagi dalam beberapa kelompok untuk mempratekkan ilmu yang telah diterima. Masing-masing peserta diberi waktu satu menit untuk melakukan pengambilan gambar seorang model yang telah disiapkan oleh panitia.

photo face-off masterclass jakarta

Semua peserta siap untuk memulai MasterClass 

photo face-off masterclass jakarta

Justin Mott (biru) memberikan tips saat kontes berlangsung

Semua bisa dijadikan model

Lokasi workshop berlokasi di sebuah taman yang dikelilingi restoran sehingga memberi para peserta banyak pilihan untuk menentukan tempat pengambilan gambar. Peserta dari kelompok pertama  memotret model di atas sebuah becak yang menjadi pajangan di pojok gedung. Selanjutnya mereka memanfaatkan lukisan mural berupa deretan perahu phinisi sebagai latar belakang foto mereka . Sementara peserta lain memanfaatkan hijaunya dedaunan yang menjuntai hingga bawah pohon. Cahaya matahari sore yang jatuh menerobos daun-daun juga menjadi incaran para peserta.

photo face-off masterclass jakarta

Di belakang layar: Peserta sedang melakukan pemotretan

photo face-off masterclass jakarta

Model berpose untuk kelas fotografi pemula

Dan pemenangnya adalah...

Perburuan foto yang seru pun berakhir dan Justin memberikan beberapa masukan. Justin mengatakan bahwa seorang fotografer harus bisa berkomunikasi dengan baik dengan subjeknya. Hal ini karena mereka saling bekerja bersama dan berkolaborasi, seorang fotografer tidak akan pernah bekerja sendirian. 

photo face-off masterclass jakarta

Justin Mott menyeleksi hasil foto untuk memilih pemenang

Setelah memberi penilaian terhadap hasil foto dari semua peserta, Justin selanjutnya memilih tiga pemenang berdasarkan tips yang diberikan sebelumnya, yaitu : 

1. Rifki Antariksa

2. Billsatya

3. Arif Nurohman

photo face-off masterclass jakarta

Justin Mott dengan 3 pemenang

60 menit yang menantang

Seusai penyerahan penghargaan,pemenang Juara pertama, Rifki Antariksa mengatakan bahwa workshop ini memberikan banyak tips yang berguna, serta kompetisi pemotretan yang cukup menantang karena dengan waktu yang terbatas selama 60 detik, peserta dituntut untuk memotret dengan komposisi yang sempurna, pencahayaan yang tepat, dan ekpresi yang mengagumkan. 

photo face-off masterclass jakarta

Selesai! Hari penuh pembelajaran dan pengalaman diakhiri dengan foto bersama

Tentang Photo Face-Off

Acara Photo Face-Off Master Class ini merupakan rangkaian awal dari kompetisi fotografi di Asia Tenggara, Photo Face-Off yang memasuki seri ke empat dan akan mulai ditayangkan secara eksklusif di History Channel. Fotografer amatir lokal bersaing satu sama lain untuk menjadi wakil dari negaranya di final akhir musim. Peserta dari Indonesia adalah Sony Tri Laksono, Nadya Andhita, Galuh Azhar Wicaksana dan Kyra Modesty.

Berikut daftar peserta dari negara lain:

Thailand: Siripong Panasonthi

Taiwan: Yi-Kai Lin

Hong Kong: Wai Yun Leung (William)

Malaysia: Nurfarzaana Hanan Fareeha, Safuan Bin Salahudin, Sheryl Ng, Andy Tan Liang Sam

Singapura: Jasbir Singh S/O John Masih, Joyce Judisun Chansingh, Siva Shanker, Koh Kim Tat Dean

Filipina: Janos Leo G Andanar, Mary Princess Ayana Ibajo, Michelle Kimberly Chua, Blaine Jarligo

Vietnam: Nguyen Phuong Nhi, Nguyen Thi Thu Trang, Van Viet An Nguyen Andy, Tang My Thi

Klik di sini untuk informasi lebih lanjut tentang Photo Face - Off di History Channel.

Cari tahu lebih lanjut tentang PhotoMarathon di sini

Pelajari beberapa tips dan trik fotografi potret dari artikel di bawah ini: 

Berurusan Dengan Orang Sungguhan

Lang Demi Langkah: Menangkap Potret Dramatis Menggunakan Cahaya Latar dari Cahaya Latar Jendela