Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Tips Fotografer untuk Memotret Sepatu Kets

Selami apa yang ada di pikiran pecinta sepatu kets seperti Dinnie, saat ia berbagi tentang perjalanannya menjadi fotografer sepatu kets dan memberikan tips fotografi orang dalam dan rekomendasi lensa untuk membantu Anda memulai!


EOS R6, RF24-105mm f/4-7.1 IS STM, f/6.3, ISO 640, 1/60s, 65mm
 

Bagaimana dan kapan Anda mulai memotret sepatu kets sebagai hobi?

Saya selalu menyukai sepatu kets – tampilannya, gayanya, warnanya, dan semua desainnya yang unik.

Memotret sepatu kets dimulai ketika saya ingin menjual kembali beberapa sepatu saya yang memiliki nilai jual kembali. Saya ingin menampilkannya dengan cara terbaik untuk menarik lebih banyak calon pembeli melihat barang-barang saya. Itu berhasil, dan saat itulah saya belajar lebih dalam tentang konseptualisasi, penataan gaya, dan mengembangkan ide untuk fotografi sepatu kets.

 

Menurut Anda, apa itu fotografi sepatu kets?

Saya percaya bahwa fotografi sepatu kets adalah tentang memamerkan alas sepatu dari sekadar sebagai sepatu. Ada banyak perawatan yang terlibat dalam merawat sepatu kets Anda, banyak cara berbeda untuk memamerkan koleksi terbaru Anda, dan bahkan bagaimana sepatu putih yang sederhana bisa terlihat mahal saat ditata dan difoto dengan baik.

 

 

Apa yang Anda cari dalam sepatu yang Anda potret? Apa yang Anda perhatikan?

Saya biasanya akan memperhatikan warna, logo unik dan aksesoris yang menyertainya. Saya suka sepatu yang memberi saya inspirasi instan atau sepatu yang memiliki cerita. Bagi saya, kebanyakan sepatu memiliki sudut yang ideal.

Pelajari tentang teori warna dan cara untuk menangkapnya secara akurat!

Untuk contoh di atas, saya terinspirasi dari nama resmi sepatu kets 'Dunk Low' atmos Elephant'. Saya ingin menampilkan sepatu kets tersebut sebagai gajah yang ditemukan di hutan. Karenanya, saya mencari lokasi yang cocok yang memberi efek pepohonan, dedaunan, dan tanah kotor.

 


(KIRI KE KANAN)
EOS R6, RF24-105mm f/4-7.1 IS STM, f/7.1, ISO 250, 1/60s, 85mm

EOS R6, RF24-105mm f/4-7.1 IS STM, f/8, ISO 400, 1/60s, 97mm
EOS R6, RF24-105mm f/4-7.1 IS STM, f/7.1, ISO 250, 1/60s, 82mm

 

Saya seorang pemula. Bagaimana saya harus memulai di ceruk fotografi ini?

Karena sepatu kets hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, saya merasa tidak ada batasan tentang bagaimana seseorang dapat menafsirkan sepatu dan menggambarkannya dalam foto. Namun, saya akan menyarankan untuk memulai dengan foto dasar di mana semua detail berada dalam fokus. Anda dapat memanfaatkan depth of field yang dalam untuk menangkap tekstur bahan, benang, jahitan, tali, warna, dan banyak lagi. Ini memberi pemirsa gambaran keseluruhan dari subjek dalam segala kemegahannya.

Saat Anda siap, Anda dapat bereksperimen dengan detail yang ditemukan di setiap pasang sepatu. Mereka biasanya memiliki nilai jual yang unik (seperti warna, tekstur, desain, fungsi, dan masih banyak lagi), dan Anda dapat bereksperimen dan membuat konsep ide yang dapat menyoroti detail utama ini.

Juga, berkreasilah dengan alat peraga! Mereka dapat membantu Anda menceritakan kisah sepatu dan menunjukkan interpretasi Anda. Anda juga dapat bereksperimen dengan pemosisian subjek, seperti memotretnya dari atas ke bawah, sebagai flat lay, digantung, dan banyak lagi. Menurut pengalaman saya, foto yang paling saya sukai adalah foto dengan interaksi yang sederhana dan kasual - bisa saja melempar sepatu ke dalam tas atau memegangnya di atas lantai yang terlihat menarik.

 


EOS R6, RF24-105mm f/4-7.1 IS STM, f/5, ISO 640, 1/20s, 37mm

 

Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk menyiapkan sepatu Anda, dan apa rahasia orang dalam Anda?

Biasanya akan memakan waktu sekitar 30 menit hingga satu jam hanya untuk menyiapkan sepatu saya. TIps saya adalah memotret sepatu dengan ukuran UK 8-9,5. Sepatu di bawah atau di atas kisaran tersebut memiliki hasil akhir yang berbeda yang terlihat jelas di foto. Logonya menjadi lebih menonjol, swoosh (atau detail) terlihat lebih panjang, bagian depan menjadi sedikit lebih besar dan bisa terlihat aneh. Menurut pendapat saya, sepatu yang lebih besar umumnya lebih lebar dan lebih panjang, yang menurut saya kurang estetis dalam fotografi, terutama jika dibandingkan atau dipadukan dengan elemen lain. Sepatu yang lebih kecil terlihat lebih menarik dan manis secara proporsional!

Mengisi bagian dalam sepatu adalah saus rahasianya (gambar di atas menunjukkan contoh perbedaan antara sepatu yang disiapkan dan yang tidak). Sepatu yang dipakai di kaki terlihat lebih baik daripada saat berada di rak toko. Jadi, isi sepatu itu dengan isian kertas atau kaus kaki agar mengembang dan terlihat lebih realistis seolah-olah sedang dipakai.

Mengikat tali sepatu adalah sesuatu yang tidak dilakukan banyak fotografer. Anda harus memastikan bahwa talinya rata, rapi, dan simetris.

Lokasi tidak begitu penting kecuali jika hal itu krusial untuk menceritakan ceritanya. Saya akan mencari dinding dengan grafiti atau memasukkannya ke mesin cuci dengan celana jin untuk foto yang menarik.

 

Lensa mana yang menurut Anda bagus untuk fotografi sepatu kets?

Saya percaya bahwa lensa Zoom normal dan lensa makro sudah cukup. Anda tidak memerlukan kombinasi kamera yang mewah karena sepatu kets bukanlah subjek yang sulit untuk dikerjakan.

Saya akan menyarankan lensa ini sebagai permulaan: Canon RF24-70mm f/2.8L IS USM, Canon RF24-105mm f/4-7.1 IS STM dan Canon RF100mm f/2.8L Macro IS USM untuk menangkap detail.

 


EOS R6, RF24-105mm f/4-7.1 IS STM, f/4.5, ISO 800, 1/30s, 33mm

 

Bagaimana Anda memberikan kehidupan ke dalam produk melalui fotografi?

Saya bermain-main dengan banyak gaya mulai dari menggunakan lampu yang berbeda sampai menambahkan atau mengurangi bayangan. Saya akan selalu mencoba menambahkan perspektif saya ke dalam foto saya, dan saya tidak keberatan membuat sepatu kotor atau basah untuk mendapatkan tampilan tersebut. Tentu saja, pascapemrosesan terkadang diperlukan untuk mengedit dan memoles bagian tertentu dari foto Anda untuk hasil akhir yang bagus.

Apa yang ingin Anda tunjukkan dalam gambar Anda?

Saya ingin memamerkan sepatu apa pun, bahkan yang tidak biasa, agar terlihat penuh gaya bagi pengikut saya. Saya ingin membuat sepatu lebih disukai dan mudah dipasarkan dengan membuat pemirsa berpikir bahwa sepatu tersebut terlihat keren setiap saat.

 

Untuk artikel serupa, silakan kunjungi:
Fotografi Produk Sederhana: Aksesori

5 Pengaturan Berguna Kamera untuk Pemotretan Dalam Ruangan

Fotografi Mode: Mata Bisa Bercerita