Yang Baru >> All Happenings

Tantangan Fotografi: Pemenang Canon Photomarathon Asia 2017

2018-01-18

Pernahkan Anda bertanya tentang apa yang diperlukan untuk memenangkan Canon Photomarathon? Perhatikan beberapa foto menakjubkan yang diambil oleh fotografer yang berpartisipasi.

Salah satu cara terbaik untuk mengadakan tantangan fotografi adalah mempertahankan peserta di tempat mereka berada. Itulah yang mereka lakukan pada Canon Photomarathon Asia Championship 2017, di sini 18 penantang diminta untuk berpartisipasi dalam beberapa tantangan di dua lokasi: Tokyo dan wilayah Ibaraki.

Untuk benar-benar menguji kemampuan mereka, fotografer diberikan beberapa tugas selama enam hari. Dalam beberapa tantangan, mereka diminta untuk memotret berdasarkan tema seperti 'Lights and Lines'. Tantangan lainnya meminta mereka memotret dalam batas waktu satu jam. Dan terakhir, tantangan yang paling sulit di antaranya, mereka juga diminta untuk memilih gambar favorit mereka sendiri dan kirimkan tiga gambar selama pemotretan enam hari.

Tantangan Ibaraki

Tantangan ini menugaskan peserta untuk mengirimkan foto terbaik mereka dari waktu yang mereka habiskan di Prefektur Ibaraki. Tanyakan pada fotografer mana pun dan mereka akan memberitahu Anda - sangat sulit untuk memilih hanya satu foto untuk dikirimkan. Hal ini bahkan lebih sulit lagi ketika mereka menghabiskan sedikit waktu untuk memotret seluruh wilayah yang beragam itu.

Terdapat tiga peserta untuk tantangan ini antara Azril Azam Bin Abdul Rahim dari Malaysia, Lee Man Hin dari Hong Kong dan Nursanto Soeradi Somo dari Indonesia. Ketiga fotografer tersebut mampu memotret sesuatu istimewa yang berkaitan dengan keindahan alam suatu kawasan yang dikenal dengan banyaknya danau dan pemandangan luar yang menakjubkan. Merupakan hal yang sangat sulit untuk hanya memilih satu pemenang dari ketiganya.

EOS 5D Mark IV, EF 24-105mm f/4L IS USM lens, f/4.0, 105 mm, 1/200 sec, ISO1600
Foto oleh Azril Azam Bin Abdul Rahim

EOS 5D Mark III, EF 24-105mm f/4L IS USM lens, f/22.0, 31mm, 1.0 sec, ISO50
Foto oleh Lee Man Hin

EOS 7D Mark II, EF 100mm f/2.8L Macro IS USM lens, f/6.3, 100mm, 1/5 sec, ISO100
Foto oleh Nursanto Soeradi Somo

Tantangan Pasar Ikan Tsukiji

Dalam tantangan ini, kami meminta para fotografer untuk menyoroti kehidupan di daerah tersebut. Tema ini tentu saja masuk akal, karena pasar yang terkenal di dunia ini dikenal akan lingkungannya yang serba cepat, penjual dan pembeli yang energik.

Foto kemenangan yang diambil oleh Tang My Thi dari Vietnam, mudah diingat tidak hanya karena kualitasnya. Gambar ini luar biasa karena telah memotret momen tenang dalam kehidupan yang berisik dari seseorang yang bekerja di pasar Tsukiji - sebuah pemandangan yang sangat langka!

EOS 5D Mark III, EF 16-35mm f/4L IS USM lens, f/6.3, 18mm, 1/100 sec, ISO1250
Foto oleh Tang My Thi

Tantangan Sanja Matsuri

Tema Tantangan Sanja Matsuri adalah 'Energy and Exposure'. Sanja Matsuri adalah salah satu festival paling terkenal yang diselenggarakan oleh pengikut agama Shinto di Tokyo. Acara ini populer di kalangan penduduk lokal dan turis, serta menarik hingga 2 juta pengunjung per tahun, sehingga Anda bisa membayangkan betapa ramainya jalanan di saat para fotografer mencoba mengambil gambar.

Pemenangnya, Sardana Nisanshay dari India, tentu saja memotret energi di dalam fotonya. Anda bisa merasakan kegembiraan murni yang dirasakan oleh pasangan yang ikut serta dalam festival tersebut.

EOS 80D, EF-S10-18mm f/4.5-5.6 IS STM lens, f/5.6, 10mm, 1/640 sec, ISO640
Foto oleh Sardana Nisanshay

Tantangan Pemandangan Malam Kawasaki

Tantangan ini mengikuti tema ‘Lights and Lines’. Fotografer mengelilingi Kawasan Industri Kawasaki yang terletak dekat dengan pusat kota Tokyo, yang merupakan tempat yang mencakup kawasan industri yang baru-baru ini menjadi populer karena kekumuhannya.

Prajapati Stuti Archit dari India menang dengan pemotretan yang disandingkan dengan keheningan bangunan yang lapuk diikuti garis dinamis yang dibuat oleh kendaraan yang melaju.

EOS 5D Mark III, EF 16-35mm f/2.8L II USM lens, f/22.0, 35mm, 181.0 sec, ISO100
Foto oleh Prajapati Stuti Archit

Tantangan Event

Tanpa penetapan tema, ini mungkin merupakan tantangan yang paling sulit bagi para peserta.

Berbeda dengan Tantangan Ibaraki yang meminta foto terbaik yang diambil pada satu wilayah, Tantangan Event meminta peserta untuk memilih tiga foto terbaik mereka selama enam hari pemotretan. Hal itu berarti mereka harus memilih dari foto potrait, pemandangan dan apapun yang mereka potret!

Tantangan ini dimenangkan oleh Nidhivir Wongpraywit dari Thailand berkat kegemarannya dalam memotret pemandangan Jepang yang hampir sempurna. Masing-masing dari tiga foto di bawah ini menunjukkan dedikasinya untuk memotret detail yang lebih baik - seperti embun pagi di ujung daun tanaman.

EOS 7D Mark II, EF-S 18-135mm f/3.5-5.6 IS USM lens, f/6.3, 135mm, 1/250 sec, ISO200
Foto oleh Nidhivir Wongpraywit

EOS 7D Mark II, EF-S 18-135mm f/3.5-5.6 IS USM lens, f/14, 20mm, 0.4 sec, ISO100
Foto oleh Nidhivir Wongpraywit

EOS 7D Mark II, EF 50mm f/1.8 STM lens, f/4.5, 50mm, 1/1600 sec, ISO100
Foto oleh Nidhivir Wongpraywit

Pemenang Keseluruhan

Pemenang keseluruhan memiliki skor gabungan tertinggi dari semua tantangan. Pemenang tahun ini adalah Areza Taqwim dari Indonesia. Pemenang yang sangat pantas, ia menunjukkan beragam keterampilan fotografi yang ditunjukkan dalam tiga foto di bawah ini.

Ia memotret esensi seorang wanita Jepang yang mengenakan kimono tradisional, ketenangan pedesaan Jepang dan energi luar biasa dari acara religius - hanya dalam satu minggu.

EOS 5D Mark III, EF 16-35mm f/2.8L II USM lens, f/22.0, 35mm, 181.0 sec, ISO100
Foto oleh Areza Taqwim

EOS 6D, EF 70-200mm f/2.8L USM, f/22.0, 115mm, 1/1600 sec, ISO800
Foto oleh Areza Taqwim

EOS 6D, EF 16-35mm f/2.8L III USM lens, f/8.0, 16mm, 1/800 sec, ISO640
Foto oleh Areza Taqwim

Apakah Anda sudah memiliki apa yang diperlukan?

Kunjungi bagian tutorial kami untuk belajar lebih banyak dan keluarlah untuk mulai berlatih dengan kamera Anda. Anda memiliki banyak waktu untuk mengasah kemampuan Anda sebelum berpartisipasi dalam tantangan fotografi utama.

 

Tertarik untuk menjadi bagian dari tantangan tersebut? Kunjungi situs resmi Canon Photomarathon untuk mengetahui kapan pendaftaran dimulai di negara Anda!

 

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!