Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Tentang Fotografi: Potret Bayi dan Bayi Yang Baru Lahir

Sambut Canon EOS 60D, salah satu kamera favorit di kalangan fotografer berkat fitur andalannya. Sebagai kamera DSLR golongan menengah, kamera ini dilengkapi dengan banyak kebutuhan penting bagi fotografer. Kamera ini memenuhi harapan pengguna, dan hadir dengan kelebihan perangkat tingkat pemula, tanpa biaya, berat dan kompleksitas dari kamera semi-pro. Jika Anda suka membuat video, kamera ini juga menawarkan layar jernih dan kontrol manual di seluruh level audio.

Kali ini, saya menggunakan EOS 60D untuk memotret gambar bayi baru lahir. Mengambil foto tidak semudah yang dipikirkan karena ini membutuhkan keterampilan, kesabaran dan waktu. Beberapa minggu pertama kehidupan anak sangat berharga karena karena kita bisa memotret detil gambar yang menakjubkan mulai dari tangan dan kakinya yang mungil dan juga rambut tipisnya dan kulit lembutnya. Ini membutuhkan mata yang tajam untuk menyadari momen spesial dan mengkomunikasikannya lewat foto. 

newborn photography with canon eos 60D

EOS 60D; EF50mm f/1.4 USM; f/2.8; 50mm; 1/50 sec; ISO-200

Hal pertama sebelum melakukan pemotretan foto adalah pastikan bayinya merasa nyaman. Sesi pemotretan bisa dilakukan di rumah si bayi atau di studio foto. Pastikan Anda menyediakan ruangan khusus untuk ibu menyusui jika dibutuhkan.

Pengaturan Waktu Adalah Segalanya

Waktu yang tepat untuk melakukan pengambilan foto adalah saat mereka berumur 5 hingga 14 hari di awal kehidupan mereka, karena mereka dapat memberikan banyak momen foto yang tak terlupakan. Mereka tidur dengan ekspresi senyum lalu meringkuk badannya dengan perlahan seperti posisi dalam kandungan. Setelah dua minggu pertama, bayi cenderung lebih sadar ketika mereka sedang tidur. 

newborn photography with eos 60d

EOS 60D; EF50mm f/1.4 USM; f/2.8; 50mm; 1/125 sec; ISO-100

Durasi Pemotretan

Memotret bayi baru lahir membutuhkan waktu, jadi ada baiknya untuk memiliki suasana santai dan lingkungan yang tepat untuk merawatnya bila dibutuhkan. Anda dapat menyesuaikan posisi atau pose mereka, dan menunggu momen foto yang tidak dapat diprediksi. 

Inilah tips dan trik untuk mengambil gambar bayi pada foto:

Siapkan Ide dan Konsep

Anda harus mempunyai idea kasar atau konsep mentah untuk sesi pemotretannya. Ingatlah bahwa Anda berurusan dengan bayi baru lahir, yang sangat rentan terhadap hal disekelilingnya. 

newborn photography with EOS 60D

EOS 60D; EF50mm f/1.4 USM; f/3.2; 50mm; 1/80 sec; ISO-160

Gunakan Lensa Fix

Gunakan lensa fix untuk menjepret foto bayi. Untuk ini, saya menggunakan lensa EF50mm f/1.4 USM yang ada di EOS 60D yang sudah saya gunakan selama lima tahun terakhir. 

newborn photography with eos 60D

EOS 60D; EF50mm f/1.4 USM; f/2.8; 50mm; 1/160 sec; ISO-400

Panduan ini akan berguna dalam memilih kamera yang tepat untuk melakukan pengambilan gambar foto bayi yang imut: Kamera apa yang bagus untuk menangkap foto bayi yang menggemaskan?

Gunakan Sinar Matahari

Gunakan sinar matahari seperti cahaya alam yang datang melewati jendela atau pintu.

Bersabarlah

Untuk memotret momen yang unik dan tak terprediksi dari bayi, kesabaran adalah keharusan.

newborn photography with eos 60d

EOS 60D; EF50mm f/1.4 USM; f/2.8; 50mm; 1/160 sec; ISO-400

Rawatlah Mereka

Jagalah bayinya sebelum pemotretan untuk menghindari perubahan suasana hati. Ini akan memudahkan Anda untuk mengatur pose mereka saat pengambilan foto.

newborn photography with eos 60d

EOS 60D; EF50mm f/1.4 USM; f/2.8; 50mm; 1/50 sec; ISO-160

Cari tahu lebih lanjut mengenai cara pengambilan foto bayi yang lucu dan menggemaskan:

Cara Mengambil Foto Imut Seorang Bayi
Menampilkan Kelucuan Bayi Secara Dekat
Mengabadikan Peristiwa Penting dalam Pertumbuhan Bayi Anda


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

Nyoman Arya Suartawan

Nyoman Arya Suartawan

Saya mendalami dunia fotografi di tahun 2010, ketika saya bertugas sebagai Video editor di TVRI Bali, salah satu saluran televisi lokal di Indonesia. Saya mempelajarinya secara otodidak tanpa henti lewat teman-teman saya, yang merupakan seorang fotografer profesional. Fotografi telah menjadi sesuatu yang sangat berarti bagi saya karena fotografi memampukan saya untuk mengabadikan setiap momen yang hanya terjadi sekali saja.

www.nasbali.com  or Instagram: @nyoman_arya_suartawan