LOGIN/SIGN UP function is disabled for upgrade and maintenance. It will resume on 22/01/2022 10.30 AM SGT. Sorry for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials Part9

Pertimbangan Praproduksi Dalam Videografi Perusahaan

2021-10-20

Apakah itu untuk iklan atau perusahaan korporat, proyek produksi video membutuhkan banyak perencanaan. Selain anggaran, ada banyak pertimbangan lain seperti ukuran tim, peralatan, jadwal dan banyak lagi.

Dengan pengalaman lebih dari 15 tahun, Sean Seah dari VulcanWorx membagikan keahliannya tentang seluk beluk memulai produksi video perusahaan pertama Anda. 

 

Anggaran dan Peran

Anggaran yang besar memungkinkan keterlibatan anggota kru khusus seperti:
  • Grip – untuk membantu dalam menjaga peralatan pendukung kamera seperti tripod.
  • Gaffer – untuk mengelola pekerjaan listrik, kabel dan peralatan pencahayaan.
  • Kru suara – untuk berfokus pada audio untuk produksi dan menangkap rekaman audio terbaik.

Memiliki kru khusus meringankan beban tim yang mungkin harus melakukan beberapa peran sekaligus. Dengan anggota tambahan ini, tim dapat fokus dan memberikan yang terbaik sesuai dengan posisi mereka.

Anggaran yang lebih kecil berarti Anda harus memangkas kru Anda. Dalam hal ini, Anda akan membutuhkan peralatan yang lebih sederhana yang dapat dioperasikan oleh orang lain untuk memastikan bahwa produksi dapat tetap berjalan lancar. Kru yang lebih kecil dapat hanya terdiri dari:

  • Pengarah Fotografi – Videografer dalam timyang lebih kecil. Tanggung jawab termasuk mengurus syuting dan memastikan shot list selesai. Kadang-kadang, DP akan berinteraksi dengan klien di lokasi juga.
  • Asisten Kamera – menangani pencahayaan, jadwal produksi dan kadang-kadang memantau audio untuk wawancara sederhana.
  • Penata Suara – hanya berfokus pada audio untuk produksi. 

Pada saat yang sama, efek khusus atau animasi mungkin tidak bisa dilakukan dengan anggaran kecil karena seniman efek khusus seniman biasanya membutuhkan biaya yang tinggi.

Oleh karena itu, anggaran akan mempengaruhi hasil akhir dan akan proporsional dengan karya yang dihasilkan. Dengan anggaran kecil, ekspektasi klien harus diperhatikan. Anda dapat menunjukkan kepada mereka contoh pekerjaan masa lalu yang dibuat dalam kisaran anggaran yang diusulkan untuk memberikan gambaran hasil yang bisa diharapkan.

 

Menarik bagi Penonton

Hari-hari ini, rentang perhatian penonton cukup singkat, sehingga beberapa detik pertama video akan sangat penting dalam menarik perhatian mereka. Oleh karena itu, Anda harus memahami tujuan video dan fitur apa yang ingin Anda soroti.

Pada saat yang sama, video juga harus cukup ringkas untuk menyampaikan pesannya. Hal ini sangat penting untuk video produk. Anda perlu memahami nilai jual utama yang unik dari produk untuk membuat pendekatan yang tepat.   

 

Spesifikasi Kamera yang Penting

  • Frame rate dan resolusi - setidaknya, resolusi 4K disarankan, dengan opsi untuk perekaman 50p guna memungkinkan opsi gerak lambat.
  • Codec – jika Anda perlu melakukan grading warna untuk klip Anda, maka codec 10-bit 4: 2: 2 penting untuk dimiliki. 
  • Platform pengeditan dan penyimpanan - ada berbagai platform pengeditan dan opsi penyimpanan. Pastikan untuk memperhatikan hal itu karena keduanya akan menambah biaya peralatan Anda.

Mengenai Peralatan Cadangan

Kamera dan lensa cadangan adalah suatu keharusan untuk pekerjaan perusahaan. Jika ada peralatan yang rusak selama pembuatan film, biaya mengatur kembali syuting bisa sangat tinggi. Disarankan untuk memiliki setidaknya dua kamera di lokasi. Untuk lensa, lensa zoom dapat digunakan sebagai cadangan untuk lensa tetap.  

 

Papan Cerita

Jika Anda tidak pandai membuat sketsa, Anda dapat mengunduh templat papan cerita secara online dan menggunakan foto sebagai referensi. Tujuan menggunakan papan cerita adalah untuk mengubah visi Anda menjadi sesuatu yang dapat dikomunikasikan dengan klien. 

Apa itu Shot List?

Shot list merinci semua adegan yang diperlukan selama syuting, dan itu akan menyebutkan sudut dan detail lainnya yang didapat dari papan cerita. Ini membantu memastikan bahwa tidak ada adegan yang terlewatkan, terutama saat proses syuting tidak dilakukan secara berurutan. Misalnya, jika Anda memiliki banyak adegan untuk difilmkan di lokasi tertentu, Anda harus memfilmkan semuanya di tempat tersebut terlebih dahulu, bahkan jika adegan-adegan tersebut tidak berurutan secara kronologis dalam film. Ini akan membantu mengurangi waktu perjalanan.  

Sukses dengan Pembuatan Naskah

Untuk produksi yang lebih besar, penulis naskah akan dipekerjakan. Jika anggaran klien tidak memungkinkan, Videografer dapat mengambil peran ini juga. 

Meski demikian, ada keuntungan tersendiri jika Videografer yang menulis naskahnya karena ia akan memiliki gagasan yang jelas tentang visualnya dan dapat dengan mudah melaksanakan apa yang dibayangkan. 

 

Lokasi dan Pencahayaan

Pencahayaan adalah kunci untuk hasil rekaman yang bagus. Bahkan ketika Anda syuting di luar ruangan dengan pencahayaan alami yang cukup, Anda perlu memotong pencahayaan untuk menghaluskan bayangan yang keras. 

Peninjauan lokasi penting karena Anda dapat mengamati bagaimana cahaya alami di lokasi tersebut, termasuk dari arah mana datangnya pada waktu-waktu tertentu dalam sehari, intensitasnya dan sebagainya. Pencahayaan yang baik bisa membuat wawancara yang membosankan menjadi lebih menarik.

  

Mengapa jadwal produksi diperlukan? 

Jika Anda memiliki beberapa lokasi yang harus dikunjungi dalam sehari, jadwal produksi membantu membuat semua orang memiliki pemahaman yang sama. Rencana cadangan untuk situasi seperti cuaca buruk selama syuting di luar ruangan juga harus ada.

Dalam tim kecil, Asisten Kamera dapat mengambil peran ini, tetapi dalam kru yang lebih besar, Asisten Sutradara Pertama akan mengelola jadwalnya.

Jika jadwalnya melewati batas karena berbagai alasan, Anda harus mendiskusikan dengan klien Anda apa yang dapat diselesaikan di lokasi sebelum menyarankan penjadwalan ulang syuting berikutnya. 

 

​Ada banyak yang harus dipelajari dalam produksi video, tetapi poin utama untuk artikel ini adalah perencanaan dan rencanakan semuanya dengan baik! Ingat, setiap proyek akan lebih lancar dan mudah setelah perencanaan yang memadai dilakukan untuk mengantisipasi perubahan atau hambatan.  

 

Untuk artikel serupa:

Pengenalan Pembuatan Film di Canon EOS Anda (1): Apa yang Harus Diketahui Setiap Pemula

Pengenalan Pembuatan Film di Canon EOS Anda (2): Pengaturan, Penggunaan Kamera & Suara dan Musik

Bagaimana Canon EOS RP Memungkinkan Pembuatan Film Tanpa Repot