Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Usaha Persiapan untuk Pemotretan Fesyen Pertama Anda

2021-03-24

Sudah mendapatkan proyek fotografi fesyen pertama anda?Hebat. Sekarang adalah waktunya untuk masuk ke dalam seluk-beluk detil dari usaha persiapan yang akan perlu anda selesaikan sebelum hari utama.

 

Papan Mood

Tidak seperti genre fotografi lainnya, fotografi fesyen adalah tentang mengambil sebuah cerita. Model anda, pakaian yang ia kenakan, makeupnya dan lingkungannya harus bekerja sama menceritakan sebuah kisah yang padu. Untuk memastikan cerita anda istimewa dalam foto-foto anda, rencanakan dan teliti papan mood anda sebelumnya. Situs-situs seperti fashiongorerogue.com dan lookbuk.nu adalah situs yang bagus untuk inspirasi.

Merencanakan papan mood anda juga akan menentukan peralatan seperti apa yang akan perlu anda bawah untuk pemotretan. Bila anda tidak mengambil foto dengan eksposur panjang, anda mungkin bisa mendapatkan fotonya tanpa tripod. Bila anda memotret banyak paras, anda ingin memastikan model memiliki tempat yang privat untuk berganti baju, jadi mungkin bawalah sebuah kertas besar sebagai property.

 

Hal tersebut juga harus meliputi detil tertentu seperti: 

Anda bisa mulai membuat kolase beberapa foto yang berbeda bersama-sama untuk membuat papan yang meliputi kotak-kotak warna spesifik (bisa menjadi pilihan dengan kata kunci) untuk menampilkan ide anda dengan lebih baik pada klien, model dan tim anda. Juga, jangan hanya membuat satu papan mood, siapkan juga satu atau dua cadangan bila ide pertama gagal.  

 

Lokasi dan Pencarian Studio

Untuk fotografi luar ruangan, anda tentunya ingin untuk memastikan lokasi anda akan sejalan bila cuaca hujan. Pada hari hujan, idealnya anda ingin berlindung tidak hanya untuk menyelamatkan pemotretan anda, tetapi juga pakaian anda. Pakaian yang dipinjam dari rumah couture mewah adalah barang yang mahal dan bisa merugikan anda bila pakaian tersebut rusak. Pada keadaan ini, anda tentunya ingin memilih lokasi tempat luar ruangan yang tidak sepenuhnya tak terlindung.

Menemukan lokasi pemotretan ideal anda, kunjungilah di waktu-waktu yang berbeda pada hari yang sama untuk memahami pencahayaannya, dan dari sana, putuskan bila anda akan perlu membawa peralatan cahaya tambahan. Bila anda tidak memiliki asisten, anda mungkin ingin memilih waktu dimana cahayanya kuat dan alami.

Akhirnya, bila anda memotret pada lebih dari satu lokasi, pastikan anda memiliki beberapa mode kendaraan yang sudah direncanakan. Bergantung pada taksi atau kendaraan bersama bisa membuat anda kehilangan waktu siang yang berharga, jadi pertimbangkan untuk menyewa mobil. Tips profesional: sebuah mobil juga bisa berperan ganda sebagai ruang berpakaian.

Untuk pencarian studio, pertimbangan pertama adalah dengan mengukur aksesibilitas lokasinya. Anda mungkin perlu mengirimkan beberapa arahan pada tim anda yang tidak familier dengan rutu perjalanan. Pertimbangan lainnya adalah:

  • Studio dan ukuran latar belakang
  • Privasi (khususnya bila konsep anda sedikit condong pada sisi sensitive)
  • Alat-alat yang tersedia (steamer, property bersama dll.)
  • Alat pencahayaan
  • Sewa dan macam-maca biaya lainnya (check-out yang larut atau dini)

 

Pemilihan Model dan Tim 

Pilihan model anda sangat penting untuk kesuksesan pemotretan anda. Model-model yang lebih berpengalaman bisa berpose dengan sedikit arahan atau tanpa arahan, bahkan bisa memberikan saran yang menampilkan pakaiannya secara optimal. Di sisi lain, model yang baru bekerja di industri ini akan memerlukan lebih banyak panduan tapi mungkin datang dengan biaya yang lebih rendah.  

Saat mengunjungi sebuah agensi model (atau teman), milikilah ide yang jelas dari tampilan yang anda ingin tuju dan perhatikan kartu kompositnya (portofolio) dan bisa langsung “memesan”. Lihat pengalaman mereka sebelumnya pada pemotretan luar ruangan dan bila anda akan memerlukan model anda untuk lompat atau memanjat, pastikan fisiknya bisa menanganinya.

Bila anda bisa membayar seorang penata rambut dan penata hias (MUA) untuk pemotretan anda, lakukanlah. Pemotretan luar ruangan bisa menjadi urusan yang lama, panas dan berantakan. Memiliki seorang MUA untuk memperbaiki makeup model anda atau seorang pengarah gaya untuk memastikan pakaiannya diperlihatkan dengan baik membuat anda bisa focus hanya pada foto anda. Terkadang, penata rambut bisa berperan ganda sebagai MUA dan sebaliknya, jadi coba cari dan tanyakan untuk melihat bila anda bisa memperkerjakan seseorang sesuai dengan budget anda sebelum melupakan rencana tersebut dan mencoba melakukan semuanya sendiri.

 

Secara keseluruhan, sebuat tim pemotretan umumnya harus meliputi: 

  • Fotografer (diri anda sendiri)
  • (Para) model
  • Penata rambut, MUA dan pengarah gaya (beberapa professional yang berpengalaman dalam lebih dari satu bidang)
  • Seorang atau dua asisten untuk membantu anda dengan persiapan set (menghangatkan pakaian, mempersiapkan aksesoris dan pengaturan lampu cahaya dll.)

 

Daftar Centang

Alat:

  • Lensa kamera yang bisa diganti
  • Ragam jenis lensa (hal ini tergantung dengan konsep anda, namun biasanya lensa 50mm, 85mm, atau 70-200mm cukup untuk close-up detil pakaian seperti sulaman atau jahitan pakaian dan ambilan foto yang lebih lebar dan memperlihatkan model di lingkunyannya)
  • Tripod (hanya bila anda memiliki ambilan foto dengan eksposur yang panjang)
  • Alat pemantul (apakah anda akan memiliki seorang asisten/pengarah gaya/MUA untuk membantu?)
  • Lampu kilat (tergantung pada konsep anda)
  • Baterai Tambahan

Properti: Bila foto anda memerlukan properti seperti set piknik, sebagai contoh, lalu muncul dengan daftar centang properti yang sesuai.
 

Pakaian: Telitilah merk-merk pakaian dan buatlah permohonan peminjaman. Anda harus bersiap untuk memperkenalkan diri anda dan ide-ide pemotretan anda sebelum menghubungi butik-butik tersebut. Hal ini akan membantu butik dalam memutuskan bila pemotretan anda sesuai dengan keinginan merk tersebut, dan untuk meneruskan proses dengan detil-detil administrasi seperti masa peminjaman, format jaminan (bila pakaian yang dipinjamkan bukanlah ukuran sampel tetapi merupakan pakaian asli dari rak pakaian) dan masih banyak lagi. Anda juga harus mengumpulkan daftar centang benda-benda yang dipinjam sebagai acuan bila ada benda yang hilang atau terjadi masalah komunikasi antara penyedia barang dengan anda.
 

Makanan: Air dan beberapa cemilan yang mudah digunakan seperti bar protein atau kepingan buah akan sangat membantu bila pemotretan anda memerlukan gerakan-gerakan energik seperti lompatan. Selain itu, cari lokasi toko serba ada terdekat di sekitar lokasi pemotretan agar anda bisa mengirim tim anda kesana untuk membeli barang-barang yang mereka butuhkan.

 

Untuk artikel yang sejenis:
Tips-Tips Penting untuk Pemotretan Fesyen di Luar Ruangan
Fotografi Fesyen pada Tata Studio
Langkah Terbaik Untuk Pre-Photoshoot: Bagaimana Melakukan Persiapan dengan Benar