Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Fotografi Permainan Bayangan: Benda Sehari-Hari

2020-04-27

Ketika sebuah benda menghalangi cahaya, akan tercipta bayangan. Kejadian alami yang biasa terjadi ini seringnya tidak terlalu dihiraukan karena sifatnya yang umum, tetapi bila secara cerdas dilibatkan dalam fotografi, hasilnya bisa menjadi sangat menakjubkan!Ketika anda sedang mencari cara untuk meningkatkan kreativitas anda dengan sebuah proyek baru, selalu memiliki ketertarikan terhadap sisi yang lebih gelap dari kehidupan, atau hanya sekedar rasa penasaran, berikut ini kami bagikan 3 konsep sederhana fotografi sehari-hari untuk membantu anda menguasai seni fotografi bayangan.

(Foto oleh Alvin Choon, @alvinchoon)

 

Bayangan oleh Manusia

Masing-masing bayangan memiliki keunikannya sendiri. Bentuk, rupa dan ukurannya berubah secara organik berdasarkan kekuatan dari sumber cahaya, penempatan (sudut yang berbeda akan menciptakan bentuk yang berbeda) dan jarak di antara bendanya.


EOS M6 Mark II, EF-M22mm f/2 STM, f/3.5, ISO 100, 1/80sec, 22mm


EOS M6 Mark II, EF-M22mm f/2 STM, f/2.0, ISO 100, 1/100sec, 22mm

Untuk contoh di atas, fotografer mengambil inspirasi dari adegan film horor klasik – sebuah bayangan tangan yang kurus kering menyeramkan yang makin mendekat pada subyek manusia tidak berdaya. Penggambaran dari bayangan, bersamaan dengan tidak adanya yang memiliki bayangan tersebut, menambahkan rasa misterius dan kengerian, memikat para pengamat untuk membuat identitas dan cerita latar dari foto tersebut.

Bila anda berencana untuk menggunakan konsep fotografi bayangan ini sebagai seri pertama anda, memiliki papan mood dari apa yang anda rencanakan untuk dicapai bisa menjadi cara yang baik untuk memulai. Apakah anda ingin melibatkan hanya tangan saja (seperti contoh yang terlihat di atas) atau seluruh tubuh manusia?Akankah anda membutuhkan lebih dari satu orang, dan mood seperti apa yang ingin anda capai?

Untuk membantu anda, berikut ini ada beberapa ide sederhana untuk dicoba:

1.       ‘Mengambil’ subyek manusia dengan bayangan tangan

2.       Subyek manusia mengelus binatang yang terbuat dari bayangan. Anda bisa mencoba boneka bayangan tangan untuk menciptakan bentuk yang menyerupai binatang.

3.       Menciptakan ulang adegan siluet bayangan.

 

Cetakan dan Pola

Mempertimbangkan cetakan dan pola yang tercipta dari bayangan ada di mana-mana, mudah untuk membangun apa yang sudah tersedia. Pergilah saat tengah hari yang cerah dan perhatikan dengan seksama setiap bayangan yang muncul akibat cahaya matahari. Anda akan menemukan pola-pola menarik yang disebabkan jeruji jendela, arsitektur, tanaman, atau bahkan manusia.


EOS M6 Mark II, EF-M22mm f/2 STM, f/2.0, ISO 100, 1/100sec, 22mm

Catatlah bahwa mengambil foto bayangan di luar ruangan bisa sangat rentan mengalami perubahan karena cuaca, adanya awan dan lain hal. Hal ini berarti pola bayangan hampir tidak bisa diperkirakan, oleh karena itu baiknya memiliki ide kasar dari apa yang anda inginkan.

Bila tidak, anggaplah ini sebagai latihan untuk berpikir cepat di lapangan – latihan akan menyempurnakan anda!Berikut ini ada beberapa ide sederhana yang bisa anda coba untuk pertama kalinya:

1.       Ambil saja bayangan yang menarik dan masukkan bayangan tersebut pada kaus polos sebagai cetakan.

2.       Gunakan subyek manusia dan biarkan bayangan bercermin pada kontur organik dari fitur wajah manusia. Anda juga bisa menggerakkannya ke sekitar untuk menyembunyikan, menampilkan dan membingkai bagian wajah.

 

Coretan Bayangan

Objek berbeda yang menghalangi sumber cahaya akan menghasilkan siluet bayangan yang berbeda. Namun, bentuk-bentuk yang berbeda ini bisa dimanipulasi untuk menciptakan seri coretan bayangan yang kreatif.


EOS M6 Mark II, EF-M22mm f/2 STM, f/2.8, ISO 100, 1/80sec, 22mm

Pada foto di atas, sebuah bayangan terbentuk ketika fotografernya menyinarkan cahaya obor terhadap garpu plastic pada latar belakang yang bewarna putih. Hal ini menyerupai sebuah kertas music, jadi fotografer menggambar simbol kunci G dan nada musik sebagai elemen untuk menghidupkan idenya.

 

Ada banyak kemungkinan yang tidak terhingga ketika bermain dengan konsep ini, tetapi anda harus selalu mengamati. Cobalah bereksperimen dengan benda sehari-hari, seperti sendok atau penyaring. Ubahlah sumber cahaya di sekitar benda tersebut (bila anda melakukan pengambilan foto dalam ruangan dengan alat pencahayaan), untuk menciptakan bentuk bayangan yang berbeda-beda. Anda juga bisa menyembunyikan objek yang memunculkan bayangan untuk semakin menambah rasa penasaran pengamat. Bila anda membutuhkan lebih banyak inspirasi, tontonlah ini!

 

Fotografi permainan bayangan sangatlah bergantung pada penceritaan, suasana, dan bagaimana seseorang dengan cerdas melibatkan dan menggunakan bayangan tersebut secara inovatif. Ingatlah untuk selalu bereksperimen dengan objek dan pencahayaan yang berbeda, berani menggunakan ide-ide anda, selalu coba agar tetap menyenangkan dan tariklah pengamat dengan kreativitas anda!