Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Bekal Makan Siang Hari Ibu yang Layak Dipersembahkan dan Tampil Indah

2018-04-27

Tahukah kamu  apa itu kado Hari Ibu? Sesuatu yang enak, buatan sendiri, sesuatu yang layak dipersembahkan dan terlihat indah. Berpikir kreatif – siapkan bekal makan siang. Dan ternyata sangatlah mudah untuk menyiapkannya! Simak terus artikel ini karena kami akan membagikan cara memenangkan momen Hari Ibu ini dengan resep buatan sendiri yang menarik dan sederhana dari Pembuat Kue/Koki Kreatif/Fotografer Makanan, Honeybeesweets.

Kami juga akan membagikan kiat bagaimana memasangkan kamera ringkas Canon EOS M100 dengan printer foto SELPHY CP1300 dapat memberikan sentuhan personal pada bekal makan siangmu sekaligus mengabadikan momen kebahagiaan sempurna ini. Siap?

Langkah 1: Kenakan topi kokimu
Baiklah, mari kita mulai dengan bagian paling menantang: memasak – yang tentunya semakin menantang karena kali ini kita memasak untuk ibu. Namun jangan khawatir,  Honeybeesweets siap membantu kita di sini! Inilah 3 resep paling favorit yang dijamin akan membuat  ibumu berseru "awww" di setiap gigitannya.

Resep Pertama: Salmon Krim Lemon dengan Nasi Telur Tamago

mothers day lunch box recipe 1 by Canon

Bahan-bahan:
250g filet salmon , dibuang sisik dan dibersihkan (dibumbui dengan lada dan  ½ sdt garam)
1 siung bawang putih, dikupas dan dicincang halus

Bumbu:
3 sdm jus lemon segar
3 sdm air
1,5 sdm gula
¼ sdt garam
¼ sdt bubuk hondashi
3 sdm krim masak

Hiasan:
Nasi merah matang
1 sdm Tobiko
Serpihan Rumput Laut
Tomat ceri
Asinan jepang
Timun jepang (diiris)

mothers day lunch box recipe by canon

Cara memasak dan meracik:
1. Tambahkan 1 sdt minyak goreng ke penggorengan dengan api sedang cenderung kecil, tuangkan telur yang sudah dikocok ke penggorengan, tunggu  hingga kedua sisinya matang.
2. Gulung telur dadarnya dan iris menyerupai bentuk mi.
3. Masak filet salmon yang sudah direndam bumbu di penggorengan hingga pas matang seluruhnya. Pindahkan dari penggorengan. Untuk sausnya, tambahkan 1 sdt minyak goreng dan bawang putih cincang dengan api sedang cenderung kecil, lalu tambahkan seluruh bumbunya ke dalam penggorengan yang sama dan masak hingga cairannya mengental.
4. Letakkan nasi yang sudah matang di dasar kotak bekal makan beserta telur tamago yang sudah diiris-iris di sampingnya.
5. Letakkan filet salmon yang sudah matang di atas salah satu sisi nasi. Teteskan saus krim di atas filet salmon.
6. Sebarkan tobiko dan serpihan rumput laut di atas irisan telur tamago. Dan sebagai langkah akhir, letakkan irisan timun jepang, asinan, dan tomat di semua pinggirannya.

mothers day lunch box recipe how to

 

Resep Kedua: Bakso Ayam Saus Krim dalam Keranjang Nasi

canon mothers day lunch box recipe

Bahan-bahan bakso:
250g daging ayam cincang
Tepung serbaguna(sebagai pelapis)

Bumbu:
1,5 sdt kecap
1 sdt minyak wijen
½ sdt lada
1 sdt tepung jagung

Bahan-bahan saus:
1 bawang merah, dikupas & dipotong kecil-kecil
2 siung bawang putih, dikupas & dicincang
2 sdm mentega tawar
1 sdm tepung serbaguna
200 ml susu
1 sdt bubuk Hondashi
1 sdm gula
1/2 sdt garam
1/2 sdt lada hitam yang baru digiling

Hiasan:
1,5 cup nasi Jepang ungu matang
Jamur tumisan bawang putih
4-5 irisan labu kuning bakar
4-5 brokoli rebus
3 cabai merah rebus yang dipotong berbentuk hati

canon  mothers day lunch box recipe

Cara memasak dan meracik:
1. Masukkan brokoli, wortel dan cabai ke dalam air mendidih selama 1-2 menit.
2. Potong dan cincang daging dada ayam.
3. Letakkan sehelai plastik di atas mangkuk nasi. Lalu tangkupkan sesendok nasi sushi ungu di atas kertas plastik. Bungkus plastiknya dan padatkan nasinya mengikuti bentuk mangkuk.
4. Campurkan semua bahan bumbu dengan daging ayam yang sudah diaduk. Diamkan selama 10 menit, lalu bagi daging ayam yang sudah dibumbui tersebut menjadi 8 bola bakso.
5. Lapisi bakso dengan sedikit tepung.
6. Tambahkan 2 sdm minyak goreng ke penggorengan dengan api sedang cenderung kecil. Goreng hingga lapisan luar daging bakso berwarna coklat keemasan. Angkat dari penggorengan dan kesampingkan terlebih dahulu.
7. Letakkan nasi yang sudah berbentuk mangkuk ke kotak bekal. Tampukkan bakso ayam saus krim ke dalam mangkuk nasi secara perlahan-lahan, lalu letakkan jamur, labu kuning, cabai, brokoli ke dalam kotak bekal makanan dan tata rapi.

Langkah-langkah untuk menyiapkan saus krim:
    a. Masukkan 1 sdt minyak goreng ke panci saus dengan api sedang cenderung kecil. Tambahkan bawang merah yang sudah dipotong kecil-kecil, bawang putih cincang dan masak hingga lunak.
    b. Tambahkan mentega dan biarkan meleleh. Tambahkan tepung dan aduk. Setelah cukup terlapisi, tambahkan susu.
    c. Tambahkan semua bumbunya dan campurkan. Biarkan mendidih selama 3-4 menit.
    d. Masukkan bakso ayam dan didihkan selama 5-8 menit hingga daging bakso menyerap sausnya.

canon mothers day lunch box recipe
 

Resep Ketiga: Bola Nasi Bungkus Ayam dengan Kejutan Keju

canon mothers day lunch box recipe

Bahan-bahan:
10 irisan tipis daging ayam atau daging kalkun
5 keping keju kecil (cheddar atau mozzarella)
1 cup nasi sushi matang

Bumbu untuk saus teriyaki:
2 sdm kecap encer
1 sdm anggur masak Jepang
1 sdm mirin
1 sdt gula

Hiasan:
Tomat ceri
Campuran daun segar dengan wortel yang dipotong berbentuk bunga
2 telur
1 sdt mirin
¼ sdt kecap

canon mothers day lunch box recipe

Cara memasak dan meracik:
1. Potong daging data ayam menjadi irisan-irisan tipis. Atau kamu bisa menggantinya dengan daging kalkun.
2. Tangkupkan sekitar 2 sdm nasi sushi matang di atas kertas plastik pembungkus. Padatkan dan bentuk nasinya menjadi cakram bulat pipih. Letakkan keping keju di tengah nasi.
3. Bungkus dan tutup nasinya menjadi bola nasi dengan keju tersembunyi di dalamnya. Ulangi hingga terbentuk 5 bola nasi.
4. Bungkus bola nasi dengan irisan daging ayam atau kalkun. Gunakan plastik pembungkus untuk menahan bola nasi dan dagingnya.
5. Masukkan 1 sdt minyak goreng ke papan penggorengan dengan api sedang cenderung kecil. Masukkan bola nasi yang sudah dibungkus daging ayam ke penggorengan dan tumis hingga dagingnya matang.
6. Masukkan semua bumbu, biarkan hingga cairannya mengental dan bola nasi terlapisi dengan saus teriyaki. Angkat dari penggorengan dan kesampingkan.
7. Letakkan telur dadar yang telah dibentuk dan nasi bola ayam ke dalam kotak bekal, kamu bisa menempatkannya di tengah, dan tempatkan campuran dedaunan hijau dengan wortel di sekeliling bola nasi ayamnya.

canon mothers day lunch box recipe

 

Langkah 2: Berkreasilah

Kado buatan sendiri yang sempurna tidaklah hanya bergantung pada aspek kerajinannya semata. Kamu punya selera sendiri, dan berikanlah sentuhan personalmu untuk ibu. Berikut ini ada beberapa ide sederhana:

Berikan pesan yang tulus
Sampaikan pesan Hari Ibumu secara nirkabel! Daripada menggunakan cara 'kuno' dengan menulis di kartu, mengapa tidak menulisnya di perangkatmu dan cetak langsung di SELPHY CP1300? Ide ini tidak hanya mudah dan nyaman, namun juga menambahkan keceriaan dari paduan gambar dan ilustrasi dengan pesanmu; kamu bahkan bisa memadukannya dengan jepretan-jepretan pilihan dari foto album di perangkatmu.

canon mothers day lunch box surprise
Menyajikan kenangan indah semanis hidangan pencuci mulut

Berbicara tentang foto-foto di album fotomu,  menghidupkan kembali kenangan manis ibu-anak kini sudah menjadi begitu mudah! Tinggal pilih fotonya dan kirim ke printer - semua secara nirkabel. Dengan SELPHY CP1300, kamu bisa mencetak foto dengan beragam susunan, mulai dari cetakan ukuran kartu pos, ukuran kartu kredit hingga ukuran 2" x 6". Bebaskan kreativitasmu; menyusun dan menata sendiri susunan fotomu dengan sentuhan personal menjadi begitu menyenangkan jika kamu memiliki printer foto portabel nirkabel di sisimu.

canon mothers day lunch box recipe
Berikut kumpulan ide lainnya yang berkaitan dengan kamera dan pencetakan foto.

Langkah 3: “Ibu, mari berfoto selfie!”
Perayaan tidak semata-mata hanya tentang pesan dan kenangan. Pastikan momen baru ini terabadikan juga! Di sinilah terdapat peran penting EOS M100 24,2-megapiksel . Didesain dengan monitor LCD yang dapat ditekuk hingga 180 derajat, kamu bisa langsung melihat tampilan foto selfie-mu sebelum menjepret. Sementara dengan Mode Self Portrait, kamu bisa menciptakan efek latar belakang kabur yang indah dan menghaluskan rona kulit untuk menghasilkan foto selfie yang sempurna.

Setelah foto istimewa itu diambil, selanjutnya tinggal menampilkan jepretanmu ke media sosial langsung dari kamera EOS M100 via aplikasi Canon Camera Connect App. Yang kamu butuhkan hanyalah koneksi Wi-Fi dan satu kali pengaturan di kameramu, dan kamu pun siap untuk menampilkan fotomu!

Kiat Selfie Pro: Pertahankan gaya alamimu! Sesaat sebelum menjepret foto selfie-mu, serukan dengan keras dan penuh semangat 'ya!' dalam hati. Cara ini akan membuatmu terlihat segar dengan ekspresi aslimu. Simak kiat selfie lainnya! Begitu selesai, koneksikan via Wi-Fi ke SELPHY CP1300 kamu untuk dicetak. Gampang bukan?


Langkah 4: Jepret, Makan, Tampilkan!
Dengan makan siang yang terlihat begitu lezat dan cantik, pastikan kotak bekal makan siangmu difoto juga. Sudut pemotretan terbaik adalah dari atas mengarah ke bawah, kami menyarankan gaya  flat-lay style untuk menampilkan semua bahan dan sajian uniknya (atau kita sebut saja 'kotak makan siang').

canon mothers day lunch box flat lay

Kiat Pro: Gunakan latar belakang yang sederhana dan kamu juga bebas menambahkan objek atau tekstur ringan untuk memperindah fotomu. Temukan kiat fotografi profesional lainnya DI SINI!

Jadikan hari yang penuh kesan!
Hari Ibu identik dengan hal-hal kecil yang ditunjukkan kepada ibu kita untuk menunjukkan betapa pentingnya ibu bagi kita. Mulailah merencanakannya sejak awal, berikan perhatian tulusmu pada segala detail untuk mempersembahkan satu hari yang tak akan pernah dilupakannya!


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

EOS M100 Kit (EF-M15-45mm IS STM)

Klik di sini untuk rincian selengkapnya