LOGIN/SIGN UP function is disabled for upgrade and maintenance. It will resume on 22/01/2022 10.30 AM SGT. Sorry for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Tentang Speedlite: Menyeimbangkan flash di lingkungan cahaya rendah

2021-12-03

Saat mengambil foto cahaya rendah, banyak fotografer menghindari menggunakan flash, lebih memilih untuk meningkatkan pengaturan ISO pada kamera mereka. Alasannya bisa karena pengalaman di masa lalu dengan flash yang menghasilkan gambar yang tampak kasar dan tidak natural yang tidak mereka sukai, atau mungkin fotografer ini memiliki pemahaman yang salah bahwa flash sulit dioperasikan. 

Mungkin terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, tetapi tidak sulit untuk mengambil foto yang bagus dengan flash dalam situasi cahaya rendah. Yang diperlukan hanyalah menyeimbangkan output flash dengan eksposur di sekitarnya. Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui beberapa cara berbeda untuk melakukan hal itu dengan Speedlite Anda.   

 

Memahami eksposur​ 

EOS 5D Mark IV, EF24-70mm f/4L IS USM, f/8, ISO 100, 1/15s, 70mm. Flash seimbang dengan cahaya sekitar.    

Untuk fotografer yang menggunakan mode otomatis (Program) atau semiotomatis (Aperture atau Shutter priority), kamera akan menentukan eksposur terbaik untuk Anda. Jadi, saat lensa Anda berfokus pada subjek, itu dapat mengukur jarak subjek dari kamera dan berbagi informasi ini dengan Speedlite Anda. Flash Anda kemudian akan mengeluarkan jumlah cahaya yang tepat untuk subjek sesuai dengan pengaturan eksposur. Sering kali, pencahayaan dari flash terlihat kasar dan tidak menarik.    

Untuk menghindari hal ini, kita perlu mengekspos latar belakang dan kemudian menyeimbangkan kekuatan flash untuk menghasilkan foto yang terlihat alami. 

 

Menggunakan Mode Manual 

EOS 5D Mark IV, EF24-70mm f/4L IS USM, f/8, ISO 100, 1/15s, 70mm. Tanpa flash.  

Salah satu cara untuk menyeimbangkan output flash Anda adalah dengan menggunakan mode Manual (M) dan mengikuti langkah-langkah di bawah ini: 

  1. Ambil pembacaan eksposur untuk latar belakang dengan berfokus padanya dan sesuaikan kecepatan rana dan aperture Anda seperlunya.  

  1. Atur mode pengukuran Anda ke Evaluatif. Ini akan menginstruksikan kamera dan flash untuk bekerja sama untuk memberikan output cahaya terbaik untuk menerangi subjek Anda, dengan memperhitungkan cahaya sekitar.  

  1. Pasang Speedlite Anda ke mode E-TTL, posisikan subjek Anda dalam frame dan ambil foto. 

 

EOS 5D Mark IV, EF24-70mm f/4L IS USM, f/8, ISO 100, 1/60, 70mm. Flash untuk subjek.  

Jika Anda memiliki Speedlite EL-1, fitur micro flash menyala pada daya 1/8192, memastikan bahwa Anda menambahkan hanya sedikit cahaya untuk membuat subjek terlihat lebih hidup.  

 

Menggunakan Flash Exposure Lock (FE-L) 

Mungkin ada situasi di mana pengukur kamera tertipu oleh lingkungan, yang akan menyebabkan flash menggunakan terlalu banyak atau terlalu sedikit daya, membuat subjek terlihat terlalu terang atau gelap. Hal ini sering terjadi jika Anda menyusun ulang foto Anda setelah berfokus pada subjek  

Di sinilah fitur yang disebut Flash Exposure Lock (FE-L) sangat berguna. Setelah Anda berfokus pada subjek, tekan tombol FE-L. Ini akan memicu flash, menyebabkan kamera melakukan pembacaan dan menghitung pengaturan flash terbaik untuk foto tersebut. Bacaan ini disimpan selama 16 detik, dan dalam jangka waktu ini, Anda dapat menyusun ulang foto Anda dan mengambil foto dengan pengaturan flash terakhir.  

 

Keseimbangan E-TTL 

Fotografer yang menggunakan EOS-1DX Mark III, R5 atau R6 akan dapat mengaktifkan Keseimbangan E-TTL saat flash dilepas dari kamera. Di menu kamera, pengaturan kontrol flash eksternal akan menampilkan Standard, Ambient Priority dan Flash Priority sebagai pilihan. 

Menggunakan Ambient Priority akan membantu fotografer membuat foto yang lebih baik. Kamera akan memprioritaskan kondisi pencahayaan sekitar dan mengelola output flash untuk mempertahankan tampilan yang lebih alami dari Speedlite.  

 

Semua jargon flash ini mungkin terdengar menakutkan, tetapi begitu Anda menguasai dasar-dasarnya, Anda dapat menggunakan Speedlite dengan mudah. Setelah Anda memahaminya, tidak ada kondisi pencahayaan yang akan menghambat Anda untuk mengambil foto, karena Anda dapat mengontrol flash. Bagaimanapun, fotografi adalah tentang melukis dengan cahaya, bukan? 

 

Untuk artikel serupa: