Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Lembar Panduan Fotografi Jalanan

2018-07-24

Fotografi jalanan adalah sesuatu yang lebih dari sekadar memotret apa yang Anda lihat di jalanan. Tetapi tentang mengabadikan cerita, suasana hati, atau kepribadian, dalam sekejap. Temukan dasar-dasar jenis fotografi ini dan dapatkan inspirasi dari beberapa fotografer jalanan paling kreatif di media sosial.

Pada intinya, fotografi jalanan adalah sesuatu tentang memotret keindahan kehidupan sehari-hari. Juga dikenal sebagai fotografi candid, yang merupakan semarak spontanitas dan mencerminkan bagaimana kita melihat masyarakat dan manusia berinteraksi. Dan juga merupakan salah satu jenis fotografi yang paling mudah dimasuki, karena siapa saja dapat melakukannya. Jika Anda tertarik untuk menjelajahi jeni fotografi ini, inilah yang perlu Anda ketahui.

guitar player on the streets black and white

Lensa EOS M100, EF-M 55-200 mm f/4,5-6,3 IS STM, f/4,5, 55 mm, 1/100 detik, ISO200

Peralatan

Pertimbangan penting dalam fotografi jalanan adalah dengan melakukan perjalanan ringan karena akan memberikan fleksibilitas dan membantu Anda memotret foto dengan lebih mudah. Dengan lensa EF-M 55-200 mm f/4,5-6,3 IS STM Anda dapat melatih kreativitas Anda dengan subjek pada rentang yang berbeda, entah itu pemandangan sudut lebar atau ekspresi yang ingin Anda potret. Berkat desainnya yang ramping serta kemampuan memperbesar subjek, kamera Canon EOS M100 adalah pilihan ideal untuk membantu Anda berbaur di antara kerumunan dan memotret dengan senyap.

Pengaturan kamera

Jika Anda telah siap untuk mulai memotret jalanan, cara tercepat untuk mengatur kamera Anda adalah dengan mode aperture-priority dan memilih f-stop dan ISO secara manual. Kamera Anda kemudian akan menentukan kecepatan rana atau eksposur. Jika kecepatan rana menghasilkan bidikan kabur, tingkatkan ISO Anda atau pilih apertur yang lebih lebar. Baru mengenal fotografi? Atur kamera Anda ke mode P sehingga kamera memilih pengaturan yang sesuai, sementara Anda mengatur EV agar di atas atau di bawah ekspos.

ice cream seller on the street

Lensa EOS M100, EF-M 55-200 mm f/4,5-6,3 IS STM, f/ 4,5, 55 mm, 1/400 detik, ISO200

Pencahayaan

Tidak seperti jenis fotografi lain, tidak ada waktu terbaik untuk pencahayaan dalam fotografi jalanan. Perhatikan sumber cahaya utama Anda dan bagaimana cahaya tersebut mengenai subjek Anda, lokasi dan latar belakangnya. Terkadang, cahaya sore yang terang bisa sama menakjubkannya dengan cahaya selama jam emas.

Mendapatkan izin

Selalu tunjukkan empati dan rasa hormat saat memotret orang di jalan. Itu karena mengambil foto mereka sama dengan menyerang privasi mereka dengan kamera Anda. Sebaiknya selalu minta izin kepada subjek Anda, meskipun Anda sudah mengambil foto mereka. Kami menyarankan Anda untuk mendekati subjek Anda terlebih dahulu, lalu perkenalkan diri Anda. Tidak hanya membantu membuat mereka merasa nyaman, Anda bahkan mungkin dapat mengarahkan mereka dan bereksperimen dengan cara-cara menarik untuk membingkai gambar Anda.

Hal lain yang perlu diperhatikan

Yang paling penting, fotografi jalanan hanyalah tentang mengabadikan momen. Alih-alih memotret jalanan, fokuslah pada cara memotret momen yang berarti bagi Anda. Luangkan waktu Anda dan miliki kesabaran, karena saat itulah emosi yang sesungguhnya keluar. Yang paling penting, selalu bawa kamera dengan Anda karena Anda tidak pernah tahu kapan foto terbaik dalam hidup Anda muncul menunggu Anda untuk mengabadikannya.

Fotografi jalanan di Instagram

Anda dapat menemukan beberapa fotografer jalanan paling kreatif di Instagram yang menampilkan cuplikan pemandangan kota dari seluruh dunia dan kisah-kisah visual gaya hidup perkotaan - memungkinkan Anda melakukan perjalanan selain jalan Anda sendiri. Berikut ini adalah 3 fotografer jalanan yang memotret dengan fotografi candid dan gerak alami manusia..

@yk's instagram thumbnails

Pengguna Instagram: @yk
Jika seseorang memimpikan jalanan dengan film berwarna, maka hal itu akan terlihat seperti postingan ini. YK, atau Yik Keat, sebagian besar mendokumentasikan kehidupan malam Singapura dan foto-fotonya mengubah kota ini menjadi metropolis futuristik.

 

@ryancheng80's instagram thumbnails

Pengguna Instagram: @ryancheng80
Dari Bagan ke Singapura, Ryan menampilkan kehidupan di jalanan, cara terbaik yang dia tahu bagaimana - melalui saat-saat tenang yang dapat berbicara banyak dan menyentuh jiwa.

 

@liamwon9's instagram thumbnails

Pengguna Instagram: @liamwon9
Jelajahi jalanan Tokyo yang ramai di malam hari bersama Liam Wong. Kami senang melihat kota melalui lensa neonnya saat ia menampilkan budaya dan kemilau yang ditawarkannya.

 

Pelajari seni meningkatkan galeri Instagram Anda dengan Cara Mengabadikan Foto yang Lebih Baik untuk Instagram dengan Kamera Mirrorless.

 

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!