Tips & Tutorials

Bercerita dengan Mainan Lembut Kesayangan Anda: Panduan Dasar Mendapatkan Foto Nuidori yang Lucu

“Nuidori”, adalah foto mainan boneka empuk yang menggemaskan, telah semakin populer. Istilah itu sendiri berasal dari kata-kata bahasa Jepang untuk mainan boneka hewan empuk (“nuigurumi”) foto pemotretan (“tori”), dan satu konsep populer yang digunakan untuk foto semacam itu adalah, menangkap mainan boneka empuk Anda sebagai karakter utama dalam cerita karangan sendiri! Di sini, saya akan memperkenalkan sebagian petunjuk tentang cara bercerita dengan mainan boneka empuk Anda yang menggemaskan. (Foto oleh:  Takashi Akaogi, Diedit oleh: Etica)

 

Butir 1:  Letakkan mainan boneka di cahaya latar untuk difoto seperti dunia fantasi Anda

FL: 50mm/ f/2.8/ 1/500 det/ EV+2/ ISO 200
[Shooting Conditions] Lokasi pemotretan (cuaca): Outdoor (sunny), Kondisi cahaya (kekuatan, arah): Cahaya benderang / cahaya latar dekat ke cahaya atas

Untuk menciptakan foto dengan polesan akhir yang halus dan lembut, saya merekomendasikan memotret dalam kondisi sinar latar, yaitu, saat cahaya menerpa mainan boneka empuk dari belakang. Banyak orang cenderung berpendapat bahwa cahaya latar sulit untuk diolah, karena membuat subjek tampak gelap dalam foto. Namun, Anda dapat menggunakan kompensasi pencahayaan positif untuk menangkap gambar yang menunjukkan kontur subjek yang bermandikan cahaya. (Tentu saja, jumlah kompensasi positif akan bergantung pada intensitas cahaya.)

 

Cara menggunakan exposure compensation (kompensasi pencahayaan)

Tekan tombol INFO untuk menampilkan layar fungsi pemotretan dan pilih [AEB].

 

Putar dial exposure compensation untuk menyesuaikan nilainya.

 

Butir 2: Fokuskan pada mata dan buramkan latar belakang untuk menonjolkan mainan boneka empuk Anda

FL: 50mm/ f/1.8/ 1/50 det/ EV+1/ ISO 200
[Shooting Conditions] Lokasi pemotretan (cuaca): Indoor (sunny), Kondisi cahaya (kekuatan, arah): Cahaya lembut / cahaya miring

Memburamkan bagian di luar titik fokus memberikan penggambaran yang lebih lembut dari pemandangan yang ditangkap. Cobalah memfokuskan pada mata subjek untuk menangkap foto yang bahkan lebih mengesankan. Untuk menciptakan efek bokeh besar, tetapkan f-number kecil dan dekati mainan boneka empuk yang menjadi subjek utama Anda. Anda juga bisa mencoba saran berikut ini.

 

Cara mengubah f-number

Tekan tombol INFO untuk menampilkan layar fungsi pemotretan. Pilih f-number.

Sentuh layar, atau putar dial atau roda untuk menyesuaikan f-number.

 

Saran: Ingatlah berbagai faktor yang memengaruhi bokeh!

Anda dapat menyesuaikan faktor berikut ini untuk memvariasikan efek bokeh di latar belakang:

- Panjang fokus lensa
- f-number
Jarak antara kamera dan mainan boneka empuk
Jarak antara mainan boneka empuk dan latar belakang

Jika ingin meningkatkan efek bokeh, atau menciptakan suasana yang terlihat lebih lembut, cobalah menggunakan lensa dengan rentang fokus yang panjang (standar untuk telefoto), menetapkan f-number kecil, mengurangi jarak antara kamera dan mainan boneka empuk, lalu menambah jarak antara mainan boneka empuk dan latar belakang.

Sebaliknya, jika ingin efek bokeh yang lebih kecil dan latar belakang yang lebih tajam, tetapkan f-number besar, gunakan lensa dengan sudut lebih lebar, dan panjang fokus lebih pendek, tambah jarak antara kamera dan mainan boneka empuk, dan kurangi jarak antara mainan boneka empuk dan latar belakang.

FL: 50mm/ f/1.8/ 1/640 det/ EV+1,3/ ISO 200
Untuk bidikan ini, saya menambah jarak antara mainan boneka empuk dan latar belakang untuk menciptakan efek bokeh di latar belakang.

 

 

Takeshi Akaogi

Sebagai fotografer, Akaogi terutama bekerja untuk majalah dan menulis buku yang memperkenalkan fotografi dan berbagai saran praktis. Ia juga mengajar di lokakarya fotografi.

http://www.flipphoto.org

 

Etica

Tim di balik layar majalah kamera Jepang “Camera Biyori” serta sejumlah buku lainnya. Juga mengatur berbagai acara dan menjalankan "Tanoshii Camera School", sekolah fotografi (@tanoshiicamera).

 

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

Win an EOS M100

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.