Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Produk >> All Products

Layar Sentuh EOS 80D dan 5 Hal Nyaman yang Bisa Anda Lakukan Dengan Itu

Salah satu fitur EOS 80D adalah layar sentuh, yang memungkinkan Anda menyesuaikan beragam luas pengaturan. Pengoperasian yang dulu dilakukan dengan menggunakan tombol dan dial, sekarang bisa mudah dilakukan hanya dengan menggunakan gerakan layar sentuh universal yang sama seperti yang digunakan pada smartphone. Dengan fungsi ini, Anda bisa mengubah pengaturan dan menangkap gambar secara lebih intuitif. Dengan kemampuan memilih gambar dan ikon secara langsung pada layar, juga membantu meningkatkan efisiensi. (Dilaporkan oleh: Ryosuke Takahashi)

 

Memulai: 3 manfaat layar sentuh pada EOS 80D

Pengoperasian layar sentuh pada EOS 80D hampir sama persis dengan yang digunakan pada smartphone, dengan sensor built-in yang bereaksi terhadap gerakan jari, misalnya, mengetuk dan menggeser pada layar. Sekarang, banyak fitur pada EOS 80D yang mendukung pengoperasian layar sentuh. Secara umum, fitur tersebut dapat diklasifikasikan ke dalam tiga kategori – pengaturan, putar ulang dan pemotretan. Dengan sepenuhnya memanfaatkan layar sentuh, Anda bisa melakukan berbagai macam pengoperasian secara lebih cepat dan mudah.

 

1. Menu Pengaturan bisa diakses secara lebih langsung
Apabila menyangkut masalah pengaturan kamera, kemampuan mengakses berbagai menu pengaturan secara langsung pada layar Quick Control merupakan kenyamanan terbesar yang ditawarkan layar sentuh. Karena Anda tidak lagi perlu menggunakan Multi-controller dan kontrol lainnya, langkah-langkah pun menjadi lebih sederhana, dan sekaligus menghindari pengoperasian yang rumit.

 

2. Pengoperasian terkait Putar ulang, semakin intuitif dari sebelumnya
Untuk pengoperasian terkait putar ulang, gerakan jari dan efek yang bersangkutan pada tampilan layar, secara universal sudah ditentukan, jadi para pengguna smartphone dapat mengoperasikan sebagian besar fitur tanpa harus membaca buku petunjuk. Menguasai metode tampilan lompat, juga akan meningkatkan pengalaman lebih jauh lagi.

 

3. Lebih mudah menetapkan fokus tujuan, pelepasan rana yang nyaman
Dengan layar sentuh, fungsi terkait pemotretan, seperti pemilihan titik AF dan pelepasan rana, juga dibuat lebih nyaman. Dengan kemampuan memilih dan memindahkan titik AF melalui sentuh dan tarik, membantu pemfokusan yang tepat, dan melengkapi mode pemilihan area AF pada EOS 80D serta manfaat dari Dual Pixel CMOS AF. Tidak hanya itu, rana pun bisa dilepaskan dengan menyentuh layar secara langsung, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan hasil yang lebih mendekati apa yang Anda lihat pada layar Live View.
 

Klik di sini untuk membaca, apa yang dikatakan para pengembang EOS 80D mengenai performa AF kamera ini.
EOS 80D Wawancara dengan Pengembang (Bagian 1): Perbaikan Besar pada Performa AF

 

5 hal yang sekarang bisa Anda lakukan dengan layar sentuh EOS 80D

 

#1: Mengambil foto dengan Touch Shutter (Rana Sentuh)
 

1. Tekan tombol Start/Stop di bagian tengah sakelar Pemotretan Live View/Pembuatan Film untuk menjalankan fungsi Live View. Berikutnya, tetapkan ikon Touch Shutter ke "Enable"

Untuk menggunakan Touch Shutter, Anda perlu menetapkan ikon Touch Shutter ke "Enable" dari menu pemotretan atau layar siaga untuk pemotretan Live View. Fitur ini ditetapkan ke "Disable" secara default.

 

2. Ketuk posisi dalam gambar yang Anda inginkan untuk menetapkan fokus dan lepaskan rana

Anda bisa mengubah pengaturan untuk melepaskan rana secara hampir bersamaan setelah Anda menetapkan fokus dengan Touch AF (AF Sentuh). Fitur ini bisa digunakan bersama dengan self-timer, yang nyaman apabila Anda ingin menunda pengaturan waktu untuk melepaskan rana.

 

PETUNJUK: Touch Shutter (Rana Sentuh) bekerja baik apabila Anda memotret pada posisi rendah. Saya menganjurkan untuk menggunakan ini dan dikombinasikan dengan layar LCD vari-angle.

 

#2: Ubah pengaturan kamera dengan mengetuk pada layar
 

1. Ketuk ikon "Q" pada monitor LCD

Tekan tombol [INFO]. Pada layar yang muncul, ketuk ikon "Q" untuk mengaktifkan perubahan pengaturan.

 

2. Ketuk item yang Anda inginkan untuk mengubah pengaturannya

Cari item yang ingin Anda pilih dari daftar yang ditampilkan, lalu ketuk di dalam bingkai ikon. Periksa untuk memastikan, bahwa fitur sudah dipilih.

 

3. Tekan separuh tombol rana setelah mengubah pengaturan

Ketuk pengaturan yang ingin Anda pilih. Setelah pemilihan dilakukan, tekan tombol rana separuh ke bawah untuk mengonfirmasi pengaturan.

 

#3: Telusuri gambar dengan mengusap ke kiri atau ke kanan
 

1. Tekan tombol Playback (Putar ulang) untuk menampilkan gambar

Menekan tombol Playback akan menampilkan gambar terakhir yang sudah Anda tangkap atau diputar kembali.

 

2. Usap gambar ke kiri atau ke kanan untuk menelusuri gambar sebelum atau berikutnya

Untuk menampilkan gambar sebelumnya, usap ke kiri. Untuk menampilkan gambar berikutnya, usap ke kanan.

 

Saran: Untuk mengaktifkan tampilan lompat, dan melompat melalui beberapa gambar, gunakan dua jari untuk mengusap, bukan hanya satu jari. 

 

#4: Lihat semua gambar dalam tampilan indeks hanya dengan menjepitnya
 

1. Tekan tombol Playback (Putar ulang) untuk menampilkan gambar

Tekan tombol Playback (Putar ulang) untuk menampilkan gambar. Hal ini bisa dilakukan, bahkan apabila informasi pemotretan ditampilkan pada layar.

 

2. Jepit gambar ke dalam untuk melihat tampilan indeks

Jepit ke dalam untuk menampilkan gambar dalam tampilan indeks. Anda bisa menampilkan hingga 100 gambar setiap kali.

 

3. Usap ke atas atau ke bawah untuk menggulir melintasi gambar

Usap gambar ke atas atau ke bawah untuk menampilkan gambar sebelum atau berikutnya. Anda juga dapat menambah jumlah gambar yang ditampilkan dalam tampilan indeks sebelum menggulir melintasi gambar dengan cara menjepit lebih ke dalam.

 

#5: Jepit, usap dan ketuk untuk zoom in dan zoom out pada gambar sewaktu playback
 

1. Tekan tombol Playback (Putar ulang) untuk menampilkan gambar

Setelah menekan tombol Playback, telusuri gambar yang ingin Anda perbesar, lalu ketuk gambarnya untuk menampikannya sepenuh layar.

 

2. Untuk zoom in, jepit keluar

Jepit keluar untuk membesarkan (zoom in) gambar. Jepit ke dalam untuk memperkecil (zoom out) gambar.

 

3. Tarik gambar ke ukuran yang ingin Anda tampilkan

Setelah gambar diperbesar, tarik ke arah yang sesuai untuk menampilkan ukuran gambar yang ingin Anda tayangkan.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai berbagai fitur EOS 80D, bacalah artikel berikut ini: 
Filter Creative - Memanfaatkan Creative Filter Sepenuhnya dalam Pemotretan Live View
HDR mode - Menggunakan HDR Mode pada EOS 80D
Mode Pemilihan Area AF: Mode Pemilihan Area AF untuk Pemfokusan Cepat

 

Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

 

Ryosuke Takahashi

 

Lahir di Aichi tahun 1960, Takahashi memulai karier freelance pada tahun 1987 setelah bekerja pada studio foto iklan dan penerbit. Melakukan pemotretan untuk majalah besar, ia telah bepergian ke banyak penjuru dunia dari tempat kedudukannya di Jepang dan Tiongkok. Takahashi adalah anggota Japan Professional Photographers Society (JPS).

 

Digital Camera Magazine

 

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation