Produk >> All Products In Focus: PowerShot G1 X mark III- Part 1

PowerShot G1 X Mark III Baru, adalah Kamera Saku Pertama Canon dengan Sensor CMOS ukuran APS-C

Pada tanggal 16 Oktober 2017, Canon mengumumkan kamera digital sakunya yang baru, PowerShot G1 X Mark III. Kamera ini dilengkapi sensor CMOS ukuran APS-C 24,2 megapiksel, dan akan menjadi model andalan PowerShot seri G. (Dilaporkan oleh: Makoto Suzuki (Digital Camera Watch))

PowerShot G1 X Mark III

 

Bodi yang ringkas sarat dengan lensa zoom 3x setara 24-72mm, EVF built-in

PowerShot G1 X Mark III (Vari-angle)

PowerShot G1 X Mark III adalah kamera lensa tetap pertama Canon yang dilengkapi sensor gambar CMOS ukuran APS-C (kira-kira 22,3 × 14,9mm). Pengguna kamera DSLR dan kamera mirrorless yang mencari kamera kedua yang ringkas, yang memberikan kualitas gambar tinggi, akan berpendapat bahwa inilah pilihan yang sangat bagus. Tidak hanya itu, pengguna bisa mengharapkan fokus otomatis yang cepat, karena ini juga adalah kamera saku pertama Canon yang dilengkapi dengan Dual Pixel CMOS AF, sistem AF pendeteksian berbeda fase yang juga merupakan fitur pada kamera seri EOS baru-baru ini. Bodi kamera memiliki konstruksi kedap tetesan cairan dan kedap debu yang layak dibanggakan. 

 

PowerShot G1 X Mark III (depan)
PowerShot G1 X Mark III (belakang)
 
PowerShot G1 X Mark III (atas)
PowerShot G1 X Mark III (bawah)

 

Walaupun dilengkapi dengan EVF dan sensor gambar built-in, yaitu pada ukuran APS-C yang lebih besar dari pendahulunya (PowerShot G1 X Mark II), PowerShot G1 X Mark III lebih ringan dan ringkas, hanya seberat kira-kira 399g (termasuk paket baterai dan kartu memori).

 

Fitur Utama

Terdapat kira-kira 24,2 megapiksel efektif. Lensa memiliki kisaran panjang fokus setara format 35mm, 24 – 72mm, dengan kisaran aperture f/2.8 – 5.6. Prosesor gambar DIGIC 7, dan kecepatan ISO asli, yaitu ISO 100 – 25600. Pemotretan beruntun tersedia hingga 7 fps (frames per second) dengan pelacakan AF, dan hingga 9 fps dengan AF lock—sama seperti EOS 80D, EOS M5 dan EOS M6.

PowerShot G1 X Mark III (depan)

 

Dial dan kontrol

Dial kontrol pencahayaan dan dial kontrol (di sekitar tombol atas-bawah-kiri-kanan) terletak pada sisi kanan bagian atas belakang kamera. Terdapat Quick Control Dial di bagian depan, dan tempat jari telunjuk tangan kanan Anda apabila memegang kamera. Meskipun cincin laras lensa bisa digunakan untuk pengoperasian zoom, namun juga ada tuas zoom pada poros yang sama seperti tombol rana, yang merupakan hal tipikal dari kamera saku. Mode dial dilengkapi dengan fungsi kunci. 

Cincin zoom PowerShot G1 X Mark III
PowerShot G1 X Mark III (dial kompensasi pencahayaan)
 
PowerShot G1 X Mark III (tombol dan dial rana)
PowerShot G1 X Mark III (Quick Control Dial)

 

Monitor

Monitor LCD layar sentuh 1,04 juta titik, 3,0 inci, adalah jenis Vari-angle yang lebih memudahkan untuk membidik foto orientasi portrait (tegak lurus). Juga mendukung Touch & Drag AF, yang memungkinkan Anda memindahkan bingkai AF pada monitor layar sentuh sambil melihat melalui EVF (electronic viewfinder). Terdapat tujuh opsi konfigurasi untuk area sentuh aktif layar, dan pengguna juga bisa memilih dari dua metode posisi: “Absolute”, bingkai AF berpindah ke posisi yang Anda sentuh, atau ke tempat yang Anda tentukan melalui seretan jari Anda pada layar, dan “Relative”, bingkai berpindah secara relatif ke arah dan jarak seretan jari Anda. EVF merupakan OLED, 1cm (tipe 0,39) dan memiliki kira-kira 2,36 juta titik. 

 

Fungsi pemotretan dan fitur lainnya

PowerShot G1 X Mark III dilengkapi dengan mode Panorama Shot baru yang secara otomatis merajut gambar dan menyatukannya saat Anda melakukan pan kamera. Juga mendukung pembuatan film pada kualitas Full HD 60p, mode Time Lapse Movie pre-set ke pengaturan yang paling umum digunakan, koneksi terus-menerus ke perangkat cerdas melalui Bluetooth, dan kemampuan transmisi nirkabel melalui Wi-Fi/NFC

PowerShot G1 X Mark III (prosesor gambar)

PowerShot G1 X Mark III menggunakan Paket Baterai NB-13L, sama seperti PowerShot G5 X, PowerShot G7 X dan PowerShot G7 X Mark II, serta PowerShot G9 X dan PowerShot G9 X Mark II. Bisa diisi di dalam bodi kamera (pengisian USB) melalui terminal Micro USB.

Dimensi eksternal, kira-kira 115,0 × 77,9 × 51,4mm. Bobot kira-kira 399g (termasuk paket baterai dan kartu memori).

Hood lensa (Lens Hood LH-DC110) tersedia, serta wadah kedap air (Waterproof Case WP-DC56) untuk fotografer bawah air. Keduanya dijual secara terpisah.

 

PowerShot G1 X Mark III dengan Lens Hood LH-DC110

Kamera, yang dipasangi Lens Hood LH-DC110 

 

Waterproof Case WP-DC56

Waterproof Case WP-DC56

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

 

Digital Camera Watch

Digital Camera Watch

Menyampaikan berita harian yang terkait topik,misalnya tentang kamera digital dan perangkat periferal, serta perangkat lunak imaging. Juga menerbitkan berbagai artikel, seperti ulasan tentang penggunaan model kamera digital yang sesungguhnya, dan sampel foto yang diambil dengan menggunakan model baru.

http://dc.watch.impress.co.jp/