Blog Fotografer

Mengejar Ketidakkekalan: Kereta Api

Tidak seperti penerbangan, perjalanan yang lambat di kereta api membutuhkan seperangkat perlengkapan penting, serta peralatan. Lihatlah apa yang dibawa Justin Mott di sepanjang perjalanan dari Bangkok ke Chiang Mai dengan kereta api.

Usahakan tetap ringan
Untuk perjalanan ini, saya membawa EOS-1D X Mark II Canon, lensa EF35mm f/1.4L II USM dan lensa EF16-35mm f/2.8L II USM milik saya. Ketika naik kereta untuk perjalanan jauh seperti ini, saya lebih suka membawa tas yang ringan dengan pakaian dan perlengkapan saya, satu body dan satu sampai paling banyak dua lensa.

Canon EOS-1D X Mark II, EF35mm f/1.4L II USM lens, f/1.4, 35mm, 1/2500sec, ISO500 
Seorang petugas kereta melambaikan bendera di sebuah stasiun pada perjalanan dari Chiang Mai ke Bangkok.

Lensa EF35mm f/1.4L II USM memang serbaguna, memungkinkan bawaan Anda tetap ringan dan Anda bisa menjadi lebih lincah. Fantastis untuk foto potret, lanskap dan bahkan yang lebih rinci, memungkinkan Anda mendapatkan gambar yang Anda butuhkan.

Canon EOS-1D X Mark II, EF35mm f/1.4L II USM lens, f/2.8, 35mm, 1/160sec, ISO100 
Seorang biksu menunggu keretanya untuk berangkat dari Bangkok ke Chiang Mai.

Canon EOS-1D X Mark II, EF35mm f/1.4L II USM lens, f/1.4, 35mm, 1/320sec, ISO100
Seorang pemuda personel angkatan laut Thai berpose untuk sebuah potret di stasiun kereta api Hua Lamphong..

Canon EOS-1D X Mark II, EF35mm f/1.4L II USM lens, f/1.4, 35mm, 1/800sec, ISO100 
Sebuah kereta kargo tua yang berkarat di stasiun kereta api Hua Lamphong.

Untuk pemandangan lanskap, saya menggunakan lensa EF16-35mm f/2.8L II USM milik saya karena lensa ini mengagumkan untuk menangkap sudut super lebar.

Canon EOS-1D X Mark II, EF16-35mm f/4L IS USM lens, f/4, 16mm, 1/250sec, ISO100 
Pemandangan pagoda Buddhis dari jendela kereta api dari Bangkok ke Chiang Mai.

Barang penting untuk dibawa

Saya membawa sekitar 4 baterai karena tidak semua kereta api di negara-negara berkembang memiliki stopkontak sehingga kita harus selalu membawa cadangan. Saya selalu membawa pengubah daya untuk pengisi baterai saya, sebuah paket baterai tambahan untuk ponsel saya. Saya membuka penutup lensa saya untuk mendukung filter pelindung sehingga saya bisa langsung memotret dengan cepat ketika saya sudah siap.

Saya suka membawa syal yang ringan karena banyak sekali kegunaannya. Saya menggunakannya untuk membersihkan kamera saya karena di mana-mana ada debu di udara terbuka dalam kereta api, juga menggunakannya sebagai tripod dadakan jika diperlukan. Saya bahkan menutupi kamera saya dengan syal untuk menyembunyikan dan melindunginya. Saya bepergian dengan ransel biasa, bukan tas kamera, jadi saya juga membawa tas lensa untuk melindunginya. Untuk pakaian, saya suka berpakaian dengan simpel, sehingga kaos dan celana jeans biasanya sudah cukup.

Aturan Etiket

Ketika perlu mendekati orang-orang, saya cenderung untuk memotret dari panggul ketika saya ingin mengabadikan momen yang alami. Untuk potret, saya lebih memilih untuk duduk bersama mereka terlebih dahulu dan mengobrol sebelum saya meminta untuk memotret mereka.

Canon EOS-1D X Mark II, EF35mm f/1.4L II USM lens, f/1.4, 35mm, 1/800sec, ISO100 
Seorang penumpang menunggu kereta api sambil membaca sebuah artikel yang didedikasikan untuk ratu Thailand pada hari ulang tahunnya.

Canon EOS-1D X Mark II, EF35mm f/1.4L II USM lens, f/4.5, 35mm, 1/200sec, ISO640 
Sekelompok pria bermain sepak takraw di jalanan Bangkok.

Ingatlah untuk memperhatikan perlengkapan Anda sepanjang waktu karena pencopet di kereta api. Saya mencoba untuk menyembunyikan perlengkapan saya kapan pun saya bisa dan bukannya menggunakan tas kamera normal, saya biasanya menggunakan ransel kanvas yang sederhana agar tidak menarik perhatian pencopet. Saya juga menutupi logo dengan gaffer tape (sejenis pita perekat) untuk menyembunyikan pemotretan dan model kamera saya.

Canon EOS-1D X Mark II, EF35mm f/1.4L II USM lens, f/4, 35mm, 1/1250sec, ISO100
Pemandangan dari rel kereta api sepanjang rute dari Bangkok ke Chiang Mai.

 

Saksikan keseluruhan video di sini:

 

 

 

 

Daftar dan dapatkan update terbaru tentang berita, kiat dan trik fotografi!!

Justin Mott

Justin adalah seorang fotografer dokumenter, editorial dan komersial pemenang penghargaan yang lahir di Rhode Island AS dan tinggal selama lebih dari delapan tahun di Asia Tenggara. Hasil karyanya telah ditampilkan dalam beragam publikasi seperti The New York Times, TIME, The Wall Street Journal, Newsweek, The Guardian, BBC, CNN, Bon Appetit, Forbes dan berbagai publikasi internasional lainnya.

Askmott.com
justinmott.com

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

Comments (1)

Thank you Snapshot and Canon for featuring me and thank you everyone for reading these articles, I hope you enjoy them. For more tips visit http://www.justinmott.com and follow me on Instagram at https://www.instagram.com/askmott/.

Win an EOS M100

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.