Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Dasar-Dasar Fotografi Interval-Waktu untuk Pemula

2020-04-29

Akan selalu ada sesuatu yang menghipnotis ketika melihat sebuah proses yang terus berjalan selama satu periode waktu yang lama dan dipercepat menjadi beberapa menit bahkan beberapa detik saja – a.k.a fotografi interval waktu atau interval-waktu. Gaya fotografi ini pada dasarnya adalah sebuah seri fotografi yang digantungkan bersama untuk membuat sebuah video (atau film) dimana waktu terlihat seperti berjalan dengan sangat cepat, sebagai contoh, video 15 detik dari sebuah mekar dan layunya sekuntum bunga.

Bila anda ingin menaklukkan tantangan ini dan mencoba menghasilkan video interval-waktu pertama anda, berikut ini ada beberapa tips mengenai cara anda melakukannya dengan fungsi film interval-waktu dari Canon.

Time-lapse Movie Function

Akan muncul layar dengan pengaturan seperti Interval, Jumlah bidikan foto, Waktu yang dibutuhkan dan Waktu pemutaran. Variabel-variabel ini bisa anda ubah secara manual dan nantinya akan memengaruhi hasil akhir keseluruhan berdasarkan pengaturan anda. Berikut ini penjelasan cepat mengenai tiap pengaturan:

Interval: Fungsi ini berarti frekuensi waktu yang diambil di antara masing-masing bidikan foto. Anda bisa mengaturnya menjadi satu detik per bidikan foto atau lebih tergantung pada subyek yang anda pilih. Jalanan yang sibuk dengan banyak lalu lintas akan membutuhkan interval waktu yang lebih pendek untuk menangkap interval-waktu yang lebih halus dibandingkan dengan waktu interval yang lebih panjang ketika menangkap mekarnya bunga.

Jumlah bidikan foto: Fungsi ini adalah jumlah total dari bidikan foto yang kamera akan ambil. Fungsi ini akan memengaruhi waktu dan berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi kamera untuk menyelesaikan interval-waktu (lebih banyak bidikan foto = lebih banyak waktu yang diambil). Catatan: kamera Canon mengatur frame-per-detik 24 FPS untuk mengikuti pengaturan frame-per-detik video biasa.

Waktu yang dibutuhkan: Waktu yang diambil untuk menyelesaikan proses fotografi interval-waktu. Pengaturan waktu yang dibutuhkan tidak bisa diubah dan akan berdasarkan pengaturan interval dan jumlah bidikan foto anda.

Waktu pemutaran: Waktu pemutaran adalah durasi akhir video. Pengaturan waktu pemutaran tidak bisa diubah dan akan berdasarkan pengaturan jumlah bidikan foto dan 24 FPS (Frame per detik). Untuk meningkatkan waktu pemutaran anda, anda perlu meningkatkan jumlah bidikan foto (atau sebaliknya). Persamaan waktu pemutaran adalah waktu pemutaran (dalam detik) = Jumlah bidikan foto/24 FPS.

 

Perangkat Penting

Perangkat penting anda adalah tripod, baterai dan kartu memori. Anda tidak perlu intervalometer ketika menggunakan pengaturan film interval-waktu Canon!

Tripod: Anda akan perlu meletakkan kamera anda di atas tripod agar posisinya terjaga dan hasil akhir film tidak akan memiliki efek yang tidak diharapkan akibat adanya gerakan. Tempat-tempat dengan angin yang kencang akan membutuhkan tripod yang lebih berat. Temukan tripod yang tepat di sini!

Baterai: Akan selalu bagus untuk memiliki baterai cadangan dengan daya penuh untuk keadaan darurat, walaupun satu baterai berdaya penuh akan cukup untuk proses interval-waktu yang lebih pendek.

Kartu Memori: Walaupun tergantung pada jumlah foto dan ukuuran berkas RAW rata-rata anda, kami masih merekomendasikan kartu memori dengan kapasitas yang lebih besar dari 64 GB untuk anda agar lebih aman.

 

Pengaturan Kamera

Atur pengaturan kamera untuk memastikan hasil output film anda sedekat mungkin dengan yang sudah anda bayangkan. Hal ini meliputi pembingkaian, mengambil foto dalam RAW, mode manual dan fokus manual.

Pembingkaian: Seperti fotografi normalnya, mengambil bingkai yang tepat akan menambah kualitas estetika yang indah pada video anda. Kami juga merekomendasikan memiliki setidaknya satu elemen diam melawan subyek yang bergerak untuk menambah kedalaman dan kontras.

RAW: Dengan mengambil foto dalam RAW mungkin akan mengambil lebih banyak ruang di kartu memori anda dan membatasi jumlah foto keseluruhan yang bisa anda ambil, jenis berkas ini memberikan anda kebebasan untuk membuat lebih banyak perubahan untuk memperbaiki hasil akhir keseluruhan video anda.

Mode manual: Jangan pernah mengambil foto dalam mode Auto ketika melakukan fotografi interval-waktu karena pengaturan eksposur kamera tidak akan konstan, dan hasilnya adalah seri foto dengan eksposur yang tidak rata. Aturlah jadi mode manual untuk menjaga eksposur tetap konstan dan hanya berikan sedikit perbaikan bila perlu.

Fokus manual: Pengaturan fokus manual akan memberikan jarak fokus/titik fokus yang konstan pada pengamat karena subyek bergerak melewati fasenya selama interval-waktu.

 

Kamera

Dengan fungsi film Interval-Waktu Canon, anda bisa mengurangi jumlah pengolahan pasca pengambilan foto yang diperlukan untuk hasil akhir video anda Bila anda mencari kamera Canon dengan fungsi Interval-Waktu, berikut ini rekomendasi dari kami: kamera Canon EOS 80D, Canon EOS 90DCanon EOS 77D dan Canon 800D untuk para pemula serta Canon EOS R untuk penggemar fotografi.

Untuk memulai, berikut ini ada sedikit contoh sehari-hari untuk melatih anda mengambil fotografi interval-waktu. Anda bisa:

  1. Menyalakan lilin di dalam ruangan (pastikan untuk menutup jendela dan mematikan kipas agar mencegah api padam), dan filmkan lilin yang meleleh.
  2. Ambil sebuah video interval-waktu berdasarkan proses pengeringan dan kecoklatan apel yang tertinggal di luar
  3. Pemutih menghilangkan warna pada pakaian dan bahkan buah-buahan. Semprot atau lap jumlah pemutih yang cukup pada subyek anda (t-shirt bewarna) dan filmkan selama subyek berubah warna!Ingatlah untuk melindungi tangan anda dengan memakai sarung tangan selama menggunakan pemutih.

 

Unduh Salinan infografik ini di sini. Bersenang-senanglah!