Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

10 Tempat Top untuk Fotografi Lanskap di Singapura

Mengalami kesulitan untuk memutuskan petualangan fotografi Anda yang selanjutnya? Anda tidak perlu pergi jauh untuk memotret foto lanskap yang indah. Ada banyak tempat di Singapura yang memungkinkan Anda untuk melatih keterampilan fotografi lanskap Anda. Kenyataannya, beberapa tempat ini bahkan tidak terlihat seperti Anda berada di Singapura! Inilah 10 lokasi yang direkomendasikan untuk Anda, untuk dimasukkan ke dalam portofolio Anda sebagai fotografer lanskap di Singapura.

1. Mount Emily Park

Terletak tepat di pinggiran kota, Mount Emily Park adalah oasis subur yang terdiri dari pohon-pohon tua yang besar, dan lereng yang bergulir lembut, yang bisa membentuk komposisi yang sangat menarik. Fotografer lanskap akan menganggap tempat ini sangat menarik, dengan garis samar-samar dari lanskap kota yang dipadankan dengan semua pemandangan hijau ini. Matahari terbit dan terbenam di sini juga sangat indah, terutama ketika filter cahaya melalui celah-celah dedaunan lebat.

EOS 650D, EF-S18-55mm IS II f/3.5-5.6, f/5.6, 1/320sec, 18mm, ISO 100

2. Distrik Bisnis Pusat

Membawa kamera Anda setiap saat berarti Anda jarang melewatkan kesempatan untuk memotret foto-foto bagus. Jika Anda bekerja di Distrik Bisnis Pusat, pastikan Anda selalu membawa kamera selama jam makan siang.
Menara perkantoran seringkali bisa membentuk komposisi yang menarik pada jam-jam yang berbeda sepanjang hari, bahkan di bawah sinar matahari siang, yang biasanya membuat para fotografer enggan memotret. Tapi lakukan saja dan ini adalah sudut pandang yang cukup menarik. Kiat: Gunakan lensa sudut lebar agar bangunan yang Anda potret terlihat bahkan lebih tinggi. Ingatlah untuk menempatkan subjek Anda di tengah bingkai untuk menghindari distorsi. Pelajari lebih banyak kiat dalam menggunakan lensa sudut lebar dalam  artikel ini.

Canon EOS 6D, EF16-35mm f/4L IS USM, f/10.0, 1/400sec, 16.0mm, ISO 100 oleh Kenji Kwok Li Xian

3. Marina Bay Sands

Peluang foto sangat berlimpah di dekat Marina Bay Sands (MBS) — dari arsitektur interior The Shoppes di Marina Bay Sands hingga pemandangan menara perkantoran di seluruh teluk — yang menjadikannya lokasi ideal untuk perburuan foto Anda yang berikutnya.
Sedikit kiat buat Anda! Jika terlalu panas pada sore hari, cobalah ke dalam gedung dan memotret di tengah kenyamanan pendingin udara. Dengan matahari sore, pemandangan dalam ruangan menjadi semakin nyata.

Canon EOS 6D, EF16-35mm f/4L IS USM, f/4.0, 1/320sec, 16.0mm, ISO 800 oleh Kenji Kwok Li Xian

4. Pantai Changi

Selama bertahun-tahun, resor-resor baru telah bermunculan di area ini, tetapi tidak ada yang bisa mengalahkan atmosfer tenang yang ditawarkan oleh Pantai Changi. Dengan jalan-jalan santai di dermaga pada sore hari, Anda akan bisa mencapai pantai dengan lebih cepat, pas untuk memotret matahari terbenam.
Di sini Anda juga akan bertemu dengan para pemancing yang antusias, yang akan menemani Anda selagi menunggu cahaya terbaik untuk foto-foto Anda.

Canon EOS 6D, EF16-35mm f/4L IS USM, f/4.0, 1/30sec, 24mm, ISO 200

5. Jembatan Lorong Halus

Tenang dan fantastis, inilah tempat yang sempurna untuk memotret blue hour (jam biru, sesaat sebelum matahari terbit dan tenggelam) di Singapura. Jembatan ini menghubungkan Lorong Halus Wetlands dengan Punggol Promenade Riverside Park. Bersama-sama dengan jejak cahaya yang melintasi arsitektur ikonis ini, pantulan yang indah terpancar di perairan. Jika Anda suka memotret matahari terbenam, perencanaan adalah kuncinya, karena kondisi cahaya berubah dengan cepat dan warna-warna menghilang sebelum Anda menyadarinya. Temukan lebih banyak kiat tentang cara mengabadikan warna-warna matahari terbenam yang menakjubkan dalam artikel ini.

Canon EOS 6D, EF16-35mm f/4L IS USM, f/16.0, 4sec, 21.0mm, ISO 100 oleh Archie Ferdinand Teodoro

6. Merlion Park

Inilah rumah bagi ikon nasional Singapura, yaitu Merlion, dengan pemandangan Marina Bay yang indah. Tempat populer bagi para turis ini mungkin agak ramai pada sore hari, jadi pastikan Anda tiba di sana lebih awal agar bisa mengabadikan matahari terbenam yang menakjubkan. 
Sedikit trik agar hanya ada sedikit orang dalam foto Anda, asalkan pemandangannya cukup gelap, yaitu memotret dengan kecepatan rana yang lebih lambat. Hal ini juga membantu memperhalus permukaan air, sehingga foto yang dihasilkan menjadi lebih menarik.

Canon EOS 6D, EF17-40mm f/4L USM, f/8.0, 85sec, 25.0mm, ISO 100 oleh Calvin Thia Kang Wei

Canon EOS 6D, EF17-40mm f/4L USM, f/16.0, 20sec, 17.0mm, ISO 100 by Calvin Thia Kang Wei

7. Gardens by the Bay

Gardens by the Bay merupakan salah satu atraksi terbaru di Singapura, dengan tiga Supertrees buatan yang ikonis dengan ketinggian 16 lantai. Perhatikan saat matahari terbenam — itulah saatnya struktur tersebut sungguh-sungguh menjadi nyata, diterangi dengan warna-warna cerah, pas untuk suasana hati yang ceria. Entah dipotret dari kejauhan atau tepat di bawah struktur tersebut, dengan mudah tempat ini langsung menjadi tempat yang paling populer bagi para pencinta fotografi di Singapura.

Canon EOS 6D, EF17-40mm f/4L USM, f/8.0, 30sec, 25.0mm, ISO 100 oleh Simon Tay Sze Wee

Canon EOS 6D, EF16-35mm f/4L IS USM, f/16.0, 198sec, 16.0mm, ISO 100 oleh Archie Ferdinand Teodoro

8. Benjamin Sheares Bridge

Jembatan ini dibangun pada tahun 1977 dan selesai pada tahun 1981. Nama jembatan ini diambil dari presiden kedua Singapura, Dr. Benjamin Sheares. Anda mungkin telah menyaksikan pemandangan dari Jembatan Benjamin Sheares, jembatan terpanjang dan tertinggi di Singapura yang membentang di sepanjang Kallang Basin dan Singapore River. Kini jembatan ini menjadi rute yang umum untuk maraton. Untuk peluang foto, kunjungi tempat ini saat matahari terbenam untuk mengabadikan pantulan yang menakjubkan dari jembatan dan Costa Rhu.

Canon EOS 6D, EF16-35mm f/4L IS USM, f/16.0, 25sec, 16.0mm, ISO 50 oleh Archie Ferdinand Teodoro

9. Bidadari

Dulunya tempat ini adalah pemakaman, namun kini tempat ini telah menjadi salah satu dari permata langka di Singapura untuk memotret alam, terutama selama waktu emas. Makam telah digali sebagai bagian dari rencana pengembangan ulang negara dan sebagai persiapan untuk estat Bidadari mendatang. Lintasan jejak di dalam hutan merupakan rute lari yang populer bagi anggota Gurkha Contingent, dan juga berperan sebagai panduan bagi para fotografer untuk menjelajahi tempat yang indah ini. Sedang mencari lokasi yang tidak terlihat seperti Anda berada di Singapura? Bidadari adalah tempat yang menjadi semakin populer untuk pemotretan pra pernikahan yang diimpi-impikan. Kiat: Gunakan lampu yang menyala untuk memotret dengan kesan lembut dan ibarat mimpi.

Canon EOS 5DS, f/16, 1/125sec, 16mm, ISO 400 by Tan Geng Hui

10. Taman Waduk MacRitchie

Taman Waduk MacRitchie seluas 12 hektar ini merupakan waduk pertama di Singapura dan menghadirkan berbagai atraksi yang berbeda untuk peluang fotografi yang berbeda-beda. Entah berjalan-jalan santai di sepanjang garis keliling perairan atau perjalanan mendaki menuju pepohonan di puncak, selalu ada kesempatan untuk berjelajah dan memotret di taman ini. Sebagai gerbang menuju hutan alami dan perairan murni, taman ini merupakan suaka untuk melihat burung-burung. Jika Anda suka mengabadikan keindahan burung di alam liar, pelajari bagaimana keunggulan lensa EF70-300mm f/4-5.6 IS II USM untuk fotografi burung di artikel ini.

Canon EOS 6D, EF16-35mm f/4L IS USM, f/11.0, 46sec, 16.0mm, ISO 100 oleh Archie Ferdinand Teodoro

Seperti yang bisa Anda lihat, Singapura tidak pernah kekurangan tempat untuk pemotretan. Tahu tempat lain yang sempurna untuk fotografi lanskap atau fotografi alam di Singapura? Ceritakan pada kami!

 

Kenji Kwok

Profil penulis

Kenji Kwok adalah seorang Fotografer Dokumenter asal Singapura, yang karya-karyanya terinspirasi oleh dorongan untuk menyediakan saluran bagi orang lain guna menyuarakan keluh-kesah mereka, selain mendokumentasikan perlunya perubahan seputar masalah sosial di seluruh dunia.


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!