Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Cara Meningkatkan Kualitas Fotografi Dengan Canon EOS 850D

2020-05-18

Mungkin Anda akan tercengang dengan begitu banyaknya pencapaian yang bisa didapat jika memahami dasar-dasar pengoperasian kamera. Sebenarnya itu tidak sulit jika memiliki kamera seperti Canon EOS 850D, yang andal sekaligus mudah digunakan. Kami akan berbagi tips bermanfaat di bawah ini untuk membantu memaksimalkan senjata utama Anda dalam memotret, EOS 850D.

Ayo mulai!

Misi 1: Mengunci Target

AF PENDETEKSI MATA (EYE DETECTION AF) LIVE VIEW

Salah satu keunggulan DSLR seperti EOS 850D yaitu Anda bisa memotret baik melalui optical viewfinder maupun lewat layar LCD di mode Live View, terserah yang paling nyaman menurut Anda

Jika Anda mencoba mengambil foto teman dalam mode Live View, EOS 850D, dengan sensor APS-C sekitar 24,1 megapiksel, akan mampu menghasilkan potret yang tajam dan jelas dengan mata yang fokus.

Menggunakan teknologi Dual Pixel CMOS AF dan AF Pendeteksi Mata di mode Live View, EOS 850D dapat mendeteksi dan mengikuti mata manusia untuk memastikan bidikan Anda tetap fokus saat memotret subjek yang bergerak. Jangan lupa mengaktifkan fitur AF Pendeteksi Mata di mode Live View. Sangat mudah.

 

Misi 2: Mengabadikan Momen yang Tepat, Setiap Saat

PEMOTRETAN KONTINU VIEWFINDER OPTIK

Baik membidik foto lompatan ataupun mengambil gambar saat teman Anda sedang beraksi, Anda tak akan melewatkan kesempatan mendapatkan gambar yang sempurna dengan fitur pemotretan kontinu EOS 850D. Pertama, beralih ke mode Prioritas Rana (bertanda TV pada dial mode), yang merupakan mode kamera ideal untuk bidikan aksi. Semakin cepat aksi yang Anda coba tangkap (seperti bidikan lompatan), semakin tinggi kecepatan rana yang harus Anda pilih.

Jika Panduan Fitur diaktifkan, kamera Anda akan memberikan tips bermanfaat tentang cara memilih kecepatan rana yang tepat dan penjelasan mengenai berbagai fitur kamera.

Di bagian pilihan menu, pastikan menyetel metode pemfokusan ke AI Servo agar sistem autofocus kamera dapat mengikuti subjek saat bergerak. Selanjutnya, pilih posisi pemfokusan. Jika Anda memotret lompatan, subjek akan bergerak secara vertikal sehingga disarankan memilih Auto Selection AF agar kamera mendeteksi dan otomatis mengikuti gerakan lompatan.

Saat Anda siap membidik, lihatlah melalui viewfinder, lalu sistem 45 titik AF tipe semua silang akan aktif begitu Anda setengah menekan tombol rana untuk fokus dan mengikuti subjek bergerak. EOS 850D bisa mengambil bidikan kontinu hingga 7 frame per detik (fps) di mode viewfinder, sehingga Anda dapat mengambil bidikan saat subjek berada tepat di udara.

 

Misi 3: Membuat Video Sinematik 4K

VIDEO 4K

Dengan resolusi UHD 4K yang sangat tinggi, Anda dapat memukau penonton dengan gambaran yang nyata. Buat video 4K yang mempertahankan detail luar biasa dari subjek Anda di latar depan serta detail yang kaya di latar belakang. Pengetahuan warna yang unik dari Canon juga memberikan warna kulit yang terlihat alami, sehingga Anda tak perlu bersusah payah mengedit video menjadi warna natural.

Video 4K memiliki resolusi 4 kali lebih tinggi dibanding video full HD biasa. Hal ini memberikan fleksibilitas yang lebih baik dalam pengeditan video karena Anda dapat memotong video tanpa harus mengurangi kualitasnya secara signifikan. Resolusi tersebut khususnya berguna untuk platform media sosial yang cenderung memiliki bidang persegi lebih sempit atau memotong secara vertikal. Namun, perlu diingat bahwa dibutuhkan kartu SD performa tinggi (UHS-I/UHS Kelas Kecepatan 3 atau di atasnya) saat merekam video 4K.

Ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan fitur video di EOS 850D! Untuk perekaman genggam, guncangan akibat pergerakan kamera dapat dikurangi secara signifikan dengan Movie digital IS yang membantu Anda mendapatkan rekaman yang lebih stabil.

Bereksperimenlah dengan fitur seru dan bermanfaat lainnya seperti time-lapse 4K untuk menangkap perubahan langit malam atau lanskap yang menakjubkan. Jika Anda menyukai frame tertentu dalam video Anda, lakukan frame grab dari rekaman Anda untuk mendapatkan gambar diam 8 megapiksel. Cetak foto yang Anda suka hingga ukuran A3!

 

Misi 4: Berbagi Seketika Semua yang Dilihat

KONEKTIVITAS WI-FI

Tak sabar ingin membagikan foto segera setelah mengambilnya? EOS 850D memungkinkan Anda memindahkan foto ke perangkat pintar secara nirkabel, berkat Wi-Fi dan Bluetooth 2.4GHz bawaan.

Cukup unduh aplikasi Canon Camera Connect (tersedia di iOS dan Android) lalu pasangkan kamera dengan perangkat pintar Anda. Lakukan cukup sekali saja.

Begitu terhubung, pilih foto yang ingin dipindahkan ke perangkat pintar. Kini, Anda bisa mengedit dan memposting foto berkualitas tinggi secara langsung, kapan dan di mana saja!

Dengan mengetahui langkah serta tips mudah di atas, Anda dapat memulai petualangan hebat bersama Canon EOS 850D. Tapi tentu saja, cara terbaik untuk mempelajarinya adalah dengan mengeksplorasi sebanyak mungkin dan jangan takut mencoba semua mode lain. Kualitas fotografi Anda akan meningkat dalam sekejap!