Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

10 Tips untuk Anda dalam Memulai Fotografi Bawah Air

2018-07-11

Ingat perasaan kebebasan mutlak saat Anda melakukan penyelaman pertama? Kehidupan laut yang mengelilingi Anda, bobot yang Anda rasakan saat Anda menentang gravitasi, dan momen ketika semuanya melambat... Bagaimana dengan menangkap momen-momen ini dengan kamera? Sebelum Anda melakukannya, mari kita memahami lebih banyak tentang fotografi bawah air dan apa yang diharapkan sebelum memesan petualangan bawah air Anda berikutnya.

10 Tips to Get You Started in Underwater Photography

APA YANG PERLU DIBAWA

1. Kamera

Kamera yang Anda bawa adalah bagian terpenting dari ekspedisi ini. Pastikan Anda memiliki kamera yang bagus untuk menangkap bidikan yang Anda inginkan. Canon PowerShot G7 X Mark II adalah kamera saku yang dikemas dengan fitur-fitur canggih seperti prosesor gambar DIGIC 7, yang sangat bagus untuk mengambil gambar dalam kondisi cahaya rendah; dan peningkatan autofokus yang melacak subjek Anda secara lebih efektif dan akurat. Pelajari lebih lanjut tentang kamera dalam Menyelam Bebas dengan Canon PowerShot G7 X Mark II.

2. Sarung Bawah Air

Memiliki sarung bawah air yang terpercaya sama pentingnya dengan kamera yang bagus. Hal ini dapat mencegah kebocoran yang dapat merusak kamera Anda, terutama karena tekanan jauh lebih besar di dalam air. Sarung tahan air Canon WP-DC55 dirancang untuk kamera kompak Canon PowerShot G7 X Mark II, dan menjaga kamera Anda terlindung dari air serta memastikan bahwa Anda memiliki kendali penuh atas kamera Anda saat berada di bawah air.

3. Diffuser

Gunakan penyebar untuk melembutkan cahaya dari lampu kilat kamera Anda.Diffuser menyebarkan cahaya dan membantu untuk menurunkan kontras dan melembutkan bayangan. Ini juga mengurangi backscatter (lihat di atas), memberikan Anda foto yang lebih bersih tanpa gangguan.

4. Tali Bungee

Mengamankan kamera Anda di bawah air dengan fungsi yang sedikit berbeda ketika di darat. Gunakan tali bungee untuk menempelkan sarung bawah air ke tangan Anda atau Alat Kompensasi Apung (BCD). Dengan cara ini, Anda dapat menjaga kamera tetap terpasang ke tubuh Anda sepanjang waktu tanpa khawatir akan melayang di dalam air.

 

HAL YANG PERLU UNTUK DILAKUKAN

5. Pengaturan Kamera

Dengan memahami kamera Anda dan pengaturannya akan dapat membantu Anda dalam mengambil foto yang lebih baik di darat tetapi ini bahkan jauh lebih krusial saat memotret di bawah air. Kendalikan kamera Anda dengan memotret dalam mode Manual, dan sesuaikan keseimbangan warna putih, ISO, aperture dan kecepatan rana untuk menyesuaikan skenario bawah air. Jika Anda benar-benar baru dalam fotografi bawah laut, mulailah dengan hal-hal dasar; jika Anda menangkap gerakan cepat kehidupan bawah laut, pastikan Anda menggunakan kecepatan rana yang cepat dan ISO yang lebih tinggi untuk membekukan gerakan dan jika Anda menangkap subjek makro yang bergerak lambat, turunkan kecepatan rana Anda dan untuk memungkinkan lebih banyak cahaya untuk masuk ke kamera.

6. Kemampuan mengapung

Pahamilah bahwa akan ada perbedaan berat ketika Anda membawa kamera dan sarung bawah air dengan Anda saat Anda menyelam, sehingga Anda perlu menyesuaikan dengan hati-hati untuk memastikan jumlah daya apung yang tepat ketika Anda berada di dalam air. Hal-hal yang mempengaruhi daya apung Anda termasuk inflasi Kontrol Apung (BC) Anda, trim, setelan eksposur, kontrol kedalaman dan nafas.

7. Gaya

Akan ada dua jenis bidikan bawah air yang ingin Anda tangkap sebagai pemula - bidikan makro close up, dan sudut yang lebih luas dari terumbu karang yang lebih luas. Ketahui subjek apa yang ingin Anda potret, dan sesuaikan kamera Anda dan susun gambar Anda dengan tepat. Ambil satu langkah lebih jauh dengan Fotografi Bawah Air Kreatif: Membuat Gerakan Buram Terhadap Latar Belakang Biru Cerah atau Teknik Lensa Makro: Meriahkan Foto Bawah Air Anda dengan Titik Bokeh di Depan!

8. Komposisi dan Latar Belakang

Pertimbangkan komposisi dan latar belakang Anda saat memotret di bawah air. Mulailah dengan bidikan sederhana yang mengisi bingkai, dan pastikan subjek Anda setinggi mata atau potret dari sudut bawah ke atas untuk pengambilan gambar yang lebih menarik. Pilih latar belakang Anda dengan hati-hati, pikirkan sekolah ikan, penyelam yang berenang, atau karang yang berwarna-warni.

9. Backscatter

Backscatter adalah bintik putih kecil yang muncul di foto Anda karena kondisi air dan pencahayaan yang keras. Dengan menggunakan diffuser - yang dilengkapi dengan sarung tahan air Canon WP-DC55 - dapat membantu mengurangi backscatter untuk gambar yang lebih jelas dan lebih indah.

10. Beri mereka ruang

Selalu ingat untuk menjaga jarak antara Anda dan subjek Anda. Jangan menyentuh atau mengganggu satwa laut - perilaku penyelam yang tidak etis dapat menyebabkan bahaya serius, kematian satwa laut yang langka, serta membahayakan ekosistem bawah laut.

Dapatkan tips tambahan dalam artikel Tips Fotografi Bawah Air dan Tips Cepat: Cara Mendapatkan Warna Luar Biasa di Foto Bawah Air Anda.

 

Unduh salinan infografis ini di sini.

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!